Bisnis

Strategi Blue Ocean: Pengertian dan Bedanya dengan Red Ocean

Pretty Angelia Wuisan-

09 Jun 2022

Strategi Blue Ocean: Pengertian dan Bedanya dengan Red Ocean

Strategi blue ocean adalah jenis strategi yang diandalkan dalam bisnis. Strategi ini membantu bisnis lebih mudah dikenal oleh target pasar. Sudah cukup banyak perusahaan yang mengandalkan blue ocean strategy dan menghasilkan dunia baru pada bisnis.

Anda juga yang ingin mendirikan bisnis bisa memanfaatkan strategi blue ocean. Seperti apa blue ocean strategy itu? Ini dia penjelasannya untuk Anda.


Baca juga: Apa itu Marketing dan Fungsinya dalam Dunia Bisnis


Apa itu Blue Ocean Strategy?

Blue ocean strategy adalah strategi bisnis yang dijalankan dengan cara membuat sesuatu yang benar-benar baru dan belum pernah dicoba oleh masyarakat, sehingga memperoleh laba maksimal darinya.

Strategi blue ocean ini memang ada kesulitan tersendiri, tapi bisa menguntungkan apabila berhasil dilakukan. Perusahaan yang menjadi pionir pada bidang usaha tertentu biasanya mudah dikenal oleh masyarakat dan nanti usahanya bertahan lama karena diingat terus sebagai pelopor.

Bisnis ini hadir untuk menghindari persaingan. Prinsip blue ocean strategy adalah Inovasi diciptakan bukan untuk unggul dari pesaing, tapi unggul dalam menciptakan sesuatu yang baru yang mengubah kehidupan masyarakat. 


Bedanya Strategi Blue Ocean dengan Red Ocean

Strategi blue ocean sering bersanding dengan red ocean strategy. Keduanya jenis strategi yang berbeda. Red ocean strategy bisa dikatakan yang paling sering diandalkan di Indonesia. 

Red ocean strategy mengandalkan inovasi berkesinambungan untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Target pasarnya luas dan jumlah kompetitor banyak. Perusahaan pasti ingin menjadi yang nomor satu. 

Red ocean strategy tidak hanya mengandalkan inovasi produk, tapi juga promosi yang jor-joran, Apabila promosinya biasa saja, mereka bisa tertinggal dari para pesaingnya. Ini yang membuat strategi red ocean lebih ramai dibandingkan dengan blue ocean strategy.

Strategi red ocean untuk mendapatkan pelanggan mungkin lebih mudah karena pelanggan biasanya sudah mengenal produk dan pilihannya banyak, sehingga konsumen akan lebih memilih yang paling dikenalnya.


Apa Contoh Blue Ocean Strategy

Strategi blue ocean melahirkan berbagai perusahaan yang terkemuka di dunia. Ini dia perusahaan yang menggunakan strategi blue ocean.

  • UBER
  • iTunes
  • Netflix

1. UBER

UBER adalah perusahaan pionir taksi online di dunia. Perusahaan ini menawarkan sistem baru untuk naik taksi. 

Sebelumnya ketika akan naik taksi Anda harus menunggu dulu. Belum tentu taksi yang dipanggil itu kosong. Jika ingin didatangkan ke rumah, harus menelepon terlebih dulu, dan sering juga tidak ada yang menjawab telepon Anda. Memesan taksi secara langsung itu sulit.

Kehadiran UBER membuat pemesanan taksi lebih mudah karena dilakukan online. Bahkan dipesan di mana saja dan waktunya bebas.

2. iTunes

Produk iTunes sudah lama diluncurkan oleh Apple dan menjadi pionir aplikasi mendengarkan musik berbayar. Kehadiran iTunes juga membuat para kreator musik lebih dihargai karena pembayaran royalti yang jelas. 

Pendengar musik pun disediakan berbagai pilihan lagu yang disukainya dari yang lama, sampai yang terbaru. Aplikasi ini telah menggeser kehadiran kaset dan CD, tapi berhasil membuat musik jadi lebih mudah dijangkau oleh pendengar.

3. Netflix

Contoh lain dari strategi blue ocean adalah Netflix yang menjadi platform penyedia OTT pertama di dunia. Netflix berawal dari penyewaan DVD yang bisa dikirim ke alamat pemesan hingga akhirnya mengubah produknya menjadi layanan yang bisa di-streaming kapanpun.

Dalam waktu 2 tahun, perusahaan ini berhasil masuk ke 180 negara, hingga sekarang tentu jumlahnya sudah bertambah. 


Langkah penerapan Blue Ocean Strategy?

Untuk menerapkan blue ocean strategy, dibutuhkan langkah yang dilakukan berurutan seperti di bawah ini.

  • Mengembangkan
  • Mengurangi
  • Menghapus
  • Menciptakan

1. Mengembangkan

Langkah pertama untuk melakukan strategi blue ocean adalah mengembangkan produk yang sudah dipikirkan dari jenis paling baru, dibutuhkan oleh masyarakat, dan harga jual sesuai dengan kualitas dari produknya. 

Pengembangan ini biasanya membutuhkan waktu karena ada pro dan kontra yang harus dipikirkan. Jika terburu-buru diputuskan bisa membuat produk gagal diciptakan.

2. Mengurangi

Setelah mengembangkan produk, perusahaan akan melakukan pengurangan terkait produk. Bagian-bagian yang dianggap tidak penting, biasanya akan dikurangi kapasitasnya supaya lebih efisien. Hanya bagian penting saja yang akan perusahaan pertahankan. 

Hal ini dilakukan perusahaan untuk lebih berhemat dan fokus pada produk yang sedang dikembangkan.

3. Menghapus

Terkadang perusahaan tidak ragu untuk menghapus produk lama ketika dirasa sudah ketinggalan zaman atau tidak relevan lagi dengan tujuan bisnisnya.

Hal ini biasanya akan perusahaan lakukan ketika benar-benar sudah yakin dengan produk terbaru yang dijalankannya. Keputusan ini biasanya akan dipikirkan dengan matang dulu karena akan berpengaruh pada arah perusahaan selanjutnya.

4. Menciptakan

Di sini perusahaan sudah melakukan eksekusi dan memperkenalkan produk terbaru yang tidak punya saingan itu. Biasanya Anda harus bersedia menunggu sampai produk bisa digunakan oleh banyak pelanggan. Baru setelah itu Anda bisa menilai bahwa produk terbaru itu berhasil dijalankan.


Kelebihan Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy dilakukan karena punya berbagai kelebihan untuk pengusaha sebagai berikut:

  • Tidak punya saingan kuat
  • Promosi bisa dilakukan dengan wajar
  • Lebih membuat penasaran calon pelanggan
  • Bisa memperoleh laba besar

1. Tidak punya saingan kuat

Kelebihan yang pertama adalah tidak ada saingan yang kuat sehingga tidak perlu memikirkan strategi melawan saingan. Perusahaan jadi bisa lebih fokus mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Promosi bisa dilakukan dengan wajar

Promosi untuk strategi blue ocean sebenarnya bisa dilakukan secara wajar dengan cara tertentu. Misalnya, mengundang beberapa influencer untuk menggunakan produk perusahaan. 

Hal ini pun bisa membuat produk dikenal dibandingkan membuat iklan di televisi dan media lain yang lebih mahal.

3. Lebih membuat penasaran calon pelanggan

Kelebihan lain dari strategi ini adalah produk yang Anda tawarkan itu sebenarnya membuat pelanggan cepat penasaran. Calon pelanggan di awal mungkin agak bingung menggunakan produk Anda, tapi setelah menggunakan pelanggan bisa keterusan dan akhirnya mengandalkan produk Anda.

4. Bisa memperoleh laba besar

Karena tidak ada saingan, laba yang bisa Anda raih tentu saja menjadi lebih besar. Hal ini akan bagus untuk perusahaan mengembangkan produk ke depannya. Cukup wajar jika perusahaan yang mengembangkan strategi perkembangannya cukup cepat.


Kekurangan Blue Ocean Strategy

Namun, strategi ini juga punya kekurangan yang harus diperhatikan. Ini dia beberapa kekurangan yang mungkin akan Anda hadapi.

  • Membutuhkan modal cukup besar
  • Harus rajin mengedukasi pelanggan untuk memanfaatkan produk
  • Ide bisa diikuti oleh yang lainnya

1. Membutuhkan modal cukup besar

Untuk menciptakan produk baru yang belum dikenal sebelumnya harus menyiapkan biaya yang besar. Anda bisa saja mendapatkan modal dari investor, tapi tentu harus bisa meyakinkan investor dulu bahwa produk yang akan dibuat, berhasil di pasaran. Jadi, pertama-tama Anda mungkin akan kerepotan menyiapkan modal.

2. Harus rajin mengedukasi pelanggan untuk memanfaatkan produk

Di awal, pelanggan mungkin akan kebingungan menggunakan produk. Apalagi yang berhubungan dengan teknologi. 

Perusahaan harus mempersiapkan cara untuk mengedukasi pengguna agar cepat beradaptasi dengan produk terbaru itu. Edukasi ini dilakukan secara simultan dan mungkin akan cukup melelahkan di awal. Namun, lama-kelamaan pelanggan juga akan terbiasa.

3. Ide bisa diikuti oleh yang lainnya

Bukan berarti blue ocean strategy tidak akan punya pesaing. Sering kali terjadi ada pesaing yang nanti muncul beberapa tahun kemudian. Kejadian ini pun membuat Anda harus bersiap diri ketika pesain telah datang. Mau tidak mau harus berganti strategi.


Baca juga: Strategi Marketing: Tujuan, Elemen, dan Contoh Penerapan


Kesimpulan

Itu dia strategi blue ocean yang bisa Anda terapkan pada bisnis. Untuk memulainya memang diperlukan banyak persiapan, tapi apabila berhasil, bisnis Anda bisa mendatangkan keuntungan besar.


Bangun Bisnis Anda dengan Pinjaman Usaha dari Modal Rakyat

Anda juga bisa buat bisnis jadi berkembang dengan pinjaman online khusus usaha dari Modal Rakyat. Caranya adalah dengan mengajukan pinjaman lewat aplikasi Modal Rakyat atau situs web.

Pinjaman yang dapat diajukan adalah Rp500 ribu hingga yang terbesar Rp2 miliar. Ada bunga yang menjadi kewajiban dan ditentukan dengan besaran kompetitif.

Modal Rakyat aman sebagai aplikasi pinjam-meminjam karena telah meraih izin OJK, sehingga legal dan dapat Anda percaya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru