Bisnis

4 Faktor Penyebab Kegagalan menjadi Wisausahawan Sukses

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Feb 2021

4 Faktor Penyebab Kegagalan menjadi Wisausahawan Sukses

Saat ini jumlah wirausahawan sukses semakin banyak. Menariknya lagi adalah kebanyakan dari mereka berasal dari generasi milenial yang usianya masih belum matang. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka. Namun tahukah Anda bahwa sebuah kesuksesan tidak dapat datang dengan cara yang instan?

Meski masih muda, namun ternyata ada beberapa hal yang membuat mereka bisa sukses secepat itu. Salah satunya adalah dengan menyadari faktor penyebab kegagalan bisnisnya sejak awal usaha. Maka bila Anda sudah berbisnis selama ini dan tidak ada perubahan, mungkin harus menghindari faktor kegagalan berikut ini.


Baca juga: Pandangan Bisnis yang Membuat Bob Sadino Sukses dan Tajir


Mudah Menyerah Faktor Kegagalan menjadi Wirausahawan Sukses

Salah satu poin utama kenapa orang-orang selalu gagal dalam berbisnis adalah karena mereka mudah sekali menyerah ketika terkena masalah. Padahal yang namanya berbisnis itu pasti ada jatuh bangunnya. Bahkan hal tersebut juga berlaku sama untuk mereka yang sudah sukses lebih dulu dari Anda. Karena kegagalan adalah hal biasa.

Banyak wirausahawan sukses selalu dimulai dari kegagalan yang terjadi secara berulang kali. Namun karena mereka mau berusaha keras dan mencari solusinya, sehingga hal tersebut membuatnya cepat bangkit serta menemukan jalan keluar. Maka dari itu bila sedang berbisnis sebaiknya jangan mudah menyerah dalam kondisi apa saja.

Ketakutan yang membuat seorang calon pebisnis menjadi cepat menyerah hanya karena satu kegagalan ini hanya akan membuat orang tersebut tidak bisa berkembang dengan baik. Bahkan hal tersebut membuat usahanya selalu berjalan di tempat. Maka dari itu segera buang jauh-jauh rasa takut akan terjadinya kegagalan tersebut.

Terlebih bila Anda masih belum memulai bisnisnya, maka bila dari awal saja sudah berpikiran negatif tanpa aksi apa-apa, otomatis itu akan membuat tidak ada kemajuan. Karena tidak ada aksi yang dilakukan disini. Jadi bila ingin seperti wirausahawan sukses, bersikaplah seperti mereka yang lebih sukses dulu. 

Yaitu harus pantang menyerah dalam menghadapi apa saja. Disamping itu Anda harus selalu memiliki sugesti positif dalam melakukan apa saja, termasuk berbisnis. Jangan pernah berhenti berusaha dan berpikir umur penghalang keberhasilan Anda. Justru dengan memulai usaha sejak dini membuat Anda bisa belajar bagaimana sulitnya hidup.


Baca juga: Usaha Kuliner: 3 Kiat Sukses Memulai dan Mengembangkannya


Takut Penolakan Termasuk Kegagalan Wirausahawan Sukses

Hal lain yang menyebabkan seseorang selalu gagal dalam melakukan usahanya adalah mereka takut bila ada penolakan dari calon konsumennya. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa terjadi dimana tidak mungkin ada produk selalu diterima oleh konsumen hingga 100%.

Karena setiap orang memiliki kebutuhan, selera, dan keinginan yang tidak sama. Itu artinya penolakan pasti juga akan terjadi dan pernah dialami oleh wirausahawan sukses. Anda harus ingat bahwa tidak ada usaha yang bebas dari penolakan. Bahkan ketika sudah berumah tangga, terkadang ada penolakan yang terjadi.

Salah satunya ketika seorang suami ingin mencoba berbisnis baru karena merasa penghasilannya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sayangnya terkadang hal tersebut tidak didukung oleh sang istri karena sebelumnya mungkin seringkali mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Sehingga sang istri merasa bahwa suaminya tidak mungkin bisa menjadi wirausahawan sukses dengan bisnis barunya. Saat hal tersebut terjadi dalam kehidupan Anda, sebaiknya bicarakan dengan baik-baik. Beri pengertian kepada sang istri dengan memperlihatkan aksi dan rencana yang matang supaya usahanya berjalan mulus.


Tidak Bisa Mengatur Waktu Bukan Wirausahawan Sukses

Kesalahan utama seorang pebisnis pemula ketika bermimpi menjadi pengusaha sukses adalah mereka tidak dapat mengatur waktunya dengan baik. Padahal bisnis apa saja tidak mungkin berjalan mulus bila perencanaan waktunya tidak diperhatikan sebaik mungkin. Anda harus bisa mengatur apa yang harus diprioritaskan dalam berbisnis.

Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia meski hanya 1 menit saja. Disamping itu sebaiknya jangan pernah bingung harus memulai bisnis dari mana. Anda bisa belajar secara bertahap untuk menjalankan sebuah bisnis. Jadi untuk menjadi wirausahawan sukses itu tidak harus dimulai dengan modal besar.

Namun cobalah memulainya dengan modal seadanya dulu, barulah setelah berjalan, semuanya bisa dikembangkan lagi sedikit-sedikit. Sehingga pada akhirnya usaha Anda bisa terus meningkat seperti yang diharapkan. Namun tentu saja semuanya butuh persiapan matang dan proses yang lama.

Dibutuhkan perencanaan matang terhadap bagaimana cara mengelola waktu dan persiapan tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengatur bisnis Anda. Misalnya saja bila Anda ingin menjual minuman kekinian, maka buat konsep desain kemasannya dulu supaya menarik calon pelanggan sesuai targetnya.


Baca juga: 8 Pengusaha Muda ini Meraih Kebebasan Finansial dengan Cara Unik


Tidak Memiliki Konsep Kegagalan Wirausahawan Sukses

Tidak dapat dipungkiri bila konsep adalah bagian yang paling penting dalam sebuah usaha apa saja. Anda tidak mungkin bisa sukses dalam menjalankan bisnis apa saja bila konsepnya belum jelas dan tidak matang. Itulah sebabnya banyak orang sukses biasanya dimulai dari perencanaan yang matang dulu.

Jadi sebelum benar-benar mengeluarkan uang untuk berbisnis, maka perhatikan dulu siapa target sasaran pasar Anda nanti. Apakah orang dewasa, anak-anak, atau bahkan remaja. Sehingga dari sini Anda bisa membuat konsep yang sesuai dengan usia mereka. Selanjutnya perhatikan juga gendernya.

Apakah Anda menjual produk untuk wanita atau laki-laki. Semuanya harus dipersiapkan dengan matang. Begitu juga dengan cara pemasaran dan penjualannya. Bila Anda berniat menjalankan bisnis tersebut tanpa lapak offline karena budget masih terbatas, maka solusinya adalah berjualanlah secara online.

Terlebih sekarang ini ada banyak marketplace online yang tersedia secara gratis. Semuanya itu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membuat bisnis semakin berkembang. Dengan usaha dan kegigihan Anda dalam menjual produk secara online, tentunya hal tersebut akan membuat mimpi menjadi wirausahawan sukses bisa kenyataan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru