Bisnis

10+ Ide Usaha Rumahan Tahun 2021 yang Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Jul 2021

10+ Ide Usaha Rumahan Tahun 2021 yang Menguntungkan

Tahun 2021 menjadi tantangan bagi sebagian besar orang yang ingin memulai ide usaha rumahan. Apalagi saat ini masyarakat dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 secara global. 

Meski demikian ada berbagai usaha mandiri yang justru memberikan keuntungan bagi para pengusaha. Ragam bisnis tersebut bisa menjadi jalan bagi banyak orang yang ingin mencoba usaha-usaha baru.


Baca juga: UMKM Menjadi Tonggak Ekonomi Negeri

 

Pertimbangan Berbagai Peluang Ide Usaha Rumahan 

Sebelum memulai ide usaha rumahan tidak ada salahnya Anda mencermati beberapa hal. Misalnya saja bagaimana menangkap peluang yang ada di sekitar Anda agar tidak salah memilih ide bisnis. 

Pertimbangan pertama sebelum menetapkan bisnis adalah melihat trend di kalangan masyarakat. Apakah ide bisnis yang hendak diambil sedang trend dan booming di berbagai tempat termasuk sekitar rumah Anda?

Pertanyaan tersebut penting untuk menentukan besaran peluang saat usaha sudah dijalankan. Menjalankan sebuah bisnis yang kurang populer di masyarakat tentunya memengaruhi minat daya beli nantinya. 

Jika hal ini berlangsung lama bisa jadi ide usaha rumahan yang Anda jalankan tidak akan mengalami perkembangan. Seiring waktu bahkan bisnis tersebut menjadi lesu hingga berujung pailit. 

Pertimbangan selanjutnya yaitu model usaha yang ingin dijalankan nantinya. Saat ini ada berbagai macam model bisnis yang dikembangkan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen milenial. 

Memahami model bisnis adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan di zaman seperti sekarang ini. Masyarakat milenial saat ini cenderung menginginkan hal-hal yang sifatnya praktis. 

Karena itu seorang pengusaha perlu mempertimbangkan hal tersebut demi mendongkrak bisnis untuk jangka panjang. Sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak hanya bertahan sampai tahun 2021 saja.


Baca juga: Menjadi Wirausahawan Sukses Potensi Generasi Milenial


Ragam Ide Usaha Rumahan Tahun 2021 

Jika Anda bisa menemukan peluang yang bagus tentunya hal tersebut akan menguntungkan di masa mendatang. Seperti memilih ide bisnis yang cocok dan menguntungkan di bawah ini. 

Agen Pembayaran Sistem Elektronik

Ide bisnis pertama yang bisa Anda pertimbangkan yaitu menjadi seorang agen pembayaran sistem elektronik. Sesuai namanya usaha tersebut mengandalkan kemampuan Anda dalam membayarkan tagihan dan lainnya.

Sesuai namanya usaha ini lebih cepat mendatangkan cuan karena setiap orang mempunyai tagihan yang harus dibayarkan tepat waktu. Seperti tagihan PDAM, internet, listrik sampai topup untuk dompet digital. 

Usaha Jualan Jajanan dan Kue

Ide usaha rumahan kedua yaitu jualan makanan ringan, jajanan dan kue yang diproduksi sendiri di rumah. Tahukah Anda berjualan makanan merupakan jenis usaha yang tidak pernah sepi peminat. 

Setiap orang tentunya ingin menikmati berbagai menu makanan yang berbeda dan unik serta mempunyai citarasa tinggi. Mulai dari keripik, gorengan dan beragam kue yang dinikmati bersama keluarga. 

Peluang tersebut cocok dikembangkan oleh pebisnis yang mempunyai hobi memasak dan mengolah makanan. Cobalah membuat kue dan memasarkannya lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, serta WhatsApp. 

Usaha Kursus Secara Online 

Di urutan ketiga ialah membuat ide usaha rumahan di bidang layanan jasa namun berbasis online. Saat ini memang persaingan layanan online mengalami peningkatan di banyak sektor. 

Namun jangan khawatir karena Anda bisa memulainya dengan membuka layanan jasa sesuai keahlian. Misalnya seperti kursus multimedia yang menyasar pada pengetahuan pembuatan logo dan desain.

Usaha Jasa Pembuatan Website

Setiap perusahaan atau blogger pemula biasanya membutuhkan bantuan kalangan profesional dalam mengembangkan websitenya. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka layanan jasa pembuatan website di rumah.

Untuk membuka usaha tersebut sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Anda hanya perlu menawarkan jasa pembuatan di media sosial atau perusahaan-perusahaan startup yang ingin membuat website baru. 

Menjual Pernak-Pernik Buatan Sendiri

Ide usaha rumahan yang menjanjikan di tahun 2021 yaitu menjual pernak-pernik buatan sendiri. Bisnis milenial ini cocok dikembangkan oleh generasi muda maupun ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang. 

Pernak-pernik yang bisa dipasarkan lewat media sosial seperti kalung, anting dan cinderamata lainnya. Agar usaha tersebut memiliki pelanggan setia cobalah memasarkannya di beberapa marketplace ternama.

Jasa Penitipan Anak di Rumah

Apakah Anda adalah seseorang yang mempunyai waktu luang besar setiap harinya? Jangan risau karena waktu luang tersebut bisa mendatangkan keuntungan jika Anda memanfaatkannya dengan maksimal.

Misalnya saja ide usaha rumahan jasa penitipan anak pada saat jam kerja. Usaha ini cocok dibuka jika Anda mempunyai lahan rumah atau ruangan kosong dan menyulapnya menjadi tempat penitipan anak.

Usaha Toko Online 

Usaha selanjutnya ialah membuka toko online yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Seperti namanya toko online dapat dikerjakan di rumah tanpa batasan tempat atau waktu.

Semua barang bisa dijual melalui toko online atau marketplace sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Buatlah deskripsi yang menarik pada setiap produk yang Anda tawarkan. 

Usaha Katering di Rumah

Ide usaha rumahan selanjutnya yaitu membuka usaha katering di rumah. Lengkapi menu catering dengan jajanan yang sedang trend di tempat Anda agar pelanggan berdatangan memesannya.

Membuka Salon Rias Pengantin

Di urutan kesembilan adalah membuka salon rias pengantin di sekitar rumah Anda. Usaha ini cocok dikelola oleh Anda yang mempunyai bakat merias wajah seseorang seperti pengantin masa kini. 

Membuka Les Privat untuk Anak

Selain membuka salon rias Anda juga bisa membuat ide usaha rumahan les privat di rumah untuk anak-anak sekolah. Les privat hanya membutuhkan kemampuan mengajar, pengetahuan dan ruangan untuk mengajar. 

Usaha Warung di Depan Rumah

Terakhir masih ada usaha warung yang didirikan di depan rumah. Usaha ini tidak memerlukan modal besar karena hanya menyediakan berbagai keperluan rumah saja seperti sayuran dan bahan pokok. 


Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk Usaha Kecil


Keuntungan Mengembangkan Ide Usaha Rumahan 

Jika berbicara mengenai keuntungan tentu saja setiap bisnis yang dijalankan mempunyai potensi untung yang bervariasi. Tergantung dari keuletan dan tren produk usaha yang Anda jalankan nantinya.

Keuntungan mengembangkan bisnis rumahan adalah tidak perlu mengeluarkan modal besar. Hal tersebut lantaran usaha dikerjakan secara mandiri dan memanfaatkan metode kekinian yang mengandalkan promosi di ruang digital. 

Aktivitas membangun usaha di atas akan lebih menguntungkan jika Anda menginvestasikan sebagian dana. Sehingga dana yang Anda investasikan akan bermanfaat untuk jangka pendek dan panjang. 

Modal Rakyat merupakan platform P2P Lending yang cocok menjadi tempat investasi Anda. Anda bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 25% per tahun sambil mengembangkan ide usaha rumahan di atas.


Baca juga: Jenis Investasi Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru