Bisnis

9 Ide untuk Memulai Bisnis Hewan Peliharaan

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jul 2020

9 Ide untuk Memulai Bisnis Hewan Peliharaan

Apakah Anda suka binatang peliharaan? Apakah Anda mencari peluang bisnis kecil?

Dengan pertumbuhan industri hewan peliharaan, memulai bisnis hewan peliharaan bisa sangat menguntungkan. Semakin banyak orang yang mau menaruh uang mereka di tempat hati mereka berada. Mungkin Anda bisa menjadi salah satu dari mereka?

Berikut 9 ide bisnis hewan peliharaan yang bisa Anda coba.


Baca juga: 5 Tips untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda


Penitipan Hewan Peliharaan

Tempat penitipan hewan peliharaan menjadi yang teratas dalam daftar karena hampir kebutuhan universal untuk itu dan ini adalah bisnis yang sangat fleksibel. Misalnya, jika Anda tinggal di tempat yang cocok di luar kota, Anda dapat menjalankan ini dan orang-orang akan datang kepada Anda untuk menitipkan hewan peliharaan mereka.

Namun, Anda juga bisa pergi ke rumah orang dan merawat kebutuhan hewan peliharaan mereka. Atau Anda dapat menggabungkan bisnis perawatan dengan bisnis penitipan hewan peliharaan.


Pelatihan Hewan Piaraan

Jika Anda seorang pelatih hewan yang terampil dan memiliki minat pada media, bisnis hewan peliharaan yang mengkhususkan diri dalam pelatihan hewan untuk film dan TV mungkin cocok untuk Anda.


Bisnis Pencari Hewan Peliharaan

Apakah Anda tipe orang yang suka memecahkan teka-teki? Mungkin Anda bahkan pernah berpikir untuk menjadi seorang detektif. Jika demikian, Anda mungkin menggunakan keterampilan untuk menjalankan bisnis pencarian hewan peliharaan.

Anda dapat membantu pemilik hewan peliharaan yang bingung mendapatkan kembali hewan yang mereka cintai dan menghasilkan uang saat Anda melakukannya.


Dog Grooming

Dog grooming adalah bisnis hewan peliharaan yang populer, karena grooming adalah salah satu tugas pemilik anjing yang lebih suka membayar orang lain untuk melakukan daripada melakukan sendiri.

Alasan lain untuk popularitasnya adalah, bisnis ini adalah konsep bisnis yang cukup fleksibel. Anda bisa mengoperasikan bisnis dog grooming sebagai layanan panggilan atau menjalankannya di toko Anda sendiri.


Pemandian Anjing

Beberapa orang tidak mau memandikan hewan peliharaan di rumah mereka sendiri. Basah dan berantakan adalah beberapa alasannya.

Bisnis pemandian anjing dapat dioperasikan sebagai bisnis mandiri atau sebagai tambahan untuk bisnis perawatan hewan peliharaan. Atau Anda bisa menjalankan ini sebagai bisnis sendiri, di mana yang Anda sediakan hanyalah fasilitas dan peralatan.


Terapi Pijat Hewan Peliharaan

Ada sektor bisnis hewan peliharaan yang tumbuh terkait dengan kebutuhan mereka yang tidak terlalu mendasar. Ini karena pemilik hewan peliharaan mencari lebih banyak cara untuk membantu hewan peliharaan mereka menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Layanan pijat hewan peliharaan adalah salah satu dari ceruk pasar ini yang tampaknya tumbuh. Anda bisa menawarkan akupunktur, hidroterapi, dan bahkan psikoterapi. Di banyak bidang ini, ada pelatihan khusus terkait hewan peliharaan yang diperlukan untuk menjadi seorang praktisi.


Makanan Hewan

Seperti halnya makanan yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka sendiri, pemilik hewan peliharaan menjadi semakin khawatir tentang kualitas makanan yang dimakan hewan peliharaan mereka. Orang-orang terus mencari makanan hewan peliharaan yang mereka rasa memiliki manfaat kesehatan tambahan

Pada dasarnya ada dua pendekatan untuk bisnis makanan hewan: Anda bisa memproduksi makanan hewan sendiri atau menjadi distributor untuk jenis makanan tertentu. Toko roti anjing, suguhan anjing sehat rumahan, makanan mentah, makanan gourmet — semua ini bisa sangat menguntungkan jika hewan peliharaan (dan pemiliknya) menyukai apa yang ditawarkan.


Toko Pasokan Hewan Peliharaan

Semua jenis hewan peliharaan membutuhkan persediaan dan peralatan, dan pemilik hewan peliharaan sepertinya menyukai kenyamanan untuk dapat berbelanja di satu tempat. Bisnis hewan peliharaan semacam ini tampaknya didominasi oleh waralaba, tetapi masih mungkin untuk memulai perusahaan Anda sendiri dari awal.


Bisnis Potret Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki bakat artistik dan mencintai binatang, Anda dapat memulai bisnis memotret potret hewan peliharaan orang. 

Anda mungkin akan membutuhkan banyak kesabaran selama waktu yang dibutuhkan saat Anda sedang berusaha memotret binatang. Bagaimanapun, banyak orang senang melakukan sesi foto dengan hewan peliharaan mereka kemudian mengunggahnya di media sosial.


Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Umum Dilakukan Bisnis Baru

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru