Finansial

Bisnis

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Fintech

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jan 2021

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Fintech

Istilah finansial technology atau yang lebih dikenal dengan fintech semakin marak terdengar di Indonesia. Sesuai dengan namanya, istilah ini merujuk pada aktivitas finansial alias keuangan dengan sentuhan inovasi teknologi. Hal ini sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang menuntut aktivitas serba cepat, mudah, dan efisien.

Peran teknologi dalam pelayanan keuangan kini semakin dirasakan oleh banyak kalangan masyarakat. Misalnya saja, sekarang siapapun bisa menanamkan uang atau berinvestasi dengan cara yang sangat mudah. Hanya mengandalkan smartphone, internet, serta download aplikasi, aktivitas investasi sudah dapat dilakukan dari mana saja.

Bayangkan jika Anda harus pergi ke bank untuk mendaftarkan diri lalu mengisi formulir yang sangat panjang dan rumit. Atau hendak mengajukan pinjaman guna memulai sebuah bisnis UMKM. Dengan kehadiran perusahaan fintech, semua aktivitas keuangan tersebut dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Semua bisa dilakukan dengan cara online menggunakan perangkat smartphone. Berbagai kemudahan yang diberikan perusahaan financial technologi tentunya menjadi suatu kelebihan tersendiri. Namun perlu juga diketahui bahwa perusahaan teknologi finansial juga memiliki sejumlah kekurangan. Pembahasan selengkapnya akan kami paparkan di bawah ini.


Baca juga: Daftar Fintech Lending yang Terdaftar di OJK (2020)


Mengenal Fintech yang Ada di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan financial technology, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu perusahaan-perusahaan fintech yang ada di Indonesia. Perkembangan financial technology yang didominasi oleh segmen startup semakin pesat dan mendapat perhatian dari berbagai kalangan masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan zaman menuntut efisiensi serta kecepatan dalam pelayanan keuangan. Itulah mengapa startup-startup yang menyediakan layanan finansial berupa pinjaman online, produk investasi, metode pembayaran dengan uang digital, hingga perencanaan keuangan semakin tumbuh berkembang. Kemunculan perusahaan tersebut tentu diharapkan menjadi akselerator bagi peningkatan literasi keuangan serta kesejahteraan masyarakat.

Beberapa startup fintech yang berkembang pesat di negara Indonesia misalnya platform Fintech Lending dengan produk pinjaman onlinenya. Contoh Peer-to-Peer (P2P) Lending yang bisa menjadi alternatif pilihan adalah Modal Rakyat. Jenis startup lainnya yaitu perusahaan penyedia dompet digital dan uang elektronik seperti Go-Pay, Dana, hingga OVO.

Ada juga teknologi finansial yang menyediakan produk investasi bagi masyarakat seperti Bareksa atau Bibit dengan reksa dananya. Sedangkan jenis lainnya berupa market aggregator seperti CekAja dimana Anda dapat membandingkan berbagai produk keuangan. Jenis financial technology lainnya yaitu investment management seperti Finansialku yang membantu perencanaan keuangan Anda.


Kelebihan Financial Technology yang Perlu Diketahui

Di bawah ini adalah beberapa daftar kelebihan yang dimiliki oleh financial technology.


Kemudahan Pelayanan

Salah satu kelebihan yang paling menonjol pada fintech adalah kemudahan pelayanan. Perusahaan yang menerapkan inovasi teknologi semakin mudah dalam memberikan layanan kepada konsumennya. Di sisi lain, konsumen juga mendapat keuntungan memperoleh layanan lebih mudah. Misalnya transaksi pembayaran yang dapat dilakukan secara online dengan smartphone.


Memperoleh Informasi dengan Cepat

Kelebihan financial technology juga mampu menyediakan informasi yang dapat diakses pengguna secara cepat. Misalnya Anda ingin memperoleh update info tentang pinjaman atau investasi tertentu. Dengan jaringan internet dan aplikasi smartphone, informasi tersebut bisa didapatkan saat itu juga. Dengan kata lain teknologi finansial juga memungkinkan masyarakat memperoleh informasi secara murah.


Proses Pelayanan Cepat

Kelebihan fintech lainnya yang dapat Anda rasakan adalah proses pelayanan keuangan begitu cepat. Misalnya dalam pengajuan pinjaman, transfer dana, hingga validasi credit score. Sebelum adanya teknologi di bidang finansial, semua proses tersebut memerlukan waktu yang cukup lama sehingga tidak efisien.


Menjamin Keamanan Data Pengguna

Meskipun pelayanan keuangan dilakukan secara online, namun tidak perlu khawatir dengan keamanan data Anda. Semua data yang dihimpun oleh perusahaan financial technology terpercaya dijamin keamanannya. Hal ini karena adanya fitur keamanan seperti enkripsi, data biometrik, dan sebagainya.


Mengutamakan Efisiensi

Kelebihan lain pada fintech adalah unsur efisiensi yang sangat diutamakan. Aplikasi teknologi finansial menyediakan fitur-fitur penting yang dibutuhkan konsumen. Anda dapat mengatur keuangan secara tepat dengan bantuan yang diberikan. Selain itu, terdapat layanan notifikasi yang memudahkan pengguna dalam pembayaran tagihan dan sebagainya.


Baca juga: Memilih Fintech Pinjaman untuk Modal Usaha? Begini Solusinya


Kekurangan Financial Technology

Di bawah ini adalah beberapa daftar kekurangan dari financial technology:


Membutuhkan Gadget dan Koneksi Internet

Pelayanan dalam fintech mewajibkan pengguna untuk memiliki gadget seperti smartphone, tablet, atau komputer. Selain itu, berbagai layanan di teknologi finansial hanya bisa diperoleh jika gawau Anda sudah terkoneksi dengan internet. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kedua hal tersebut bukan lah menjadi kendala yang berarti.


Memerlukan Pengetahuan tentang Internet

Untuk merasakan layanan dari perusahaan financial technology, Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang penggunaan internet. Sementara pelaku bisnis maupun individu yang belum melek internet akan sulit mengakses pelayanan keuangan dari fintech. Untuk itu, diperlukan pemerataan literasi tentang teknologi dan internet di masyarakat.


Berpotensi Terjebak Penipuan

Di satu sisi, kehadiran teknologi finansial memberikan keamanan bagi pengguna. Namun di sisi lain masih terdapat potensi penipuan pada sektor ini. Setiap pengguna harus lebih jeli dalam memilih layanan yang dibutuhkan. Dengan begitu praktik penipuan tidak semakin merajalela dan memakan banyak korban.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru