Finansial

Fakta dan Plus Minus Investasi Emas yang Jarang Disadari

Kabrina Rian Ferdiani-

27 Aug 2020

Fakta dan Plus Minus Investasi Emas yang Jarang Disadari

Investasi emas merupakan salah satu bentuk bisnis yang paling lama dikenal oleh masyarakat. Bahkan sebelum obligasi atau saham dikenal oleh masyarakat, batu mulia sering dijadikan sebagai representasi jumlah kekayaan seseorang. Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih emas untuk investasi karena sifatnya abadi.

Selain itu harga emas selalu diakui sepanjang masa. Itulah sebabnya meskipun sudah banyak jenis investasi yang berkembang, emas tetap disukai semua orang. Karena mereka mengira bila investasi ini mempunyai kelebihan tersendiri daripada yang lain. Salah satunya karena emas cukup tahan terhadap inflasi.

Di samping itu, tingkat likuiditas emas juga lebih tinggi daripada jenis investasi lainnya. Jadi dalam kondisi yang terdesak, Anda bisa menukarkan emas dengan uang tunai. Namun meskipun begitu tahukah Anda bahwa ternyata ada fakta yang belum diketahui seputar investasi emas?

Di mana dalam faktanya tersebut ternyata meskipun jenis investasi ini disebut memiliki kelebihan tersendiri daripada yang lain, namun bila ditinjau lebih jauh ternyata ada juga kelemahannya. Itulah sebabnya sebelum memilih investasi ini, sebaiknya pahami dulu fakta, kelebihan, dan kekurangannya dulu supaya tidak kecewa.


Baca juga: Keuntungan Memilih Investasi Reksa Dana yang Jarang Diketahui


Fakta Investasi Emas

Salah satu fakta yang tidak diketahui masyarakat tentang emas adalah harganya sebenarnya selalu fluktuatif. Jadi bila sebelumnya masyarakat berpikir harga emas selalu stabil dan meningkat setiap tahun, maka Anda harus melihat faktanya dulu! Karena faktanya harga emas mengalami peningkatan dan penurunan seperti investasi saham/ tahun.

Ketika membeli emas, sebaiknya perhatikan dulu waktu terbaik untuk menjualnya. Anda harus tahu kapan waktu terbaik menjualnya dengan melihat harganya dulu. Pastikan menjual saat harganya lebih tinggi daripada waktu membelinya. Itulah sebabnya bentuk investasi ini termasuk bisnis jangka panjang.

Jadi Anda harus sabar bila ingin menikmati hasil investasi emas ini. Maka dari itu sebaiknya tingkatkan kualitas investasi Anda dengan membeli yang berukuran 24 karat dan kemurniannya harus 99,99%. Selain itu, pilih yang mempunyai sertifikat dari perusahaan terpercaya supaya mudah dijual kembali.

Fakta lainnya dari investasi emas ini adalah dari segi penyimpanannya yang jelas berbeda dari lainnya. Ketika membelinya dalam bentuk fisik, Anda harus menyiapkan tempat penyimpanannya dengan baik. Karena emas itu bisa dijual kapan saja tanpa menunggu konfirmasi pemiliknya langsung. 

Sehingga barang ini mudah hilang dan rentan dicuri orang bila pemiliknya lalai. Maka dari itu bila Anda memilih investasi berbentuk emas, artinya butuh safe deposit box. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun untuk menyewanya. Jadi keuntungan yang diberikan sebenarnya bisa berkurang untuk biaya penyimpanan.


Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan yang pertama dari investasi ini adalah mudah dicairkan sehingga cukup menggiurkan bagi beberapa orang. Karena bila bentuk investasi lainnya sulit dicairkan karena ada ketentuan waktu tertentu, namun hal ini berbeda sekali dengan emas. Anda bisa mencairkannya menjadi uang tunai dengan cepat dan lebih fleksibel.

Keuntungan kedua adalah bebas pajak. Ini berbeda sekali dengan investasi saham pada perusahaan tertentu. Keuntungan investasi saham tidak bisa dinikmati secara langsung karena masih ada pajak yang harus dibayar. Namun bila memilih investasi emas, maka Anda bisa terbebas dari pajak sehingga lebih hemat.

Selain itu, emas bisa melindungi nilai kekayaan Anda setiap tahun. Perlindungan dari investasi ini didapatkan karena harganya terbilang cukup stabil. Sehingga saat Anda ingin menjualnya kembali, hasil balik yang diterima masih menguntungkan. Untuk jumlah uang yang harus diinvestasikan pun juga tidak besar.

Anda tidak harus membeli emas dalam jumlah besar sehingga bentuk investasi ini bisa menyesuaikan kemampuan investornya. Yang pasti keuntungan dari investasi ini cukup menggiurkan. Tak heran bila saat ini banyak tersedia toko emas untuk menarik minat masyarakat yang berada di level menengah ke bawah.

Namun meskipun begitu, setiap jenis investasi itu tidak ada yang sempurna. Di balik kelebihan yang ditawarkan investasi emas, ternyata masih ada juga beberapa kelemahan di dalamnya. Salah satunya beresiko mendapatkan penipuan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab menggunakan nama perusahaan besar.


Kelemahan Investasi Emas 

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata bentuk investasi ini juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satunya resiko kehilangannya sangat tinggi. Terlebih bila investor memilih bentuk perhiasan. Resiko terjadinya perampokan semakin tinggi karena perhiasan terlihat mencolok saat digunakan sehari-hari.

Sementara itu, bila memilih investasi emas batangan juga demikian. Anda harus menyewa safe deposit box untuk melindungi emas batangan dengan biaya yang cukup tinggi setiap tahun. Sehingga jumlah keuntungan yang diterima dari penjualan emas batangan bisa saja semakin berkurang karena harus membayar biaya sewanya.

Tidak hanya itu saja, harga emas terbilang fluktuatif. Meskipun harganya cenderung meningkat, namun peningkatannya sebenarnya tidak terjadi setiap hari. Kalaupun meningkat tentunya akan memakan waktu lama hingga beberapa tahun ke depan. Lebih buruknya lagi adalah terkadang emas juga mengalami penurunan harga jual.

Sehingga perubahan harga yang tiba-tiba bisa membuat investor emas kesulitan menghitung nilai investasi berbentuk emas yang dimilikinya di masa mendatang. Biasanya beberapa investor mengambil nilai tengah fluktuasi harga emas setiap gram supaya mengetahui nilai investasinya di masa yang akan datang berdasarkan suku bunga tertentu.

Maka dari itu bila Anda sedang mencari investasi yang aman, Modal Rakyat solusinya! Karena Modal Rakyat termasuk perusahaan P2P lending yang dapat dijadikan sebagai alternatif investasi dengan laba 15 hingga 25 persen/ tahun. Sehingga keuntungannya lebih baik dari investasi emas.


Baca juga: Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kaum Milenial?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru