Finansial

Rekomendasi 5 Jenis Investasi Terbaik Pasti Untung

Paskalia-

19 Jun 2019

Rekomendasi 5 Jenis Investasi Terbaik Pasti Untung

Ketika melakukan investasi, Anda menanamkan uang atau sumber daya lain dengan tujuan memperoleh manfaat di masa mendatang. Pendidikan perguruan tinggi, sebagai contoh, bisa disebut salah satu jenis investasi. Anda menginvestasikan waktu (sumber daya) dengan tujuan memperoleh gelar dan hidup mapan setelah lulus (manfaat masa depan). Jika terkait keuangan, inilah beberapa rekomendasi jenis investasi terbaik yang bisa Anda lakukan.


Deposito Berjangka

Jenis investasi yang pertama yaitu deposito berjangka, yakni rekening deposito yang berbunga dengan tenggat waktu sesuai ketentuan, seperti sertifikat deposito (CD). Dana yang disimpan harus tetap dalam akun untuk jangka waktu tertentu untuk menerima tingkat bunga yang dinyatakan. Deposito berjangka merupakan alternatif dari rekening tabungan standar dan biasanya akan membayar tingkat bunga yang lebih tinggi.

Sertifikat deposito adalah jenis rekening tabungan atau instrumen yang dapat dinegosiasikan. Investor mendapat imbal hasil setelah menempatkan dana sesuai waktu yang ditetapkan. CD dikeluarkan oleh bank, serikat kredit, dan lembaga keuangan lainnya.

Baca juga: Investasi Emas VS Investasi P2P, Mana yang Lebih Baik?

Ada banyak jenis CD dengan jangka waktu jatuh tempo berbeda dan persyaratan investasi minimum. Mereka yang membutuhkan setoran awal yang lebih besar biasanya menawarkan pengembalian yang lebih tinggi daripada CD minimum yang lebih rendah.

Investor mendapat keuntungan bunga yang lebih tinggi dengan menggunakan deposito berjangka dibandingkan mereka yang menyimpan tabungan biasa atau giro berbunga. Keuntungan jenis investasi ini investor akan mendapat nilai lebih tinggi. Pasalnya deposito akan terkunci sampai tenggat waktu yang sudah ditetapkan. Sertifikat deposito termasuk jenis deposito berjangka yang memiliki tenggat waktu 30 hari sampai lima tahun.


Properti

Jenis investasi properti adalah pembelian hunian atau tanah yang bertujuan mendapatkan keuntungan modal, misalnya hasil sewa, penjualan balik properti, atau keduanya. Investasi properti dapat berupa usaha berjangka panjang atau jangka pendek seperti dalam kasus flipping, yakni investor membeli real estate, direnovasi, dan dijual dengan laba.

Cara penggunaan investasi properti memiliki dampak signifikan pada nilainya. Calon investor sebelumnya menelaah potensi properti yang akan dibeli dari segi keuntungannya di masa depan, atau penggunaan tertinggi dan terbaik properti. Misalnya, jika investasi properti dikategorikan untuk penggunaan komersial dan residensial, investor menimbang pro dan kontra dari keduanya sampai ia memastikan yang memiliki potensi tingkat pengembalian tertinggi. Kemudian ia menggunakan properti dengan cara itu.


Baca juga: Kenali Risiko Investasi Obligasi sebelum Memulai


Reksa Dana

Jenis investasi reksa dana adalah persediaan modal milik banyak investor yang digunakan untuk secara kolektif membeli sekuritas sementara masing-masing investor mempertahankan kepemilikan dan kendali atas sahamnya sendiri. Dana investasi menyediakan pilihan peluang investasi yang lebih luas, keahlian manajemen yang lebih besar, dan biaya investasi yang lebih rendah daripada yang dapat diperoleh investor sendiri. Transaksi jenis investasi reksa dana dilakukan di bursa, pasar uang, dana lindung nilai, atau campuran.

Dengan dana investasi, investor individu tidak membuat keputusan tentang bagaimana aset dana harus diinvestasikan. Mereka hanya memilih dana berdasarkan tujuan, risiko, biaya, dan faktor lainnya. Seorang manajer dana mengawasi dana dan memutuskan sekuritas mana yang harus dimilikinya, dalam jumlah berapa dan kapan sekuritas itu harus dibeli dan dijual. Dana investasi dapat berbasis luas, seperti dana indeks yang melacak S&P 500, atau dapat difokuskan dengan ketat, seperti ETF yang hanya berinvestasi pada saham teknologi kecil.


Dana Obligasi Pemerintah

Dana obligasi pemerintah adalah reksa dana yang berinvestasi dalam sekuritas utang yang diterbitkan oleh pemerintah AS dan agensinya. Dana tersebut diinvestasikan dalam instrumen utang seperti T-bills, T-note, T-bond, dan sekuritas yang didukung hipotek yang dikeluarkan oleh perusahaan yang disponsori pemerintah seperti Fannie Mae dan Freddie Mac.

Jenis investasi ini tepat bagi investor yang enggan mengambil risiko. Dana ini juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk investor pemula dan mereka yang mencari arus kas.

Namun, seperti reksa dana lainnya, dana itu sendiri tidak didukung pemerintah dan memiliki risiko seperti fluktuasi suku bunga serta inflasi. Jika inflasi naik, daya beli bisa berkurang. Jika suku bunga naik, harga obligasi yang ada turun. Jika suku bunga turun, harga obligasi yang ada naik. Risiko tingkat bunga lebih besar untuk obligasi jangka panjang.

Saham dana obligasi sangat likuid, tetapi nilainya berfluktuasi tergantung pada tingkat suku bunga.


Dana Obligasi Kota

Pada dana obligasi kota, Anda berinvestasi dalam sejumlah obligasi kota yang berbeda yang dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian dan lokal. Keuntungan yang didapat biasanya tidak terkena pajak pendapatan pemerintah daerah.

Menurut Otoritas Pengatur Industri Keuangan (FINRA), obligasi murni dapat dibeli secara individu, melalui reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF). Anda berdiskusi dengan penasihat keuangan sebelum memilih jenis investasi yang sesuai.

Jenis investasi ini sangat bagus untuk investor pemula karena mereka memberikan eksposur yang terdiversifikasi tanpa investor harus menganalisis obligasi individu. Obligasi kota juga bagus untuk investor yang mencari arus kas.

Risikonya adalah obligasi individual memiliki kemungkinan gagal bayar, artinya penerbit tidak dapat melakukan pembayaran lebih lanjut atau pembayaran pokok. Kota dan negara bagian tidak sering bangkrut, tetapi itu bisa terjadi. Obligasi juga dapat callable, artinya penerbit mengembalikan pokok dan mengundurkan diri dari obligasi sebelum tanggal jatuh tempo obligasi. Hal ini menyebabkan hilangnya pembayaran bunga di masa depan kepada investor.

Memilih jenis investasi ini memungkinkan Anda untuk menyebarkan potensi risiko gagal bayar dan pembayaran di muka dengan memiliki sejumlah besar obligasi, sehingga meredam pukulan kejutan negatif dari sebagian kecil portofolio.

Anda dapat membeli atau menjual saham dana Anda setiap hari kerja. Selain itu, Anda biasanya dapat menginvestasikan kembali dividen pendapatan atau melakukan investasi lain kapan saja.


Itulah beberapa rekomendasi investasi terbaik yang lumayan sering digunakan. Selamat mencoba, ya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru