Finansial

Daripada Pesta Mewah, Dana Pernikahan Bisa Dipakai Apa Saja, Ya?

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jun 2020

Daripada Pesta Mewah, Dana Pernikahan Bisa Dipakai Apa Saja, Ya?

Pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Sehingga wajar jika calon pengantin menyiapkan dana pernikahan yang besar untuk menggelar resepsi dan benar-benar menjadi raja dan ratu semalam. Namun, apakah hal tersebut merupakan keputusan yang tepat – menghabiskan puluhan hingga ratusan juga dalam sekejap?

Tidak sedikit pasangan suami istri baru yang kemudian menghadapi masalah finansial setelah menggelar resepsi mewah. Bisa disebabkan biaya yang berasal dari utang atau tabungan habis, tidak jarang hingga mengalami kebangkrutan. Kamu tentu tidak ingin mengalami situasi sulit seperti itu, bukan? Lantas, kenapa tidak coba mempertimbangkan konsep intimate wedding saja?


Baca juga: Cara Cerdas Mulai Persiapan Pernikahan Secara Finansial


Intimate Wedding, Keuntungan Menggelar Pesta Privat

Dalam konsep intimate wedding, kamu masih tetap dapat menggelar resepsi impian tetapi bisa menghemat 60 – 80% dari anggaran bila menyelenggarakan pesta mewah. Sebab, para tamu undangan hanya orang-orang terdekat pasangan pengantin. Otomatis, kebutuhan biaya untuk lokasi, katering, undangan dan lain-lain berkurang drastis.

Selain dari segi penghematan anggaran, intimate wedding juga menawarkan berbagai keuntungan lebih :

Suasana Lebih Sakral

Konsep ini akan membuat suasana pernikahan menjadi lebih sakral berkat keterikatan emosi yang kuat antara mempelai dengan para tamu undangan. Di hari bahagia, orang-orang yang berarti dalam kehidupan pasangan memberikan doa terbaik dan saling berbagi rasa. Lebih baik dibandingkan sekadar menggelar pesta ria namun minim makna, ‘kan?

Ide Lebih Tereksplorasi dengan Baik

Ketika memilih konsep resepsi mewah, jelas kamu tidak bisa mengurus semuanya sendiri. Akhirnya, tidak sedikit yang akhirnya harus merekrut wedding organizer. Hal ini membuat ide pernikahan impian tidak bisa tereksplorasi secara sempurna dan menambah anggaran dana pernikahan. Tidak jarang terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan hasil jauh dari harapan.

Meningkatkan Kreativitas

Selain kebebasan dalam mengeksplorasi ide, kamu juga bisa meningkatkan kreativitas melalui konsep intimate wedding. Mulai dari tema-tema anti mainstream, sajian menu unik hingga berbagai macam aspek di dalamnya. Tidak ada yang membatasimu untuk menuangkan segala kreativitasmu untuk hari bahagia tersebut.

Kamu pasti juga sepakat bahwa intimate wedding bukan merupakan ide yang buruk, ‘kan? Tidak ada yang salah jika kamu tetap menginginkan resepsi mewah. Namun, dana yang bisa dihabiskan dalam semalam saja itu bisa dialokasikan untuk banyak kepentingan yang lebih berarti. Mengapa menghamburkan uang jika kamu bisa melakukan lebih baik?


Alokasi Dana Resepsi yang Lebih Bermanfaat

Apakah kamu tertarik untuk menjajal konsep intimate wedding untuk hari bahagiamu? Sebelumnya, kamu harus memantapkan diri terlebih dahulu agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari. Jika sudah yakin, anggaran dana yang sebelumnya sudah disiapkan untuk resepsi besar-besaran bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal ini :

Dijadikan Sebagai Tabungan

Dana pernikahan yang sebelumnya untuk resepsi besar-besaran bisa kamu jadikan sebagai tabungan saja. Selain menghindari pemborosan, kamu juga memiliki persiapan dana darurat yang cukup. Terutama kalau kamu memilih menabungnya di bank, otomatis kamu mendapatkan bunga yang bisa menambah nominal uangmu.

Diwujudkan Menjadi Properti

Uang puluhan hingga ratusan juga tersebut juga bisa kamu wujudkan menjadi aset tidak bergerak seperti properti. Bukan ide yang buruk bagi pengantin baru untuk memiliki rumah sendiri, ‘kan? Daripada menyewa, tentu lebih menyenangkan mempunyai hunian milik pribadi. Jika tempat tinggal sudah ada, tidak rugi menjadikannya sebagai investasi.

Digunakan Sebagai Modal Bisnis

Memiliki usaha sendiri bukan lagi gaya hidup sekarang, tetapi menjadi keharusan. Sebab, mengandalkan gaji tetap sebagai karyawan saja tidak akan cukup. Anggaran pernikahan dapat kamu jadikan sebagai modal untuk memulai sebuah bisnis. Menjadi wirausahawan dapat menghasilkan profit jangka panjang daripada menghabiskannya untuk pesta semalam.

Dipakai untuk Investasi Emas

Hal lain yang bisa kamu pilih untuk mengalihkan biaya resepsi mewah serta menghasilkan manfaat adalah untuk investasi emas. Mengapa harus logam mulia tersebut di antara sekian banyak objek investasi lainnya? Karena emas merupakan satu-satunya yang menawarkan stabilitas mengingat harganya hampir tidak pernah mengalami penurunan.


Cara Investasi Emas dari Anggaran Pernikahan

Cara untuk berinvestasi logam mulia emas sangat banyak, terlebih pada zaman sekarang ini di mana teknologi turut berperan. Berinvestasi emas menggunakan dana pernikahan, kamu bisa memilih salah satu metode berikut :

  • Membeli set perhiasan yang tidak hanya bisa disimpan tetapi juga dapat dipakai – baik untuk kegiatan sehari-hari maupun menghadiri acara tertentu.
  • Membeli emas batangan utuh – khususnya emas antam yang tidak perlu diragukan lagi kemurnian dan kualitasnya.
  • Menabung secara berkala melalui penyetoran dana yang dikonversikan menjadi saldo emas.

Sebenarnya, ketiga metode di atas sama-sama aman. Namun, bicara kepraktisan dan asas manfaat, menabung emas merupakan pilihan terbaik. Sebab, kamu bisa terus menambahnya, juga menghindari pemakaian yang berpotensi menghabiskannya karena bukan kamu yang menyimpan. Jadi, tabunganmu lebih berpotensi bertambah daripada berkurang.


IndoGold, Vendor Terbaik Tabungan Emas

Peminat dari model tabungan emas semakin meningkat sehingga vendor penyedia layanan ini juga kian bertambah. Namun, kamu tidak perlu bingung memilih karena sudah pasti pilihan terbaik adalah IndoGold. Perusahaan transaksi logam mulia emas dengan sistem daring ini telah beroperasi lebih dari dua dekade dan merupakan anggota dari OJK.

IndoGold menawarkan sistem menabung emas untuk meningkatkan minat milenial dalam berinvestasi emas. Harga akan diperbarui sepanjang waktu, sehingga nasabah dapat memilih waktu terbaik untuk bertransaksi. Di sini, kamu dapat memilih membeli untuk ditabung, menjual saldo emas, atau menariknya untuk disimpan secara manual. Layanan yang lengkap, bukan?

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri sebagai member untuk dapat mulai menabung. Setelah selesai meregistrasikan diri melalui website, tinggal mengunduh aplikasi gratisnya. Kamu bisa mengeksekusi berbagai perintah melalui aplikasi khusus ponsel pintar tersebut. kalau bisa mengalokasikan dana pernikahan untuk persiapan masa depan yang lebih baik, kenapa tidak?


Baca juga: Cara Mengatur Keuangan saat Kebutuhan Semakin Meningkat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru