Gaya Hidup

Finansial

Edukasi Finansial dari Drama Korea Populer

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Oct 2020

Edukasi Finansial dari Drama Korea Populer

Salah satu cara untuk melepaskan stres dan menghabiskan waktu luang selama pandemi COVID-19 yang belum juga usai adalah dengan menonton drama Korea. Di Indonesia sendiri, demam serial asal negeri gingseng tersebut masih berlangsung sejak Hallyu Wave menggila hampir sewindu silam. Tidak bisa dimungkiri ini disebabkan berbagai aspek yang ditampilkan.

Drama Korea bukan sekadar mengangkat tema percintaan saja, tetapi banyak isu mulai dari ringan hingga berat. Contohnya perundungan, politik, kriminal, hingga finansial, lho! Hah? Meskipun biasanya menjadi sub topik, tetapi drama Korea sering menyisipkan pentingnya financial management di alur ceritanya. Penasaran judul apa saja yang menguliknya?


Baca juga: Kenali Pengertian Pembangunan Ekonomi Sebelum Investasi


Crash Landing on You – Hobi Bisa Jadi Bisnis

Drama romantis fenomenal ini mengangkat tentang kisah cinta terlarang antara tentara elit Korea Utara ; Ri Jeong Hyeok dengan enterpreneur sekaligus konglomerat Korea Selatan ; Yoon Se Ri. Di Indonesia, drama ini bahkan digilai oleh para pesohor. Tapi sadar tidak sih ada edukasi finansial penting dalam drama ini?

Make money from your hobby, not the other way around. Yups! Hasilkan uang dari hobi kamu, bukan menghabiskan modal untuk memenuhi kesenangan tersebut. Motivasi ini digambarkan melalui sosok Yoon Se Ri yang memiliki hobi di dunia fashion. Dia memanfaatkan hal tersebut untuk membangun perusahaan di industri fashion hingga sukses besar.


Weightlifting Fairy – Asuransi Itu Penting

Meskipun tidak mendapat sambutan hangat di negerinya sendiri, tetapi drama Weightlifting Fairy sangat digemari secara internasional termasuk Indonesia. Cerita yang diangkat tentang mimpi dan perjalanan karier serta percintaan seorang atlet angkat besi. Tema yang unik dan anti mainstream, ya? Eits, drama ini juga memiliki poin edukasi keuangan, lho!

Salah satu rekan tim Kim Bok Joo – sang pemeran utama, diceritakan mengalami kecelakaan. Akibat tidak mengikuti program asuransi diri yang sejatinya wajib, ia pun kebingungan untuk menyelesaikan masalah yang dialami. Khususnya untuk profesi dengan risiko tinggi, asuransi jiwa tidak boleh sampai dilupakan, ya.


Hotel del LunaOverspent Berbahaya untuk Masa Depan

Drama Korea selanjutnya yang memberikan pelajaran penting terkait finansial tidak lain adalah Hotel del Luna. Serial bergenre fantasi romantis ini menceritakan tentang Jang Man Weol – sosok makhluk setengah abadi yang menjadi penjaga hotel mistis. Dia memiliki minat tinggi terhadap segala sesuatu yang branded.

Akibat hal tersebut, operasional hotelnya sering mengalami masalah keuangan yang tentu menyulitkan dirinya sekaligus para staf. Pesan moralnya adalah overspent alias menghabiskan uang berlebihan – terutama untuk barang bermerek yang tidak memiliki stabilitas nilai tidak lebih dari sekadar pemborosan. Jangan dibiasakan, ya.


My ID is Gangnam Beauty – Kerja Sampingan Menghabiskan Waktu Luang Bermanfaat

Berbeda lagi dengan edukasi keuangan yang bisa kamu dapatkan dari drama yang diadaptasi dari webtoon populer My ID is Gangnam Beauty. Tidak hanya berfokus pada kisah tokoh utamanya yang menjalani operasi plastik agar tampil lebih cantik, inspirasi finansialnya juga tidak kalah bagus, lho. Apa sih pelajaran yang bisa dipetik?

Memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Poin tersebut relatable sekali dengan situasi sekarang ini akibat pandemi. Namun, bukan berarti kreativitas harus terhenti karena kamu bisa mengalokasikan waktumu dengan menekuni side job menghasilkan. Pekerjaan sebagai freelancer yang fleksibel bisa dicoba.


Itaewon Class – Keberanian Berinvestasi untuk Masa Depan

Terakhir, drama Korea dengan inspirasi keuangan yang wajib kamu tonton adalah Itaewon Class yang menjadi salah satu tayangan tv kabel dengan rating tertinggi di Korea Selatan. Dibintangi Park Seo Joon yang memerankan Park Sae Royi, kamu akan diajak membalaskan dendam masa lalu si pemeran utama dengan cara positif.

Biasanya, dendam dimaknakan dengan hal-hal yang negatif. Sementara Park Sae Royi membalas mereka yang menyakitinya dulu dengan menjadi investor sukses. Tanpa adegan berdarah-darah, memetik profit dari modal yang ditanam melalui investasi saja sudah cukup menjadi pembalasan yang lebih mengena. Kamu tidak tertarik untuk menekuni sektor investasi juga?


Inspirasi Investasi Milenial Sukses ala Drama Korea

Membahas tentang investasi di drama Itaewon Class, yang diangkat adalah jenis investasi saham di bidang kuliner – tepatnya sebuah restoran. Terdengar keren dan semakin ingin mencobanya, ‘kan? Meskipun begitu, saham tidak bisa dimainkan sembarangan, lho. Soalnya, ada algoritma tersendiri yang harus dipahami, berikut strategi matang, serta faktor keberuntungan.

Rumit, ya? Eits, meskipun begitu kamu tidak perlu urung berinvestasi demi stabilitas finansial di masa depan. Tips sederhananya untuk sukses bagi investor – khususnya pemula – tidak lain adalah memilih objek investasi dengan tingkat risiko terendah. Sebagaimana yang diketahui bahwa masing-masing objek memiliki stabilitas yang berbeda.

Investasi dengan potensi kerugian terendah ala generasi milenial di drama Korea adalah logam mulia emas. Sebab, nilai emas secara konsisten mengalami kenaikan dan bukan penurunan. Contohnya, ketika kamu membeli 1gr emas seharga Rp700.000,-  maka tidak sampai sepekan, kamu bisa menjualnya dengan harga Rp800.000,-. Bagaimana bila transaksinya setiap hari?

Investasi Emas Serba Praktis dan Mudah di IndoGold

Sebab itu, kamu wajib mencoba menekuni dunia investasi yang mudah dan praktis ini. Sebagaimana paham akan kebutuhan milenial yang berbasis teknologi, tersedia aplikasi versi IndoGold mobile. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas terkait investasi, mulai dari membeli, mencicil, menjual, hingga melakukan penarikan emas.

Keren sekali, ‘kan? Sekarang berinvestasi logam mulia tidak lagi perlu membeli di tempat atau ke instansi keuangan tertentu. Cukup menggunakan gawai, investasi jalan terus dan profit di depan mata. IndoGold juga sudah berpengalaman sejak tahun 1978 serta termasuk anggota OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir menjadi korban scam.

Investasi asik sambil nonton drama Korea di rumah? Sudah pasti investasi emas di IndoGold jawabannya. Hanya dengan modal mulai Rp500,- saja kamu bisa memiliki saldo emasmu sendiri. Sedikit demi sedikit nanti juga menjadi bukit, ‘kan? Yuk, jadi milenial yang melek investasi seperti Park Sae Royi di Itaewon Class!


Baca juga: Faktor Penyebab Pengeluaran Membengkak, Cermati dan Hindari

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru