Finansial

GPN adalah: Kegunaan, Keuntungan, dan Bedanya dengan Visa

Pretty Angelia Wuisan-

21 Sep 2021

GPN adalah: Kegunaan, Keuntungan, dan Bedanya dengan Visa

GPN adalah istilah yang mungkin Anda sering dengar, tapi tidak begitu Anda pahami. Untuk Anda yang memiliki kartu ATM untuk transaksi, Anda pasti sering melihat logo GPN di bagian depannya. GPN merupakan logo yang penting dan bukan sembarang logo karena menjadi salah satu teknologi perbankan yang berlaku di bank-bank Indonesia.

Supaya Anda memahami GPN, di sini akan dijelaskan mengenai pengertian, tanggal berlakunya, kegunaan, keuntungan, perbedaannya dengan visa.


Baca juga: Pentingnya Point of Sales untuk Mencatat Penjualan Bisnis


GPN adalah

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem pembayaran produk Bank Indonesia yang menggabungkan berbagai kanal transaksi pembayaran perbankan, sehingga terhubung dan bisa digunakan pada berbagai alat bayar. 

Alat bayar di sini adalah mesin EDC (electronic data capture) yang biasa digunakan untuk transaksi kartu debit. Jika Anda ke suatu tempat untuk belanja dan menggunakan kartu debit untuk transaksi non tunai, Anda akan menggesek kartunya di mesin EDC.

Mesin EDC ini awalnya hanya berlaku satu untuk per jenis bank. Namun, sekarang berkat kehadiran GPN, merchant hanya perlu menyediakan satu mesin EDC. 

Dengan menggunakan kartu debit GPN, Anda tidak perlu khawatir lagi tidak bisa melakukan pembayaran hanya karena mesin EDC sedang tidak berfungsi.

 


Kapan GPN Mulai Berlaku

National Payment Gateway atau GPN adalah kanal pembayaran buatan asli Bank Indonesia yang diciptakan dengan perjalanan panjang selama 20 tahun. Di waktu yang lama itu, Bank Indonesia melakukan pengkajian secara menyeluruh untuk menciptakan kartu ATM yang dapat digunakan di mesin EDC mana saja.

Sistem pembayaran ini berlaku sejak Mei 2018 lalu. Kehadirannya membuat bank Indonesia wajib menyediakan kartu debit berlogo GPN. Walaupun belum semua bank menggunakan kartu GPN untuk saat ini, Bank Indonesia sudah menetapkan aturan bahwa seluruh bank harus menyediakan kartu GPN paling akhir di tahun 2022.

Penerapannya dilakukan secara perlahan dan pasti untuk kepentingan masyarakat Indonesia.


Kegunaan Kartu GPN

GPN adalah teknologi pembayaran yang akan sangat berguna untuk Anda, terutama bagi Anda yang sering melakukan transaksi menggunakan kartu debit. Ini penjelasannya.

1. Memudahkan proses transaksi

Anda yang menggunakan kartu GPN untuk transaksi tidak akan khawatir mengalami mesin sedang tidak berfungsi karena transaksi dapat diproses di mesin EDC kartu GPN dari bank lain.

2. Membuat transaksi aman

Kartu berlogo GPN tetap dioperasikan menggunakan PIN dengan enkripsi yang berteknologi tinggi, sehingga tidak akan mudah untuk ditembus. Data yang dimiliki nasabah juga terjamin rahasianya.

3. Lebih murah

Biaya administrasi dan biaya tambahan yang berlaku di kartu GPN cenderung lebih murah dibandingkan kartu debit yang tidak punya logo GPN. Apabila Anda berbelanja di suatu toko Anda akan bisa menikmati merchant discount rate (MDR) yang membuat biaya administrasi Anda lebih rendah dari yang biasanya.


Keuntungan Punya Kartu GPN

Kartu GPN menawarkan berbagai keuntungan bagi mereka yang memanfaatkannya. Ini penjelasannya.

1. Untuk masyarakat

  • Transaksi jadi lebih mudah.
  • Transaksi jadi lebih murah.
  • Aman karena dilengkapi PIN dan teknologi enkripsi tingkat tinggi.
  • Transaksi bisa menggunakan mesin EDC dari bank mana saja.
  • Tidak berlaku transaksi minimum, jadi Anda bisa melakukan transaksi dengan jumlah berapa saja.

2. Untuk pelaku usaha

  • Pelaku usaha hanya perlu menyediakan satu mesin EDC, sehingga budget penyediaan alat pun bisa lebih ditekan.
  • Merchant discount rate yang diberlakukan termasuk rendah. Bisa diberlakukan hanya 1% saja dari jumlah transaksi.
  • Transaksi akan lebih cepat.
  • Membantu pelanggan melakukan transaksi yang mudah.

3. Untuk perbankan

  • Semakin banyak nasabah yang menggunakan produk perbankan.
  • Perbankan mendapatkan kepercayaan dari nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi menggunakan kartu GPN.


GPN vs Visa

GPN adalah pembayaran yang memiliki berbagai perbedaan dengan Visa, walaupun awalnya terkesan sama. Ini penjelasannya.

  1. GPN adalah alat bayar buatan Indonesia, jadi hanya berlaku di Indonesia. Sejauh ini belum bisa digunakan di luar Indonesia. Sedangkan, Visa dapat diandalkan menjadi alat bayar di luar dan dalam negeri.
  2. GPN adalah buatan Bank Indonesia, sedangkan Visa diterbitkan oleh Visa Inc. yang berada di Amerika Serikat.
  3. Kartu debit GPN memiliki logo GPN, sedangkan kartu debit Visa menggunakan logo yang dimiliki Visa.
  4. Untuk Anda yang sering menggunakan transaksi online, Anda bisa memanfaatkan Visa. Sedangkan, GPN adalah sistem pembayaran yang baru bisa digunakan di mesin EDC.
  5. Merchant discount rate yang ditawarkan GPN lebih murah ketimbang Visa.
  6. Biaya administrasi yang diberlakukan pada GPN lebih rendah ketimbang Visa.

 

Baca juga: Cashback adalah: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

 

Seperti itulah penjelasan mengenai. GPN adalah produk perbankan kebanggaan Indonesia. Teknologi ini akan semakin berkembang ke depannya. Anda bisa memanfaatkannya karena kehadirannya memang ditujukan untuk memudahkan kita semua. 

Apabila kartu debit Anda belum memiliki logo GPN, dan Anda menginginkannya, Anda bisa mendatangi langsung bank di mana Anda menerbitkan kartu untuk proses penggantian. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa keuntungan kartu GPN?

Untuk masyarakat, transaksi jadi mudah dan tidak ada jumlah minimum. Untuk pelaku usaha, budget untuk penyediaan alat bayar jadi mudah ditekan. Untuk perbankan, menyediakan layanan yang prima untuk para nasabahnya, sehingga bisa semakin dipercaya.

2. GPN ada di bank apa saja?

Bank yang memiliki kartu debit GPN adalah BNI, BCA, BRI, MNC Bank, Mandiri, Bank DKI, CIMB Niaga, dan masih banyak lagi. Tahun 2022 Bank Indonesia menetapkan semua bank Indonesia wajib menerbitkan kartu GPN. Perbankan pun sedang melakukan proses itu.

3. Apa kelebihan kartu ATM GPN?

Kartu ATM GPN membuat transaksi jadi lebih praktis, lebih murah, dan tentunya lebih aman untuk para penggunanya.

4. Apakah kartu GPN bisa tarik tunai?

Kartu yang berlogo GPN sangat bisa digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM yang hadir di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal itu. 

5. Kartu GPN bisa dipakai di mana saja?

Sejauh ini kartu GPN hanya bisa digunakan di dalam negeri di merchant yang menyediakan mesin EDC. Kartu ini tidak bisa digunakan untuk transaksi online atau transaksi yang dilakukan di luar negeri.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru