Finansial

Bisnis

Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kaum Milenial?

Paskalia-

13 Sep 2019

Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kaum Milenial?

Generasi milenial adalah sosok yang memikirkan masa depan. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak dari mereka yang saat ini mulai belajar berinvestasi, dan salah satunya mungkin Anda.  

Saat ini, Anda mungkin sedang melakukan riset untuk menentukan investasi apa yang cocok untuk Anda. Investasi emas bisa menjadi pilihan yang dapat Anda andalkan. Harganya yang stabil dan bisa terus naik membuat Anda tertarik untuk memilihnya.

Jangan buru-buru memutuskan. Anda perlu memikirkan dengan bijaksana hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan memulai investasi ini. Pertama, Anda perlu mengenal lebih dalam mengenai investasi in, cari tahu kekurangan dan kelebihannya.

Selanjutnya, Anda perlu memahami apa tujuan yang ingin Anda raih dengan berinvestasi. Terakhir, Anda perlu tahu bagaimana cara memulai investasi ini.

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, kami akan membantu Anda untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut. Apakah investasi ini cocok untuk generasi milenial seperti Anda? Simak artikel berikut untuk menemukan jawabannya.


Baca juga: Tips Menabung Emas Untuk Penuhi Dana Pendidikan Anak


Apa itu investasi emas?

Emas telah menjadi simbol kekayaan sejak lama. Praktik investasinya pun telah lama dilakukan. Emas merupakan salah satu pilihan instrumen untuk berinvestasi jangka panjang. Berinvestasi ini akan memberikan untung ketika Anda menjual emas daripada hanya menyimpannya.

Anda dapat membeli emas berupa logam mulia atau emas batangan, emas perhiasan, dan voucher emas. Anda dapat menjualnya lagi ketika harga pasarnya naik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan. 

Banyak orang beranggapan bahwa untuk berinvestasi, kita perlu menyiapkan dana yang besar. Anda perlu mengetahui bahwa anggapan itu tidak lagi berlaku di zaman sekarang. Dengan modal yang rendah, Anda sangat mungkin untuk berinvestasi. 

Saat ini Anda dapat membeli emas dengan mencicil, memulai berinvestasi hanya dengan Rp6.000-Rp6.500 saja atau setara dengan 0,01 gram emas. Menarik, bukan?


Apa kelebihan investasi emas?

Logam mulia ini cenderung memiliki harga jual yang selalu naik tiap tahun. Hal inilah yang membuat emas menjadi investasi dengan keuntungan menjanjikan. Lebih dari itu, emas adalah investasi yang aman dalam berbagai kondisi sebab harga emas cenderung stabil dan anti-inflasi.

Jenis investasi ini juga tidak memiliki banyak risiko. Saat ini, Anda tidak perlu berinvestasi berupa emas perhiasan atau batangan langsung secara tunai. Dengan kemajuan teknologi, Anda kini bisa membelinya dengan cara cicilan sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

Investasi ini juga cenderung lebih mudah dicairkan. Anda memiliki keleluasaan untuk mencairkan emas dalam bentuk tunai dalam waktu yang fleksibel dan cepat dibandingkan jenis investasi yang lain. Emas juga bisa dijadikan jaminan ketika Anda sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat.


Apa kekurangan investasi emas?

Anda juga perlu mengetahui risiko investasi emas yang mungkin akan terjadi. Masing-masing jenis investasi ini punya risikonya tersendiri. 

Jika Anda memilih membeli emas perhiasan, lebih baik belilah dalam bentuk sederhana, Perhiasan biasanya lebih mahal karena biaya pembuatannya dibebankan oleh pembeli. Emas dalam bentuk perhiasan juga memerlukan perawatan khusus dan memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan.

Emas memerlukan tempat penyimpanan yang aman. Jagalah emas Anda agar tidak hilang atau rusak. Apalagi jika Anda memilih membeli emas batangan. Anda perlu menyediakan keamanan ekstra. 

Anda sebaiknya menyimpan emas batangan menggunakan safe deposite box yang disediakan oleh bank tertentu. Jika tidak, Anda bisa menyimpannya secara mandiri dengan menggunakan brankas pribadi.

Anda perlu memahami bahwa risiko investasi ini yang rendah berarti keuntungannya yang tidak seberapa. Meskipun harga emas selalu naik, kenaikan ini tidak signifikan.


Baca juga: Cara Investasi Emas Paling Praktis, Siapapun Bisa


Mengetahui tujuan berinvestasi

Setelah mengenal investasi emas lebih dalam, kini Anda perlu kembali mempertanyakan apa tujuan Anda untuk berinvestasi. Hal itu akan sangat berpengaruh pada instrumen investasi yang Anda pilih.

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pilihlah tujuan yang sangat ingin diraih agar Anda lebih termotivasi. Apakah Anda ingin berinvestasi jangka pendek? Ataukah Anda ingin berinvestasi jangka panjang?

Jika Anda ingin investasi yang hasilnya bisa diraih dalam jangka pendek, investasi ini bukan pilihan yang bisa Anda andalkan. Anda perlu menyimpan emas minimal selama dua tahun agar keuntungannya terasa signifikan.

Anda juga perlu melihat budget yang dimiliki. Modal yang Anda miliki akan menentukan return of investment. Tidak perlu khawatir memulainya dari modal yang kecil. Emas dapat Anda beli dengan cara mencicil. Investasi ini tentu saja tetap bisa menguntungkan. 


Bagaimana cara memulai investasi emas?

Setelah mengenal lebih dalam mengenai investasi emas, selanjutnya Anda perlu tahu bagaimana cara memulai investasi ini dan di mana Anda dapat membelinya. Ada empat tempat favorit yang bisa Anda tuju untuk memulai investasi emas. Berikut ini penjelasannya.


1. Antam

PT Aneka Tambang Tbk atau lebih dikenal dengan Antam merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi emas ternama di Indonesia. Jika Anda ingin membeli emas batangan, Anda dapat berkunjung ke Gedung Pusat Antam atau Butik Emas LM Antam di kota-kota besar di Indonesia.

Informasi untuk Anda, harga emas di setiap Butik Emas LM berbeda-beda, bergantung pada asuransi dan biaya pengirimannya. Transaksinya bisa dilakukan secara online melalui logammulia.com. 

Untuk layanan pemesanan dan pengiriman logam mulia ini, Antam menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Jadi, Anda dapat mendatangi Kantor Pos yang ada di domisili Anda untuk mengurus pengiriman logam mulia milik Anda.


2. Toko Emas

Toko emas yang paling mudah ditemukan karena ada di mana-mana. Namun, Anda perlu menyadari bahwa tidak banyak toko emas yang menyediakan emas batangan untuk dibeli Umumnya yang dijual di sini adalah emas perhiasan. Padahal emas batangan lebih ideal menjadi investasi dibandingkan dengan emas perhiasan.


3. Pegadaian

Pegadaian memiliki produk yang bisa andalkan untuk memiliki emas, yaitu tabungan emas yang dibayar secara tunai atau angsuran. Anda yang ingin memanfaatkan produk ini, bisa mendatangi cabang Pegadaian yang ada di dekat Anda. Produk ini bisa ditransaksikan melalui aplikasi digital dan situs web resmi milik Pegadaian.

Kemudahan yang diberikan oleh Pegadaian ini jangan sampai Anda lewatkan. Anda juga bisa berkunjung langsung ke Pegadaian Galeri 24 jika ingin bertransaksi emas secara tunai.


4. Marketplace

Tokopedia dan Bukalapak adalah marketplace yang bisa Anda andalkan untuk membeli emas. Kedua marketplace ini memberikan produk tabungan emas yang cukup menarik untuk Anda. 

Investasi emas di Tokopedia terselenggara berkat kerja samanya dengan Pegadaian.  Sedangkan, Bukalapak memiliki produk BukaEmas yang bekerja sama dengan Indogold. Anda bisa mengunduh Tokopedia dan Bukalapak agar bisa memanfaatkan produk menabung emas yang mereka tawarkan. 

Lebih dari itu, Anda tidak perlu membayar pajak sehingga keuntungan dari hasil jual emas Anda tidak akan berkurang.


Itulah penjelasan mengenai investasi emas. Jika Anda tertarik dengannya, Anda bisa langsung memulainya dari sekarang. Selamat berinvestasi, ya!

Author: Kabrina


Baca juga: Investasi Emas VS Investasi P2P, Mana yang Lebih Baik?


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru