Finansial

Inilah Jawabannya, Mengapa Berinvestasi Itu Penting?

Paskalia-

21 Jun 2019

Inilah Jawabannya, Mengapa Berinvestasi Itu Penting?

Menjalani kehidupan tidak hanya menerima apa saja yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Namun kita sebagai manusia perlu sebuah perencanaan yaitu investasi untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Bahkan seseorang akan merasakan penyesalan jika tidak memikirkan hal seperti itu.


Definisi Investasi

Ada banyak definisi investasi yang bisa kita lihat di internet maupun sumber lainnya, tetapi maknanya sama saja. Sebagai contoh seseorang yang memiliki penghasilan cukup tinggi lalu menyerahkan asetnya untuk dikelola orang lain dan menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, hal ini disebut investasi.

Jika dirangkum, investasi dapat disebut sebagai tindakan di mana seorang pemilik modal memberikan asetnya untuk diolah orang lain, lalu ia akan mendapat keuntungan sesuai kesepakatan dalam kurun waktu tertentu. Perbedaannya yaitu investasi bisa dilakukan siapapun dan ditujukan ke siapa saja, baik individu, kelompok, atau perusahaan. Namun istilah investasi kerap dipakai di bidang bisnis, yaitu investor yang menanamkan modal untuk diolah perusahaan penerima.


Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Investasi Terbaik Pasti Untung


Alasan Pentingnya Berinvestasi

Anda boleh saja memilih apakah uang atau penghasilan Anda hendak digunakan berinvestasi atau tidak. Namun bisa dilihat banyak bukti menunjukkan investasi adalah kegiatan keuangan yang positif, terutama bagi masa depan. Simak alasannya sebagai berikut.


Mendapatkan Penghasilan Tetap

Kalau Anda berinvestasi, dapat dipastikan Anda akan memiliki pendapatan tetap per bulan. Alasannya modal sudah ditanam ke individu atau perusahaan akan mengembalikan dalam bentuk keuntungan sesuai kesepakatan awal. Pada awal investasi, biasanya Anda dan pihak kedua akan membuat kesepakatan terkait apa saja yang akan dikembalikan ke investor.


Baca juga: Macam-Macam Pinjaman Modal Usaha untuk Merintis Bisnis


Usaha Anda akan Semakin Berkembang

Jika Anda sudah dan sedang menikmati hasil dari investasi yang anda lakukan, saatnya menyisihkan sebagian keuntungan yang didapatkan untuk memperbesar usaha yang tadinya hanya usaha kecil-kecilan saja. Kenapa? Sama saja jika Anda tidak mengembangkan usaha yang sudah dimiliki. Berinvestasi bukanlah kegiatan yang terus menerus dilakukan. Jadi tidak ada salahnya Anda juga memikirkan masa depan dengan hasil investasi yang akan Anda miliki.


Memperoleh Jaminan Bisnis

Anda akan mendapat keuntungan jaminan dari bisnis yang sedang dikelola. Anda tak perlu cemas karena sudah ada kesepakatan awal antara investor dengan penerima modal, terutama terkait keamanan dan jaminan investasinya. Kesepakatan ini disebut dengan kontrak kerja. Sebelum menandatangani kesepakatan, ada baiknya Anda memperhatikan imbal hasil yang akan didapat dalam kurun waktu investasi yang berlangsung.


Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Berinvestasi

Setelah Anda mengetahui alasan kenapa investasi itu penting dan sudah bertekad ingin melakukan kegiatan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai investasi.

Biasanya kegiatan investasi merujuk kepada suatu perusahaan, untuk itu hal-hal berikut akan muncul sebelum Anda melakukan investasi. Jika Anda salah langkah akan berakibat fatal dan Anda akan menyesali jika hal tersebut terjadi. Untuk itu aspek-aspek di bawah ini harus Anda perhatikan saat berinvestasi.


Mengumpulkan Informasi Perusahaan

Pertama, cari tahu informasi terkait perusahaan yang akan Anda danai. Jangan sampai dana yang sudah Anda keluarkan menjadi sia-sia jika perusahaan yang Anda tuju akan gulung tikar.


Terus Pantau Berita Mengenai Saham

Saat ini, media informasi sudah banyak sekali. Koran, majalah, televisi, bahkan internet sekalipun sudah menyediakan segala informasi yang Anda butuhkan. Mengingat Anda hendak berinvestasi, tidak ada salahnya untuk memantau berita mengenai saham.

Apalagi sekarang jamannya sudah sangat canggih, semua teknologi bisa kita rasakan saat ini. Termasuk teknologi untuk mendapatkan informasi tanpa harus repot-repot terjun langsung ke akar permasalahannya.

Seperti yang kita tahu, saat ini bahwa perubahan saham sangat cepat sekali. Naik turunnya saham dapat terjadi dalam hitungan detik. Bahkan saham yang dimiliki seorang investor bisa saja yang tadi tinggi lalu jatuh ke rendah. Untuk Anda sebagai pemegang saham alias investor wajib sekali memiliki informasi terkini mengenai naik turunnya saham

Kalau anda sedang berinvestasi, informasi terkait saham akan selalu dibahas. Nilai saham suatu perusahaan akan menentukan keuntungan Anda. Untuk itu selalu teruslah memantau saham terkait perusahaan tersebut.


Manajemen Modal yang Baik

Dalam melakukan investasi, Anda sebagai investor harus mengatur atau melakukan manajemen modal dengan baik. Caranya adalah jangan memberikan pinjaman modal lewat dari yang diperlukan. Jangan hanya karena memaksakan diri ingin meraup keuntungan yang banyak, Anda memberikan semua uang untuk berinvestasi.

Hal itu akan berdampak buruk, di samping akan mengganggu kebutuhan uang untuk digunakan ke hal yang lain. Tidak selama investasi yang Anda lakukan berjalan lancar. Untuk itu marilah berjaga-jaga dengan mempersiapkan kemungkinan merugi.


Melihat Keadaan Perusahaan

Keadaan perusahaan yang dimaksud di sini adalah apakah perusahaan tempat Anda menginvestasikan dana akan mendatangkan keuntungan atau malah sebaliknya. Jika mendatangkan kerugian, untuk apa Anda harus menanamkan modal di perusahaan tersebut? Ingat, tujuan utama Anda berinvestasi adalah mendapat keuntungan.

Melihat keadaan perusahaan di sini adalah bukan dengan melihat secara sekilas saja, tetapi Anda bisa melihat laporan keuangan dan beberapa aset perusahaan. Nah, dengan begitu Anda akan mudah mengetahui hal yang Anda maksud.

Ini merupakan hal yang penting, Anda harus melihat sendiri keadaan perusahaan berikut nama baik dan kualitas perusahaan.


Apakah setelah Anda membaca penjelasan mengenai investasi di atas tersebut membuat Anda bertekad untuk segera melakukan investasi? Jika memang benar, tetap selalu pastikan hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum memulai investasi Anda.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru