Finansial

Kenali Pengertian Pembangunan Ekonomi Sebelum Investasi

Kabrina Rian Ferdiani-

20 Oct 2020

Kenali Pengertian Pembangunan Ekonomi Sebelum Investasi

Pembangunan ekonomi menjadi indikator penting untuk melihat bagaimana kesuksesan suatu negara dalam menyejahterakan masyarakatnya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki masyarakat dengan berbagai macam variasi, termasuk dalam hal ekonomi, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga atas. Pendidikan, pekerjaan, dan status sosialnya pun juga beragam. 

Membahas tentang ekonomi, pasti tidak akan jauh dari yang namanya investasi. Sekarang ini, investasi sedang menjadi bahan perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat, khususnya anak muda karena memang investasi bisa digunakan sebagai langkah mempersiapkan masa depan yang bebas secara finansial.

Pastikan bahwa Anda sudah mencari informasi dan mempertimbangkannya terlebih dahulu agar tidak salah dalam melangkah. Kita juga harus memahami beberapa hal yang berkaitan dengan investasi, salah satunya adalah tentang pembangunan ekonomi dan berikut ulasan lebih lengkap mengenai pengertian sekaligus konsepnya secara umum.


Baca juga: 3 Pengaruh Investasi dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia



Perubahan dalam Ekonomi

Ada banyak ahli yang menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian ini. Menurut Encyclopedia Britannica (2015), pembangunan ekonomi diartikan sebagai perubahan ekonomi industri modern dari kondisi nasional berpenghasilan rendah. Bisa dibilang jika proses menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi ini, artinya selalu ada perbaikan dalam bidang ini. 

Selain itu, istilah ini juga sering digunakan untuk menggambarkan perubahan dalam bidang ekonomi suatu negara yang meliputi perbaikan kuantitatif maupun kualitatif. Perbaikan kuantitatif bisa dilihat dari pendapatan nasional yang mengalami peningkatan, sedangkan kualitatif bisa dilihat dari kesejahteraan dan kebahagiaan dari warna negara tersebut. 

Untuk memahami pengertian pembangunan ekonomi ini, Anda juga harus mengenal teori yang paling umum digunakan. Dalam teori tersebut menjelaskan bagaimana ekonomi miskin dan primitif dapat berkembang menjadi lebih makmur dan canggih. Hal inilah yang dibutuhkan oleh negara-negara terbelakang agar kondisi ekonominya mengalami perubahan ke lebih baik.


Pembangunan Ekonomi Pertama Kali

Setelah Perang Dunia II, pembangunan ekonomi menjadi perhatian utama untuk pertama kalinya. Jadi, sebelum terjadinya Perang Dunia II, sebagian besar masyarakat kurang begitu memperhatikan dan kurang memahami betapa pentingnya pembangunan. Masyarakat hanya memikirkan bagaimana melanjutkan kehidupan pribadi dan kelompoknya melalui berbagai cara. 

Seperti yang kita tahu, dulu masih zaman penjajahan di mana negara kita dikuasai oleh negara lain. Berakhirnya era kolonialisme Eropa ternyata menjadi masa dimana negara bekas jajahan dan negara lain memiliki standar hidup rendah. Masa ini pun bisa dibilang menjadi titik bali negara untuk lebih memikirkan kondisi perekonomian.

Negara dengan standar hidup rendah sering disebut sebagai negara-negara terbelakang. Masih banyak aspek atau sektor di dalam negara tersebut yang belum memenuhi kualifikasi untuk menjadi negara yang makmur dan sejahtera. Pembangunan ekonomi di negara-negara terbelakang ini menjadi pembeda dengan kondisi di negara maju. 


Pembeda Negara Maju dan Berkembang

Beberapa dekade berikutnya, terjadi kemajuan pada sebagian besar negara-negara terbelakang yang sebelumnya memiliki standar hidup rendah. Kini, standar hidup mereka sudah mulai meningkat hingga memberikan harapan lebih baik ke depannya. Dengan adanya pembangunan ekonomi di negara miskin ini membuat mereka disebut sebagai disebut sebagai negara berkembang.

Kriteria pendapatan per kapita suatu negara biasanya dijadikan pembeda dengan negara berkembang. Ketika pendapatan per kapita mengalami kenaikan, negara tersebut dianggap telah memenuhi pembangunan yang merupakan suatu proses dari miskin menjadi lebih modern dan sejahtera jika dilihat dari jumlah pendapatan per kapita suatu negara. 

Pendapatan per kapita suatu negara juga sering disamakan dengan output per kapita. Mengapa harus menggunakan pendapatan sebagai indikatornya? Karena pendapatan per kapita dinilai sebagai ukuran terbaik dari pembangunan ekonomi yang tersedia dari nilai barang dan jasa, per orang kepada masyarakat tiap tahun di negara tersebut. 


Proses Kenaikan Pendapatan

Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses kenaikan pendapatan, baik total maupun per kapita. Perhitungan ini dikaitkan dengan pertambahan penduduk dan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara sehingga didapatkan pemerataan pendapatan untuk seluruh masyarakat di negara tersebut agar kesejahteraan bisa lebih merata. 

Ketika membahas tentang pembangunan di bidang ekonomi, pasti tidak bisa terlepas dari pertumbuhan ekonomi atau economic growth. Keduanya memiliki hubungan sejajar, apabila pertumbuhan lancar, maka proses pembangunan di bidang ini pun juga semakin lancar. Begitu juga sebaliknya, pembangunan juga dapat memperlancar pertumbuhan. 

Tidak mudah bagi suatu negara untuk memastikan bahwa kondisi ekonominya terus mengalami perkembangan karena diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Pemerintah berperan sebagai pembimbing sekaligus pendukung masyarakat sebagai pelaku utamanya sehingga pembangunan ekonomi berjalan lancar karena adanya kerja sama antar kedua belah pihak.


Indikator Keberhasilan Pembangunan

Lantas, bagaimana cara melihat apakah pembangunan ekonomi di suatu negara mengalami keberhasilan? Caranya adalah dengan melihat indikator perekonomian pada suatu negara. Keberhasilan dalam mengurangi tingkat pengangguran, kesenjangan dan kemiskinan menjadi salah satu indikator bahwa suatu negara memiliki pembangunan baik di bidang ini. 

Apabila suatu negara masih terdapat banyak pengangguran dan kehidupan ekonomi sebagian besar warganya berada di bawah garis kemiskinan, maka dapat menunjukkan bahwa pembangunan di bidang ini belum berhasil. Modernisasi kegiatan ekonomi juga menjadi fokus permasalahan dalam mengembangkan ekonomi suatu negara, bukan hanya masalah pendapatan nasional riil.

Pertumbuhan ekonomi juga memiliki andil cukup besar terhadap perkembangan ekonomi di suatu negara. Biasanya, pertumbuhan yang tinggi menunjukkan bahwa semakin tinggi pula kesejahteraan masyarakat. Perbaikan ekonomi menjadi lebih baik ini tentu dicapai demi kesejahteraan masyarakat karena ini merupakan hak dari setiap warga negara.

Setelah Anda memahami apa itu pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di negara, selanjutnya Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk melakukan investasi. P2P menjadi salah satu pilihan untuk melakukan investasi secara aman dan tetap menguntungkan. Untuk itu, persiapkan diri Anda untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi negara. 


Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru