Finansial

Ibu Rumah Tangga Juga Harus Pendanaan di Peer-To-Peer Lending

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Sep 2020

Ibu Rumah Tangga Juga  Harus Pendanaan di Peer-To-Peer Lending

Saat ini investasi peer-to-peer lending tidak hanya berlaku untuk para investor yang memiliki kantong tebal saja. Namun para ibu rumah tangga juga bisa melakukannya untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam jangka panjang. Jadi pekerjaan ibu rumah tangga saat ini tidak hanya mengurus rumah dan anak saja.

Namun IRT bisa lebih dari itu. Saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang juga menjalankan bisnis sampingan untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Terlebih sekarang ini teknologi digital semakin meningkat, sehingga peran IRT tidak hanya sebatas dari membersihkan rumah dan mengurus anak saja.

Mereka juga bisa melakukan investasi untuk membuat keuangan keluarga di masa depan tetap stabil dan terjaga dengan baik. Untuk investasi yang dilakukan bisa bermacam-macam. Namun salah satu investasi yang paling populer di kalangan ibu rumah tangga saat ini adalah fintech peer-to-peer lending.

Karena selain mudah dijalankan, modal yang dibutuhkan juga kecil. Bahkan mulai dari ratusan ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menjalankan investasi P2P lending secara online. Itulah sebabnya jenis investasi ini disukai semua orang karena keuntungannya maksimal dan modalnya kecil.


Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Catering Rumahan? Ini Jawabnya


Konsep Investasi Peer-to-Peer Lending

Sebelum mencoba investasi peer-to-peer lending, sebaiknya pahami dulu pengertiannya. Investasi adalah cara manusia untuk mengembangkan dananya lewat penanaman modal pada beberapa instrumen. Misalnya saja seperti reksadana, saham, surat utang atau obligasi, properti, emas, dan P2P lending.

Dengan melakukan investasi, seseorang bisa mendapat imbal hasil setiap bulan atau tahunan. Maka dari itu bila Anda sedang mempersiapkan keuangan di hari tua, mengumpulkan uang untuk DP rumah, biaya pendidikan anak, maka investasi P2P lending adalah solusinya. 

Investasi peer-to-peer lending ini berarti terjadinya interaksi secara langsung di antara 2 orang dalam waktu yang sama. Jadi P2P lending termasuk platform yang akan membuat pemberi pinjaman bertemu dengan peminjam secara online tanpa harus bertatap muka langsung. Dalam investasi ini ada imbal hasil yang didapatkan.

Imbal hasilnya bisa dihitung per bulan atau tahun. Sedangkan bagi peminjam akan dikenakan bunga dari pinjamannya setiap bulan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan fintech tersebut. Namun tentunya ada tenor yang mengatur sehingga bisa meminimalisir terjadinya resiko telat bayar tagihan.


Manfaat IRT Tanam Modal P2P Lending 

Saat investasi peer-to-peer lending, artinya sudah bisa membantu orang lain untuk menyelesaikan masalah keuangan. Misalnya saja untuk biaya berobat, pendidikan anak, membuka usaha, dll. Selain itu bagi ibu rumah tangga, investasi P2P lending juga bermanfaat untuk mereka. Berikut adalah manfaat investasi P2P lending untuk IRT:

  1. Karena modal investasi yang dibutuhkan sedikit sehingga sangat terjangkau sekali untuk ibu rumah tangga tanpa mengganggu keuangan keluarga. Bahkan mulai dari Rp100 ribu saja seorang IRT sudah bisa menjadi lender investasi. Maka dari itu Anda bisa menyisihkan uang belanja bulanan dari suami bila ingin berinvestasi.
  2. Bila dihitung-hitung, imbal hasil investasi peer-to-peer lending ini jauh lebih besar daripada deposito. Bahkan di Modal Rakyat sendiri Anda bisa mendapatkan penawaran imbal hasil dari 15% sampai dengan 25 persen setiap tahun. Sementara itu bila mengandalkan deposito, umumnya bunganya hanya sampai 7% per tahun.
  3. Investasi peer-to-peer lending ini sangat mudah diaplikasikan oleh ibu rumah tangga daripada bisnis lainnya. Karena konsepnya sederhana, yaitu proses pinjam meminjam uang. Sehingga Anda hanya perlu menanam modal saja lalu memantau prosesnya lewat ponsel secara langsung. Dengan begitu Anda bisa mendapat keuntungan setiap tahun.
  4. Bila Anda melakukan investasi yang sudah terdaftar OJK dan legal, otomatis resikonya lebih rendah. Anda tidak perlu khawatir lagi terjerat oleh investasi bodong. Dengan begitu Anda bisa merasa aman dan nyaman saat menjadi lender pada perusahaan P2P pilihan.


Produk Investasi Peer-to-Peer Lending yang Cocok untuk IRT

Sebelum melakukan investasi, sebaiknya pilih fintech yang telah terdaftar resmi OJK. Sehingga setiap proses dan prakteknya selalu diawasi oleh mereka. Dengan begitu resiko yang ditimbulkan menjadi lebih minim karena diawasi otoritas. Jadi jangan sampai rugi karena mengalami penipuan investasi bodong.

Dalam hal ini para ibu rumah tangga harus melek investasi. Karena dengan begitu para ibu rumah tangga bisa mengatur keuangan keluarga lebih baik. Setidaknya jangan lupa memilih produk investasi yang sesuai dengan keuangan keluarga. Jangan lupa memperhatikan resikonya juga.

Karena tidak semua investasi itu membawa keuntungan. Namun bila Anda memilih investasi yang tepat, otomatis perekonomian keluarga menjadi terbantu. Sehingga Anda bisa memutar uang belanja bulanan menjadi kegiatan yang bermanfaat. Karena bisa mendapatkan hasil yang besar pada kemudian hari.

Dengan begitu keuangan masa depan keluarga menjadi terjamin. Dalam hal ini Anda bisa memilih peer-to-peer lending sebagai alternatif investasi yang aman saat ini. Salah satu platform P2P yang aman dan terdaftar OJK adalah Modal Rakyat. Bersama Modal Rakyat, setiap pinjaman beragunan dikontrol oleh orang profesional.

Selain itu, prosesnya juga didukung oleh konsultan manajemen hutang yang sudah tersertifikasi. Sehingga keamanannya sudah pasti terjamin. Selanjutnya untuk imbal hasilnya di sini cukup besar, mulai 15 hingga 25% per tahun. Itupun perhitungannya bersih tanpa biaya admin sekaligus.

Sehingga prosesnya lebih transparan dan durasi pinjamannya pendek mulai dari 1 bulan. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengelola keuangan sebaik mungkin. Yang pasti di sini sepenuhnya dilakukan secara online dan bebas birokrasi. Untuk minimal pendanaannya rendah.

Bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Berkat kehadiran platform P2P Lending Modal Rakyat membuat bisnis UMKM semakin maju dan berkembang dengan baik. Itulah sebabnya Modal Rakyat sering dipilih sebagai alternatif investasi peer-to-peer lending yang menguntungkan saat ini.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru