Finansial

Gaya Hidup

Cashback adalah: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pretty Angelia Wuisan-

05 Jul 2021

Cashback adalah: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cashback adalah salah satu istilah yang mulai muncul ketika produk pembayaran digital digunakan secara masif. Cashback menjadi salah satu hal yang disukai oleh siapa saja yang mengincarnya karena dengan cashback Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan yang tentu Anda senangi.

Namun, cashback ini berbeda dengan diskon. Walaupun terlihat sama, tapi sistem yang dijalankannya cukup berbeda. Yuk, ketahui lebih banyak tentang cashback dengan membaca artikel ini, supaya Anda bisa memanfaatkan cashback sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca juga: 5 Cara Top Up Gopay Paling Mudah

 

Pengertian Cashback

Cashback adalah penawaran kepada pembeli yang mendapatkan pengembalian berupa uang tunai atau non tunai, atau dalam bentuk produk yang ibaratnya seperti bonus, ketika pembeli bersangkutan melakukan pembelian suatu barang.

Cashback adalah salah satu promosi yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, sejak kehadiran alat pembayaran digital yang marak digunakan oleh masyarakat, semakin banyak perusahaan yang menawarkan cashback untuk memancing lebih banyak pembeli.

Cashback mampu meningkatkan penjualan, sehingga banyak penjual yang memanfaatkannya.

Anda bisa melihat contohnya di marketplace atau bahkan di mall-mall. Merchant-merchant menawarkan cashback dengan jumlah yang lumayan untuk para pembelinya.

 

Jenis-jenis Cashback

Cashback adalah promosi yang memiliki macam-macam jenis. Anda pasti pernah menemukan jenis-jenis cashback ini di berbagai kesempatan.

Anda bisa memilih penawaran tersebut sesuai dengan jenis promosi yang Anda senangi. Seperti inilah jenis dari cashback itu.

1. Cashback toko online

Cashback jenis ini biasanya dimanfaatkan oleh toko online yang membuat toko digital-nya sendiri atau berjualan di sebuah marketplace untuk memancing pelanggan terus berbelanja di tempatnya.

Anda bisa mendapatkan uang tunai dan non tunai atau penambahan barang, seperti ketika membeli sabun mandi berukuran 900 ml, Anda akan mendapatkan bonus pouch cantik secara cuma-cuma.

Cashback jenis ini biasanya ada di waktu spesial tertentu, jadi Anda perlu mencari tahu kapan cashback ini hadir. Terutama pada barang yang sudah lama Anda incar.

2. Cashback dompet digital

Perusahaan pengembang dompet digital tidak segan memberikan cashback agar semakin banyak orang yang memanfaatkan aplikasinya sebagai alat bayar. Anda pasti akan mudah menemukan cashback ini di merchant-merchant yang Anda temukan di mall.

Selain proses pembayaran yang serba cepat, Anda juga akan mendapatkan bonus uang virtual yang akan dikembalikan pada Anda sesuai dengan persentase cashback yang sudah ditentukan di awal.

Cashback jenis ini biasanya paling ramai ketika di waktu-waktu tertentu, misalnya saja ketika tiba waktu payday.

3. Cashback kartu kredit

Pengguna kartu kredit bisa mendapatkan cashback ketika menggunakan kartu kreditnya untuk pembayaran tertentu dengan minimal transaksi di nominal tertentu. Bahkan ada juga yang menambahkan diskon pada cashback-nya.

Anda pun bisa mendapatkan potongan harga secara cuma-cuma, tapi harus diperhatikan lagi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan cashback itu. Biasanya apabila Anda melakukan pembayaran dengan jumlah nominal yang besar, pengembaliannya juga akan ikut besar.

Cashback ini hadir agar para pengguna kartu kredit lebih sering lagi menggunakan kartu kreditnya.

4. Cashback properti

Cashback adalah promosi yang paling sering ada di dalam penjualan properti seperti penjualan rumah, apartemen, ruko, dan lainnya.

Cashback yang sering digunakan adalah misalnya, Anda membeli rumah tipe 36, Anda akan mendapatkan cashback berupa AC atau kulkas atau barang-barang lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Anda pasti menyukai cashback jenis ini karena biasanya akan sangat berguna untuk Anda.

Cashback ini juga ada di waktu tertentu. Siapa cepat, dia dapat karena cashback-nya hanya disediakan dalam jumlah tertentu. Mereka yang mendapatkan cashback adalah orang yang paling cepat membeli propertinya.

Cara promosi ini biasanya sangat ampuh untuk memancing pembeli yang sedang mengincar kepemilikan properti baru.

 

Perbedaan Cashback dengan Diskon

Cashback sering disamakan dengan diskon, padahal cashback dan diskon punya perbedaan yang signifikan. Supaya tidak salah dalam menilai, inilah perbedaan antara diskon dan cashback yang perlu Anda ketahui.

1. Dilihat dari pembayaran

Dari pembayarannya saja sudah berbeda. Untuk, cashback Anda akan tetap diminta membayar penuh dulu, walaupun sudah ditambah dengan keterangan ada cashback Rp300.000.

Cashback-nya pun bisa dalam bentuk apa saja, tidak harus dalam bentuk pengembalian uang tunai langsung. Ada juga yang menawarkan bonus barang atau dalam bentuk deposit dana yang bisa digunakan untuk pembelian di waktu yang akan datang.

Sedangkan pada diskon, Anda secara langsung mendapatkan potongan harga pada pembayaran pertama. Misalnya, Anda membeli laptop diskon Rp300.000. Maka, Anda membayar dengan jumlah harga asli laptop yang sudah dikurangi diskon.

2. Masa berlaku

Waktu yang berlaku untuk penyelenggaraan cashback biasanya lebih panjang ketimbang diskon. Ada cashback yang bisa berlaku dalam berbulan-bulan, bahkan sampai setahun. Oleh karena itu, tidak perlu heran melihat cashback yang selalu ada dan mudah Anda temukan.

Lain halnya dengan diskon yang masa berlakunya lebih pendek. Misalnya, hanya dalam seminggu. Hal itu karena biasanya barang yang disediakan untuk diskon pun terbatas.

 

Baca juga: 6 Cara Paling Mudah dan Cepat untuk Top Up OVO Cash

 

Kelebihan Cashback

Cashback memiliki kelebihan yang bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Seperti inilah kelebihannya yang pasti Anda sukai.

  • Anda bisa mendapatkan pengembalian harga, sehingga Anda bisa membayar lebih murah.
  • Anda bisa mendapatkan barang yang Anda senangi dengan syarat membeli suatu barang tertentu.
  • Anda bisa mendapatkan potongan harga di pembelian berikutnya ketika sudah membeli suatu barang di toko yang sama.

 

Kekurangan Cashback

Tidak hanya kelebihan, cashback pun memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa memilih cashback secara bijak. Seperti inilah kekurangannya itu.

  • Cashback bisa membuat Anda kalap berbelanja apabila Anda tidak mengontrol keinginan berbelanja itu.
  • Cashback tidak sepenuhnya memberikan diskon sesuai dengan yang dituliskan. Misalnya, Anda mendapatkan cashback 50% maksimal Rp5.000 untuk pembelian barang minimal Rp100.000. Maka, cashback yang Anda dapatkan hanya Rp5.000, bukan 50% dari Rp100.000.
  • Cashback memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya, Anda diminta berbelanja dulu minimal di nominal tertentu, baru bisa meraih cashback.
  • Anda juga bisa jadi mendapatkan cashback dalam waktu yang lama. Artinya, pengembalian dana akan dilakukan seminggu hingga sebulan kemudian. 

Mendapatkan cashback adalah hal yang pastinya menyenangkan, tapi Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan agar uang Anda tidak keluar dengan percuma. Walaupun cashback ada di mana-mana, Anda tetap perlu berbelanja secara bijak.

 

UMKM Bisa Mengandalkan Modal Rakyat untuk Meraih Modal Usaha

Anda pelaku UMKM yang membutuhkan modal tambahan, bisa mengajukan pinjaman modal di P2P Lending Modal Rakyat. Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan investor yang bersedia menyalurkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman dari Rp500 ribu hingga Rp2 miliar.

Jangan khawatir soal bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha Anda. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa melalui online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru