Bisnis

7 Ide Passive Income yang Bisa Anda Coba Tahun 2021

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Jan 2021

7 Ide Passive Income yang Bisa Anda Coba Tahun 2021

Passive income atau pendapatan pasif merupakan salah satu tujuan yang harus kita capai di tahun 2021. Semakin hari, rasanya semakin sulit mendapatkan pekerjaan, apalagi untuk pekerjaan menjadi karyawan atau pegawai karena persaingan yang semakin ketat. Begitu juga di bidang bisnis yang semakin sulit mendapatkan customer. 

Jika kita tidak bisa bertahan di tengah kondisi seperti ini, maka penghasilan yang kita dapatkan tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perlu adanya penghasilan tambahan agar kebutuhan bisa terpenuhi dan tabungan juga semakin banyak. Itulah mengapa wajib bagi kita untuk memiliki passive income.

Pendapatan pasif memungkinkan kita mendapatkan penghasilan tambahan tanpa menghabiskan banyak waktu sehingga kita bisa fokus pada profesi utama yang sedang dijalani, seperti menjadi pebisnis atau karyawan. Sayangnya, masih banyak orang yang bingung untuk memilih jenis pendapatan pasif menghasilkan dan memiliki prospek terjamin. 


Baca juga: Beda Utang Konsumtif vs Produktif dan Cara Menghindarinya


Membuat Blog atau Membuat Website

Bagi Anda yang suka menulis, blog atau website merupakan media yang tepat untuk menyalurkan hobi. Hobi ini bukan hanya menyalurkan kegiatan yang Anda sukai, tapi juga bisa menjadi passive income. Ketika blog atau website Anda sudah penuh dengan konten menarik, maka Anda tinggal memetik hasilnya. 

Penghasilan dari blog atau website ini bisa didapatkan dari iklan atau adsense, misalnya Google Adsense. Modal yang dibutuhkan untuk membuat blog atau website tidaklah banyak karena hanya dibutuhkan domain, hosting dan upload konten secara konsisten. Semakin berkualitas dan banyak konten, peluang mendapatkan untung semakin besar. 


Membuat Kursus Online agar Bermanfaat Bagi Orang Lain

Memiliki keterampilan atau pengetahuan sebaiknya tidak disimpan sendiri karena pastinya tidak akan bermanfaat. Berbagi pengetahuan dan keterampilan tidak akan mengurangi apa yang Anda punya, bahkan bisa menjadi cara untuk mendapatkan passive income menguntungkan, seperti membuat kursus online sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

Banyak penyedia kursus online yang bisa Anda manfaatkan untuk menyalurkan pengetahuan dan keterampilan, seperti Ruang Guru, Arkademi dan masih banyak lainnya. Anda akan mendapatkan bayaran atau bahkan bisa menetapkan tarif tersendiri atas kursus yang dilakukan dan pendapatan inilah yang disebut passive income.


Menjual Produk Digital di Internet

Sekarang ini, menjual tidak harus dalam bentuk fisik karena zaman sudah berubah menjadi lebih modern dan canggih. Anda bisa membuat produk digital sendiri dan kemudian menjualnya kepada orang lain. Misalnya saja, desain grafis khusus, ebook, foto stok, PDF, materi kursus online dan lain sebagainya. 

Menjual produk digital bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih. Anda bisa menjual produk digital tersebut di blog, media sosial atau marketplace sesuai dengan produk digital tersebut, maka Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. 


Menjadi Influencer atau Youtuber yang Menghasilkan Banyak Uang

Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah influencer atau youtuber, bahkan semakin banyak orang yang bercita-cita menjadi influencer atau youtuber karena dapat menghasilkan banyak uang. Anda bisa memanfaatkan media sosial pribadi untuk menjadi seorang influencer dengan memposting konten berkualitas secara rutin. 

Banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Penghasilan melimpah para Youtuber sukses pasti membuat Anda tertarik ingin menjadi Youtuber. Fokuslah pada menghasilkan konten berkualitas untuk menambah subscribe sehingga media sosial bisa menjadi sumber passive income. 

Misalnya Anda suka memasak, maka Anda bisa membuat video memasak atau menulis berbagai resep menarik. Pembuatan konten bisa disesuaikan dengan hobi atau kemampuan Anda. Semakin populer akun media sosial Anda, maka akan berdatangan orang-orang yang ingin mempromosikan produk atau bisnisnya di media sosial Anda.


Baca juga: 4 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube


Membeli Properti dan Menyewakannya Kepada yang Lebih Membutuhkan

Ide lain yang bisa Anda coba untuk memiliki passive income adalah membeli properti dan kemudian menyewakannya. Investasi properti memang tidak pernah ada habisnya karena Anda bisa mendapatkan keuntungan meskipun sedang melakukan aktivitas lainnya. Namun, modal yang Anda perlukan juga cukup banyak untuk investasi ini. 

Meskipun memiliki tanah tanpa memanfaatkannya, Anda masih bisa mendapatkan untung dari harga jualnya nanti. Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan lahan yang ada dengan membangun suatu rumah atau ruko dan kemudian menyewakannya. Biaya sewa yang dibayarkan setiap bulan atau tahun bisa menjadi passive income. 


Menjadi Developer Digital agar bisa Menambah Penghasilan

Menjadi seorang developer juga bisa menambah penghasilan kita sebagai penghasilan pasif. Pada awal pembuatan aplikasi atau web, Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga tercipta produk berkualitas, seperti theme wordpress, aplikasi game dan lain sebagainya. 

Anda bisa mendapatkan passive income melalui dua cara, yaitu menetapkan tarif atau biaya pada orang yang ingin membeli hasil proyek Anda, baik itu aplikasi maupun website. Cara keduanya adalah dengan membuat aplikasi gratis, tapi Anda bisa mendapatkan uang dari iklan di dalamnya. 

Masih banyak ide kreatif yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pendapatan pasif dan salah satunya adalah dengan berinvestasi. Anda bisa mencoba mendanai di P2P Lending Modal Rakyat. Di sini, Anda bisa berinvestasi dan mendapatkan keuntungan hingga 25 persen per tahun.


Menjual Hasil Fotografi

Bagi para pecinta fotografi, bisa mencoba passive income yang satu ini, yaitu menjual hasil potret Anda. Jangan hapus hasil potret Anda begitu saja, apalagi jika memuat nilai estetika karena hasil potret tersebut bisa menghasilkan. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan saat memotret di suatu acara.

Semakin banyak dan berkualitas hasil potret yang Anda jual maka semakin terbuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif dari cara ini. Terdapat beberapa situs jual beli foto yang paling populer, seperti Fotolia, ShutterStock, Istockphoto dan StockFresh sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual hasil potret.


Baca juga: Cara Memulai Bisnis Fotografi yang Sukses

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru