Finansial

Gaya Hidup

Detoks Sosial Media Membantu Kesehatan Finansial?

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jun 2020

Detoks Sosial Media Membantu Kesehatan Finansial?

Pernah mendengar istilah detoks sosial media? Maksudnya adalah menghentikan segala aktivitas di akun jejaring sosial sementara waktu untuk menghindari ketergantungan atau hal-hal yang bersifat negatif terhadap diri sendiri akibat penggunaannya. Salah satu dampak toxic dari penggunaan berlebihan jejaring sosial adalah pemborosan finansial.


Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kekhawatiran Tentang Uang


Korelasi Pemborosan Finansial dan Sosial Media

Mengapa sosial media dapat memengaruhi kesehatan finansial seseorang? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan yang terbesit di benakmu. Tidak banyak yang menyadari bahwa jejaring sosial juga membawa pengaruh signifikan terhadap kondisi keuangan penggunanya. Pernyataan tersebut dibuktikan melalui tiga fakta berikut :

Sosial Media Telah Kehilangan Fungsi Sesungguhnya

Tujuan awal jejaring sosial adalah kembali menjalin komunikasi dengan mereka yang lama kehilangan kontak serta memperluas koneksi. Namun, fungsi tersebut kini telah bergeser di mana sosial media sekadar menjadi wadah untuk pamer hal-hal yang bersifat glamor. Menyaksikan tren semacam itu dapat memancing keinginanmu untuk mengikuti gaya hidup serupa.

Jejaring Sosial Menjadi Arena Persaingan

Ingin mengikuti kehidupan glamor di jejaring sosial dapat menimbulkan sisi kompetitif dalam dirimu. Sayangnya, dalam ranah yang negatif. Kamu ingin menjadi lebih – serta mendapat pengakuan – di sosial media hingga menghabiskan banyak uang untuk mencapai status tersebut. Jelas detoks sosial media sangat dibutuhkan dalam kasus yang satu ini.

Sosial Media Merupakan Media Promosi yang Efektif

Realita lain yang membuatmu menjadi boros hanya karena menggunakan sosial media adalah platform tersebut merupakan wadah promosi yang sangat efektif untuk berbagai produk. Sering melihat iklan suatu item wara-wiri di beranda jejaring sosialmu akan membuatmu ingin membelinya meski tidak benar-benar butuh. Akhirnya, sudah pasti terjadi pemborosan.


Tanda-Tanda Kamu Perlu Rehat dari Jejaring Sosial

Sudah jelas bukan hubungan kuat antara sosial media dengan kondisi finansial seseorang? Lantas, apakah itu berarti sebaiknya menghindari jejaring sosial sepenuhnya? Tentu saja kamu tidak perlu bertindak sejauh itu. Kamu perlu detoks jika sudah menunjukkan beberapa gejala :

Mengidap Nomophobia

Nomophobia adalah gejala di mana seseorang tidak bisa hidup tanpa akses ke ponselnya. Kamu tidak bisa hidup barang satu jam tanpa memainkan ponsel – khususnya mengakses sosial media. Ketika sudah mengalami situasi semacam ini, artinya kamu wajib segera beristirahat dari aktivitas di jejaring sosial selama beberapa waktu.

Melihat Unggahan Bahagia Orang Lain Membuatmu Tidak Senang

Jika muncul perasaan tidak senang atau sedih ketika melihat unggahan bahagia pengguna jejaring sosial lain pada dirimu, artinya aktivitas tersebut sudah berubah toxic. Bila kamu tidak berusaha melakukan detoks sosial media dan terus mengakses akan memicu tekanan pada dirimu sendiri yang membuatmu melakukan tindakan gegabah.

Terpancing Mengikuti Tren Sepanjang Waktu

Tren di jejaring sosial terus berubah secara dinamis – bahkan dalam tempo yang sangat singkat. Konsisten mengikuti tren tersebut demi eksistensi di sosial media bukan hal yang baik. Waktu, tenaga, dan biaya cenderung terbuang percuma oleh tren demi tren itu. Ini juga kesempatan yang bagus untukmu beristirahat dari aktivitas dunia maya.


Cara Detoks Sosial Media Mudah dan Menguntungkan

Sebenarnya, rehat dari jejaring sosial media bukan perkara yang sulit jika dilandasi dengan niat yang kuat. Selain itu ada beberapa metode detoks yang memberikanmu keuntungan. Seperti apa cara mengistirahatkan diri dari sosial media yang profitable tersebut?

Mempelajari Bisnis Web

Sama-sama berbasis internet, tidak ada salahnya jika kamu beralih pada website. Kamu dapat mempelajarinya untuk membentuk jaringan bisnis daring. Bukan menghabiskan waktu hingga uang akibat tergiur unggahan sosial media, justru kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Baik menjual produk atau jasa maupun menjadi perantara transaksi bermodalkan website.

Mencari Kesibukan Tambahan

Kamu menghabiskan waktu di menjelajah berbagai platform sosial media karena memiliki cukup waktu luang. Kesenggangan tersebut bisa kamu alihkan dengan mencari kesibukan tambahan yang menguntungkan. Manfaatkan passion atau keterampilan yang kamu miliki. Contohnya dengan menjadi freelancer sebagai penulis jika kamu mempunyai hobi di bidang tersebut.

Berinvestasi Secara Daring

Metode detoks sosial media selanjutnya yang tidak sulit namun dijamin memberikan profit adalah dengan berinvestasi daring. Banyak sekali ragam investasi online yang dapat menjadi pilihanmu saat ini – mengalihkan fokusmu dari jejaring sosial. Jenis investasi daring lebih mudah dan praktis bila dibandingkan tipe fisik atau jalur offline.


Investasi Daring Aman Bersama IndoGold

Tidak dapat dimungkiri bahwa investasi daring memang berisiko. Namun, efek negatif tersebut bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan jika menjatuhkan pilihan pada objek dan vendor penyelenggara yang tepat. Saat memilah kedua pertimbangan tersebut, gunakan patokan :

  • Objek tergolong stabil terkait harga di pasaran – baik untuk jangka panjang maupun penjualan mendadak.
  • Vendor berpengalaman dan telah mengantongi sertifikat badan pengawas keuangan.
  • Tidak membebani terkait pemeliharaan objek maupun memiliki masa kedaluwarsa.

Salah satu investasi daring terbaik dari segi stabilitas dan profit objek serta kredibilitas vendor adalah menabung emas di IndoGold. Konsep yang ditawarkan adalah penggabungan antara tabungan dan investasi. Jadi, metode pendanaan menggunakan tabungan dengan penyetoran dana segar namun memberikan profit sesuai aturan investasi: pendek, menengah dan panjang.

Berapapun dana yang saat itu kamu miliki untuk mulai menabung emas dapat diterima di IndoGold. Harga emas antam murni yang ditampilkan juga mengikuti perkembangan secara real time sehingga pengguna bisa mendapatkan momentum terbaik dalam bertransaksi jual maupun beli. IndoGold sendiri telah menjadi bagian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mudah bukan detoks sosial media dengan menerapkan langkah-langkah di atas? Terutama dengan berinvestasi daring menabung emas di IndoGold. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu singkat hingga panjang sesuai kebutuhan. Tertarik untuk membuktikan peluang investasi asyik ini? Makanya, bergabunglah menjadi keluarga besar IndoGold.


Baca juga: 9 Cara untuk Hidup Sederhana dan Bahagia

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru