Bisnis

16 Ide dan Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar di Rumah

Kabrina Rian Ferdiani-

11 May 2022

16 Ide dan Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar di Rumah

Berkembangnya marketplace online dan gaya hidup yang cukup konsumtif membuat peluang bisnis semakin terbuka lebar. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, kami telah merangkum 16 contoh usaha modal kecil untung besar yang patut dicoba.


Berbagai Ide dan Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Ada berbagai usaha menguntungkan yang dapat dilakukan tanpa memiliki modal yang besar. Inilah berbagai ide bisnis dengan modal kecil yang bisa dilakukan di rumah:

  • usaha minuman anak 90-an
  • usaha jajanan Korea
  • jasa laundry antar jemput
  • jasa katering harian
  • jasa belanja luar negeri
  • ternak hewan hias
  • budidaya tanaman hias
  • instruktur musik
  • bimbingan belajar anak
  • jasa custom kue ulang tahun
  • jasa jaga anak
  • bisnis kerajinan dan seni
  • dropship makanan khas daerah
  • menjual kaos sablon
  • jasa cuci karpet
  • jasa repaint baju lawas


Baca Juga: Sukses Bisnis Warung Sembako Modal 2 Juta, ini Tipsnya

 

1. Usaha Minuman Anak 90-An

Walaupun banyak produk minuman tahun 90-an yang sudah tidak dijual, tetapi sebenarnya produsen tetap bisa ditemukan. Anda dapat menjadikan ide jajanan unik ini sebagai peluang bisnis dengan modal kecil. Minuman lama seperti limun, sarsaparilla, dan berbagai minuman karbonasi lainnya dapat Anda jual dengan packing modern bermodalkan kurang dari Rp2.000.000 untuk membeli cup sealer. 

2. Usaha Jajanan Korea

Bagi Anda yang yang gemar memasak, jajanan unik menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa dicoba. Anda dapat menawarkan menu jajanan luar negeri, seperti khas Korea atau Jepang, tetapi dengan cita rasa yang disukai oleh masyarakat lokal. Dengan modal tak sampai Rp500.000, Anda sudah dapat membeli berbagai bahan jajanan. 

3. Jasa Laundry Antar Jemput

Baik jasa laundry kiloan, kilat, hingga self-service menjadi ide bisnis yang tidak menggunakan modal besar. Usaha ini akan lebih potensial jika Anda berada di lingkungan mahasiswa atau para pekerja. Dengan modal dibawah 5 juta, Anda dapat memilih jenis laundry kiloan yang tidak membutuhkan banyak peralatan.

4. Jasa Katering Harian

Bisnis modal kecil yang tidak memerlukan toko atau etalase adalah katering harian. Anda dapat menargetkan konsumen seperti mahasiswa, karyawan di kantor, atau yang lebih spesifik seperti lansia dan vegetarian. Jika Anda telah memiliki peralatan masak, maka modal usaha ini hanyalah pada membeli bahan makanan dan thinwall atau wadah.

5. Jasa Belanja Luar Negeri

Jika Anda memiliki alat pembayaran lintas negara, seperti paypal dan amazonpay, Anda dapat membuka jasa pembelian barang dari luar negeri. Hal itu karena tidak semua marketplace internasional menerima pembayaran melalui mobile banking bank Indonesia. Padahal, banyak peralatan hobi konsumen Indonesia yang hanya dijual di luar negeri. 

6. Ternak Hewan Hias

Ternak hewan hias menjadi salah satu usaha rumahan modal kecil yang patut dipertimbangkan. Mulai dari ikan, kelinci, burung, dan hewan lain yang tidak membutuhkan tempat luas dapat dikembangbiakkan di rumah untuk dijual kembali secara online. Ikan cupang dan channa menjadi contohnya.

7. Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias selalu memiliki konsumen, baik dibeli untuk ditanam kembali atau disewa oleh gedung atau acara tertentu. Peluang bisnis ini menjadi salah satu ide usaha di rumah, terutama bagi Anda yang yang hobi merawat tanaman. Untuk usaha jangka panjang, Anda dapat merawat tanaman bonsai.

8. Instruktur Musik

Ide bisnis tanpa modal tapi menguntungkan bisa dimulai dari skill non akademik, seperti bermain musik. Jika Anda bukanlah seorang profesional, Anda dapat menawarkan bimbingan belajar musik dengan grade yang Anda kuasai. Usaha ini tentu tidak membutuhkan modal sama sekali.

9. Bimbingan Belajar Anak

Jika Anda adalah seorang mahasiswa, membuka jasa bimbingan belajar sesuai bidang yang Anda pelajari adalah pilihan yang mudah. Dengan tanpa modal sama sekali, Anda dapat mematok harga Rp50.000 hingga Rp100.000 per jam bimbingan.

10. Jasa Custom Kue Ulang Tahun

Contoh usaha modal kecil untung besar lain yang bisa dilakukan oleh anak muda adalah jasa custom pembuatan kue ulang tahun. Hiasan unik berupa karakter-karakter lucu pada kue ulang tahun semakin diminati. Modal untuk membuka jasa custom kue ini tidak terlalu besar, karena Anda berhak mendapatkan uang muka dari konsumen.

11. Jasa Jaga Anak

Ditengah gaya hidup yang mengharuskan kedua orang tua untuk berkarir, jasa menjaga anak menjadi dibutuhkan. Hal ini tidak sama dengan babysitter yang harus menjaga selama 24 jam dan menyiapkan seluruh perlengkapannya, termasuk mencuci pakaian anak, sebagai penjaga anak Anda hanya perlu menemani anak selama orang tuanya bekerja.

12. Bisnis Kerajinan dan Seni

Munculnya berbagai marketplace memungkinkan Anda untuk menjual berbagai barang unik, termasuk hasil karya seni dan kerajinan. Anda dapat menjual tali pengikat masker hingga poster untuk menghiasi dinding kamar dengan modal tak sampai Rp100.000.

13. Dropship Makanan Khas Daerah

Jika Anda tinggal di sebuah kota yang memiliki makanan khas, Anda dapat menjadikannya sebagai ide jualan yang menguntungkan modal kecil. Anda dapat mengajak produsen kerja sama untuk dijualkan. Setelah Anda mendapatkan konsumen, produsen akan mengirimkan produk kepada konsumen atas nama Anda.

14. Menjual Kaos Sablon

Dengan modal kemampuan desain grafis dan pemasaran secara online, Anda dapat menjual kaos dengan berbagai desain sablon seperti band atau gambar tokoh. Pertama-tama Anda hanya perlu memajang mockup kaos, setelah ada konsumen yang memesan barulah Anda mencetak kaos di pengusaha sablon.

15. Jasa Cuci Karpet

Salah satu usaha modal satu juta yang belum banyak dilirik adalah jasa cuci karpet. Padahal, hampir semua orang tidak mampu untuk membersihkan karpet rumahnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu modal alat kompresor sekitar Rp 2 juta untuk penyemprot air dan sabun pembersih.

16. Jasa Repaint Baju Lawas

Bersamaan dengan populernya thrifting atau membeli barang-barang bekas, jasa repaint baju lama menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar. Repaint dalam hal ini sebenarnya bukan mengembalikan kondisi pakaian menjadi seperti baru, melainkan memberi hiasan-hiasan agar lebih layak pakai. Misalnya, melukis karakter tertentu pada bagian yang kusam atau menambahkan tambalan menarik di bagian yang sobek. Usaha ini dapat Anda mulai dengan modal ratusan ribu saja untuk membeli cat atau kain.


Baca Juga: Keuntungan Usaha Permainan Anak Modal Kecil dan Tipsnya


Memanfaatkan Modal dari Modal Rakyat untuk Bisnis Rumahan

Untuk memulai usaha kecil, Anda dapat memanfaatkan bantuan modal dari platform P2P Lending Modal Rakyat. Dengan bunga kompetitif dan transaksi aman dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp500.000 sampai Rp 2 miliar.

Sekilas tentang fintech Modal Rakyat, adalah mediator yang mempertemukan donatur dengan pelaku usaha kelas UMKM. Hingga Agustus tahun 2021 lalu, fintech ini berhasil menyalurkan dana hingga Rp 2 triliun kepada para pengusaha kecil menengah. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang bantuan modal di Modal Rakyat, klik link berikut ini: bantuan dana Modal Rakyat.

 

Pertanyaan Umum Terkait Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Apa contoh usaha modal kecil Rp2 juta?

Dengan modal Rp 2 juta, Anda bisa mencoba usaha minuman anak 90-an, jajanan Korea, katering harian, ternak hewan hias, budidaya tanaman hias, jasa instruktur musik, bimbingan belajar anak, jasa custom kue ulang tahun, jasa jaga anak, bisnis kerajinan dan seni, dropship makanan khas daerah, menjual kaos sablon, jasa cuci karpet, dan jasa repaint baju lawas.

2. Uang 200 ribu buat usaha modal kecil apa ya?

Memanfaatkan modal minim, Anda dapat mencoba usaha ternak hewan hias, budidaya tanaman hias, jasa instruktur musik, bimbingan belajar anak, jasa jaga anak, bisnis kerajinan dan seni, dropship makanan khas daerah, menjual kaos sablon, dan jasa repaint baju lawas.

3. Usaha apa yang tidak ada matinya?

Menyesuaikan lingkungan tinggal, Anda dapat mencoba usaha katering harian, laundry, dan jajanan sehat sebagai contoh usaha yang tidak ada matinya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru