Bisnis

Menjanjikan, ini Cara Menjalankan Franchise Indomaret

Brigitta Winasis-

04 Aug 2021

Menjanjikan, ini Cara Menjalankan Franchise Indomaret

Anda memiliki lahan kosong dan ingin menjadikannya pemasukan? Anda bisa menjalankan bisnis waralaba atau franchise ritel. Salah satunya adalah franchise Indomaret.

Minimarket tersebut dikenal masyarakat sebagai penyedia layanan ritel. Indomaret juga dengan mudah dapat ditemukan di antara masyarakat. Bisnis ini memiliki prospek yang cerah dan patut Anda coba.

Berikut penjelasannya.


Baca juga: 7 Tantangan Bisnis Franchise yang Harus Anda Hadapi


Sejarah

Gerai pertama yang dibuka Indomaret adalah di Ancol pada 1988. Gerai minimarket tersebut dikelola PT Indomarco Prismatama.

Perusahaan ini mulai mengembangkan bisnis dengan membuka peluang usaha franchise pada 1997. Saat itu saja jumlah gerai yang ada sebanyak 230.

Dikutip dari Lokadata, saat ini Indomaret memiliki 17.681 minimarket yang tersebar di berbagai daerah. Sebanyak 60 persen di antaranya adalah milik perusahaan, sedangkan sisanya adalah milik franchise.


Langkah-langkah Franchise Indomaret

Apabila Anda tertarik membeli hak waralaba Indomaret? Ada sejumlah tahapan yang harus diikuti.

1. Siapkan Dokumen

Anda harus membuktikan diri bahwa Anda warga negara Indonesia (WNI). Caranya dengan menyiapkan sejumlah dokumen.

a. KTP

b. KK

Jika diperlukan, Anda juga harus menyiapkan fotokopi dari dokumen-dokumen tersebut.

2. Lokasi Strategis

Anda harus menyiapkan lokasi untuk gerai minimarket. Anda bisa mempertimbangkan kemudahan mengakses minimarket tersebut bagi masyarakat. Misalnya dekat dengan daerah ramai, tempat umum, dan lain-lain.

Hal ini sangat penting, mengingat lokasi turut berperan dalam menunjang kesuksesan bisnis. Anda harus menyiapkan lahan di area komersial idelanya seluas 120-200 meter persegi.

3. Surat Kelengkapan Usaha

Untuk membuka gerai Indomaret, dibutuhkan sederet dokumen yang menunjukkan kelayakan usaha. Berikut penjelasannya.

a. IMB/IPB

b. SIUP

c. NPWP

d. denah lokasi

e. TDP

f. IUTM/IUTS

g. STPW

h. PKP

i. UUG/HO

4. Modal Investasi

Modal adalah hal mendasar yang perlu Anda persiapkan dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, persiapkan modal untuk diinvestasikan.

Dalam hal ini, dana modal akan diserahkan kepada pihak Indomaret sebagai pemilik hak waralaba. Penyerahan dilakukan setelah permohonan kerja sama dikabulkan.

Menurut laman resmi Indomaret, dana investasi yang perlu disiapkan bernilai estimasi Rp394 juta. Namun jika Anda hanya mengambil alih dari kemitraan lama, Anda membutuhkan modal sekitar Rp150-200 juta.

Harga ini termasuk royalti atau hak waralaba yang harus dibayar selama masa kontrak lima tahun.

5. Pendaftaran

Setelah memenuhi berbagai syarat, Anda bisa mendaftarkan diri melalui call center Indomaret. Cara lainnya adalah dengan mengunduh formulir pendaftaran di laman resmi Indomaret.

Kemudian pihak Indomaret akan mengirimkan tim survei untuk mensurvei lokasi yang diajukan.

6. Presentasi

Ada dua tahap presentasi yang Anda lakukan bersama pihak Indomaret. Anda akan diminta menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan.

Saat presentasi tahap awal, akan dijelaskan rincian kerja sama, profit tiap bulan, besaran investasi, serta sistem operasional.

Lalu pada presentasi berikutnya dijelaskan hasil survei yang sudah dilakukan. Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang merujuk kepada besaran jumlah investasi.

7. Pembukaan Toko

Setelah segala syarat dipenuhi dan pengajuan kerja sama disetujui, toko siap dibuka. Toko akan menerima program promosi yang sudah ditentukan Indomaret.

Segera setelah gerai dibuka, Anda akan menandatangani kontrak Perjanjian Waralaba untuk lima tahun. Anda akan menerima nota kesepahaman atau MoU antara pewaralaba dan terwaralaba. MoU berisikan pengaturan kepengurusan izin, renovasi toko, pembukaan toko, seleksi karyawan, pelatihan karyawan, peralatan toko, dan pembayaran termin.


Keuntungan

Minimarket seperti Indomaret adalah sesuatu yang sangat umum dan mudah dicari di tengah masyarakat. Sekarang ini masyarakat memiliki kecenderungan untuk membeli keperluan sehari-hari di minimarket terdekat. Maka dari itu, tidak aneh melihat minimarket yang saling berdekatan.

Merchandise Development Director Indomaret, Laurensius Tirta Widjaja, menyebutkan profit dari franchise Indomaret bisa melebihi 12 persen per bulan. Sementara itu Marketing Director Indomaret mengungkapkan risiko gagal membuka waralaba minimarket berada di bawah 10 persen.

Menurut Lauren, payback bisnis Indomaret terwujudkan dalam waktu 24-45 bulan. Hal ini merujuk kepada pengalaman para terwaralaba Indomaret yang menginvestasikan Rp300-500 juta, di luar sewa properti.

Keuntungan yang ditawarkan dari bisnis waralaba minimarket ini yaitu:

a. Brand authority jelas

b. Promosi level nasional

c. Anda menjadi pelaku bisnis dan terjadi transformasi pengetahuan

d. Brand sudah dikenal masyarakat

e. Survei lokasi membantu memaksimalkan potensi market

f. Sistem operasional terintegrasi

g. Investor tidak perlu terjun langsung full time

h. Terdapat peluang berkembang, investor bisa memiliki lebih dari satu gerai

i. Meminimalkan risiko karena mendapat dukungan dari pewaralaba Indomaret.


Baca juga: Retailer adalah Bisnis yang Menguntungkan, Ini Strateginya


Tips Menjalankan Bisnis Waralaba

Franchise adalah pilihan bisnis yang sesuai bagi Anda yang baru mulai membuka usaha. Bisnis ini dinilai aman karena Anda tidak perlu benar-benar mengawali dari nol.

Pemilik waralaba sudah menyiapkan produk dan strategi bisnisnya, sementara Anda hanya perlu menyiapkan modal. Selanjutnya, keuntungan akan menghampiri Anda.

Walaupun begitu, sama seperti bisnis lainnya, menjalankan bisnis waralaba tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus terus berupaya agar bisnis dapat berkembang dan laris di pasaran. Untuk itu, perlu ketekunan dalam berbisnis.

Berikut sejumlah tips memulai bisnis franchise.

1. Pilih Bisnis yang Tepat

Anda tentu harus memilih usaha yang sejalan dengan minat Anda. Hal ini bertujuan agar Anda senang menjalaninya, sepeti hobi. Sama halnya dengan memilih bisnis franchise.

Sebelum memutuskan hendak menjalankan bisnis apa, ada baiknya Anda mencari tahu informasi sedalam-dalamnya tentang bisnis tersebut. Lihatlah apakah bisnis itu sesuai dengan passion Anda atau tidak.

Kemudian lakukan riset terhadapnya. Apakah bisnis tersebut membutuhkan keahlian khusus? Mengingat Anda memilih bisnis franchise, Anda mungkin akan mendapat pelatihan. Namun semua itu tergantung kemauan Anda.

2. Memilih Lokasi

Lokasi yang strategis akan mendatangkan keuntungan bagi Anda, termasuk dalam bisnis franchise. Mungkin Anda memilih brand yang sudah terkenal. Namun jika lokasinya tidak sesuai, pemasukan Anda juga akan terhalang.

Lokasi yang paling tepat adalah di tengah keramaian. Dengan demikian, bisnis tersebut bisa dilihat serta diakses dengan mudah. Cara ini akan mendatangkan konsumen bagi Anda.

3. Memiliki Perencanaan Bisnis

Walaupun Anda berbisnis franchise, Anda tetap bisa memberikan sentuhan pribadi dalam bisnis tersebut. Caranya adalah dengan menetapkan goal bisnis.

Anda dapat memodifikasi sedikit-sedikit dan melakukan uji coba. Tambahkan sesuatu yang menarik dan kurangi apa yang dirasa kurang.

Jika perubahan yang Anda lakukan cukup besar, sebaiknya konsultasikan dengan pewaralaba. Dengan demikian Anda tidak perlu melangkahi ketentuan yang berlaku.

4. Meningkatkan Pemasaran

Meskipun Anda memilih brand ternama, pemasaran tetap salah satu faktor penting. Pemasaran akan membantu mendorong penjualan.

Anda bisa mengamati apa yang dibutuhkan konsumen Anda dalam skala lokal. Hal ini mungkin terlewat bagi pemilik waralaba yang merancang strategi pemasaran secara menyeluruh.

5. Tingkatkan Layanan Konsumen

Apapun yang disediakan bisnis Anda harus berdasar pada konsumen. Tidak berarti Anda harus terus-terusan memberikan diskon dan promo besar-besaran.

Anda bisa memberikan sambutan serta layanan yang paling baik ketika konsumen datang dan memilih produk. Kemampuan komunikasi sangat penting dalam hal ini. Jika Anda memiliki pegawai, latihlah mereka agar mampu melayani dengan baik.


Mulailah Bisnis Anda Menggunakan Dana dari Modal Rakyat

Anda kini dapat memulai bisnis Anda sendiri dengan mudah. Soal dana yang dibutuhkan, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa mendaftarkan diri menjadi peminjam di P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru