Finansial

Gaji Terbatas? Coba Usaha Sampingan dan Rasakan Manfaatnya

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Jun 2020

Gaji Terbatas? Coba Usaha Sampingan dan Rasakan Manfaatnya

Mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan bisa dicoba meski Anda sudah mempunyai pekerjaan utama. Usaha dapat dijalankan mulai dari hal kecil dengan memanfaatkan internet tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Usaha tersebut bisa menjadi alternatif untuk menjaga kondisi finansial saat gaji belum keluar dan kebutuhan semakin banyak.

Bisnis sampingan tidak membutuhkan modal besar, bahkan dapat dilakukan hanya bermodal internet saja. Karena saat ini teknologi semakin canggih sehingga dapat memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan. Banyak orang yang sukses di usia muda dengan menjalankan bisnis sampingan mulai dari nol hingga meraup omset yang cukup fantastik.

Banyak ide dan inovasi baru di dunia usaha yang bisa Anda coba jalankan. Cukup mulai dari usaha sampingan dengan modal kecil dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Seiring berjalannya waktu, skill marketing akan terus berkembang dan potensi Anda akan meningkat. Hal ini akan memengaruhi kualitas personal dalam menjadi entrepreneur.


Baca juga: 6 Alasan Memulai Bisnis di Tengah Resesi


Bisnis Sampingan Secara Online dengan Modal Internet

Usaha sampingan dengan modal kecil dapat dilakukan secara online. Salah satunya dengan menjual foto hasil jepretan Anda di internet. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai hobi fotografi sehingga bisa lebih bermanfaat. Anda bisa menjual hasil foto tersebut ke berbagai website online. 

Anda juga bisa menawarkan jasa fotografi dengan hasil jepretan yang menarik dan unik. Dari foto unik tersebut, Anda bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan foto di situs online. Sehingga hobi Anda bisa lebih bermanfaat dan mendatangkan keuntungan yang lumayan. 

Anda juga bisa menjalankan usaha sampingan dengan menjadi penerjemah. Saat ini banyak peluang yang menguntungkan dengan memanfaatkan skill bahasa Anda. Karena keterbatasan bahasa masih cukup tinggi sehingga banyak perusahaan yang mencari jasa penerjemah.

Usaha ini hanya bermodalkan skill bahasa Anda untuk menerjemahkan dokumen. Di era teknologi sekarang, komunikasi dapat dilakukan secara virtual. Sehingga untuk bisa bersaing dengan pengusaha lain, produk harus dikenalkan dengan berbagai bahasa. Hal ini memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari kemampuan bahasa tersebut.

Jika Anda menyukai dunia asuransi, Anda juga bisa membuka usaha sampingan sebagai agen asuransi. Usaha ini hanya membutuhkan pengetahuan dan wawasan mengenai asuransi dan manfaatnya. Setelah itu Anda akan menjual dan mengenalkan produk asuransi tersebut kepada calon nasabah.

Dari hasil penjualan tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Bisnis sampingan dengan modal internet bersifat fleksibel dan tidak terikat dengan waktu. Sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya menggunakan smartphone dan koneksi internet.


Usaha Sampingan Secara Offline di Rumah

Jika Anda menyukai usaha secara offline atau langsung di rumah, Anda bisa mencoba berjualan pulsa dan kuota internet. Usaha ini sangat mudah dan tidak mengganggu jam kerja Anda. Karena pulsa sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan permintaannya terus meningkat. 

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan omset yang lumayan. Jika Anda mempunyai skill dan kreativitas yang tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat produk hand made yang unik. 

Usaha sampingan ini dikenal dengan usaha hampers atau bingkisan untuk berbagai kebutuhan salah satunya kado spesial. Hampers mempunyai jenis yang sangat beragam sesuai dengan kreativitas Anda. Pastikan produk tersebut unik dan menarik agar dapat memikat konsumen.

Usaha hampers tidak hanya berbentuk souvenir, Anda bisa membuat hand made makanan ringan seperti kue, salad, dan lainnya. Bahkan berbagai macam perabotan rumah tangga yang bisa Anda sesuaikan dengan passion dan hobi. Dengan usaha sampingan tersebut, waktu luang Anda bisa lebih produktif  untuk menciptakan produk sendiri dan profit.

Sembari menunggu di rumah, Anda juga bisa membuka usaha warung makan. Makanan merupakan kebutuhan pokok  bagi manusia sehingga harus dipenuhi setiap hari agar bisa mengerjakan aktivitas. Namun, karena jadwal yang terlalu padat banyak orang yang tidak sempat membuat makanan terutama untuk sarapan. 

Keadaan ini menjadi peluang besar untuk membangun usaha sampingan di rumah. Anda bisa membuka warung makan yang menjajakan berbagai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Sehingga banyak orang yang lebih memilih ke warung Anda daripada pesan online atau restauran yang harus merogok kocek lebih dalam.


Rasakan Manfaat Bisnis Sampingan dari Sekarang

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari usaha sampingan tersebut. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa meningkatkan potensi diri untuk lebih berkualitas. Keuntungan dari usaha tersebut dapat diinvestasikan untuk menjamin masa depan yang lebih cerah. 

Karena saat ini terdapat fintech yang siap membantu pinjaman modal usaha Anda bersama Modal Rakyat. Usaha sampingan juga dapat menjadi alternatif saat Anda sudah tidak bekerja. Dengan penghasilan tersebut dapat menjaga kondisi keuangan ditengah kebutuhan yang tinggi. 

Sehingga Anda dapat mengatur dan mengelola keuangan sebaik mungkin. Bisnis sampingan juga bisa dibebaskan dari pajak karena perputaran uang masih kurang dari Rp500 juta. Usaha berskala kecil bisa mendatangkan omset yang memuaskan jika dikelola dengan baik. 

Selain itu, Anda juga tidak merasa tertekan karena atasan atau lingkungan kerja. Karena usaha sampingan bisa dikerjakan di mana saja dan Anda yang menjadi bosnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa tertekan lagi dan mejalani usaha dengan tenang.

Perkembangan teknologi saat ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan sesuai dengan minat dan passion, tetapi tetap memberi keuntungan. Usaha sampingan merupakan sarana paling tepat untuk menyalurkan skill dan hobi untuk menghasilkan uang.


Baca juga: 7 Cara Berpikir Pengusaha Sukses Yang Wajib Anda Tiru Biar Jadi Sultan di Usia Muda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru