Finansial

Memilih Fintech Pinjaman untuk Modal Usaha, Begini Solusinya

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Nov 2020

Memilih Fintech Pinjaman untuk Modal Usaha, Begini Solusinya

Fintech seakan tidak pernah berhenti memberikan inovasi dan kemudahan pada masyarakat. Salah satunya sebagai tempat bertemunya peminjam dan investor yang menanamkan modal. Memang pinjam meminjam bukan istilah baru lagi kebanyakan orang di era milenial. Hampir semua orang sering mendengar istilah tersebut di kehidupan sehari-hari. 

Financial technologi dianggap sebagai tren inovasi perkembangan layanan keuangan di berbagai negara. Satu di antara banyak negara yang memiliki perkembangan pesat di sektor investasi adalah Indonesia. Lihat saja hingga kini bermunculan perusahaan yang menyebut dirinya sebagai penyelenggara pinjam meminjam uang dengan financial technologi. 

Mewabahnya perusahaan berbasis financial tentunya disebabkan karena adanya peluang dari masyarakatnya sendiri. Banyak perusahaan fintech yang berdiri dengan beragam tawarannya. Kehadirannya menjawab tantangan sekaligus peluang besar atas kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Wajar saja karena setiap hari selalu ada orang yang membutuhkan pinjaman.

Kehadiran perusahaan finansial membawa angin segar bagi banyak orang. Terutama untuk mereka yang menginginkan pinjaman modal dengan cepat dan juga praktis. Kendati demikian tetap ada penyeleksian para peminjam modal lewat online. Tujuannya agar menyaring borrower yang benar-benar membutuhkan dana segar untuk kebutuhan usahanya.


Baca juga: Ciri Khusus Fintech Legal yang Aman untuk Investasi Anda


Alasan Meminjam di Perusahaan Fintech

Kebanyakan orang akan menjawab dengan jawaban bervariasi saat ditanya mengenai alasan meminjam dana. Salah satu  alasannya adalah kurangnya modal untuk bisa mengembangkan usaha. Hal ini sering dialami oleh para pengusaha menengah dan kecil. Modal dirasa menjadi kebutuhan pokok dalam mengembangkan usaha.

Jika awal pembuatan usaha hanya memerlukan modal kecil namun belum tentu hal tersebut sama saat fase pengembangan. Disebut pengembangan berarti usaha tersebut sedang dikembangkan. Misalnya cakupan pemasarannya yang semakin meluas hingga ke mancanegara. Ada pula fase berkembang yang mengarah pada produksi mandiri.

Kehadiran fintech di tengah tantangan bisnis tentu menguntungkan. Bahkan adanya inovasi tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Selain perihal pengembangan bisnis ada alasan lain kebanyakan orang meminjam modal secara online. Seperti kebutuhan pembiayaan sekolah yang biasanya cukup besar. 

Biaya sekolah yang terkadang dadakan menjadikan kebanyakan orang tua khawatir. Apalagi jika nominalnya tidak sedikit tentu orang tua harus memutar otak agar mendapatkan tambahan dana. Inilah kesempatan bagi para orang untuk mendapatkan modal cepat. Salah satu caranya dengan menjadi borrower di layanan pinjam meminjam dana.


Manfaat Pinjam Modal di Perusahaan Fintech

Jika berbicara mengenai manfaat financial technologi tentu beragam. Pasalnya memang tidak hanya peminjam saja yang bisa merasakan manfaat pinjam meminjam secara online. Investor yang mengalokasikan sejumlah uang pun turut merasakan keuntungannya. Seperti keuntungan dari investasi tersebut yang diambil lewat bunga pinjaman. 

Bagaimana dengan manfaatnya bagi para peminjam? Salah satu manfaatnya adalah bunga yang tetap aman bagi para peminjam modal. Meminjam modal dengan cara apapun biasanya tidak lepas dari adanya bunga.

Besaran bunga tergantung dari kebijakan masing-masing penyelenggara layanan fintech. Sehingga besaran pastinya tidak dapat ditentukan sendiri.

Selain kebijakan masing-masing penyelenggara masih ada faktor yang mempengaruhinya. Seperti jumlah uang yang Anda pinjam untuk keperluan modal. Berbeda jumlah nominal uangnya akan menentukan total bunga per bulan yang harus Anda setorkan. Bunga inilah yang justru menjadi keuntungan bagi investor. 

Manfaat lainnya sifat praktis yang memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman tanpa harus bertemu banyak orang. Hal ini dikarenakan semua aktivitas pinjam meminjam dilakukan secara online. Anda pun bisa lebih menghemat waktu lantaran tidak perlu datang ke kantor. Lebih-lebih menyiapkan anggaran untuk akomodasi ke kantor layanan fintech.


Proses Pengajuan Menjadi Peminjam

Sebelum mengajukan diri sebagai peminjam modal penting bagi Anda untuk memperhatikan langkah-langkah pendaftarannya. Pertama Anda harus mendaftar sebagai peminjam dana pada halaman website perusahaan. Pada tahapan ini Anda harus menunggu verifikasi data oleh petugas. Verifikasi dimaksudkan agar mendapatkan kesesuaian data. 

Setelah data berhasil diverifikasi Anda dapat mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan pada layanan fintech. Langkah Anda belum berhenti karena masih harus menunggu persetujuan pinjaman. Setelah permohonan pengajuan pinjaman diterima kini giliran perusahaan menggalang dana. Penggalangan dana dimaksudkan agar kebutuhan pinjaman Anda terpenuhi.

Pada proses tersebut peminjam harus menunggu beberapa waktu. Tentunya sampai dana yang digalang terkumpul sesuai dengan jumlah kebutuhan modal Anda. Barulah dana pinjaman akan dikirimkan kepada Anda. Setelah dana diterima tugas Anda adalah mencicil tagihan pinjaman sebelum jatuh tempo atau batas waktu.


Fintech Modal Rakyat Solusi Pinjam Dana

Peer to peer lending di bawah PT Modal Rakyat Indonesia menghadirkan layanan pinjam uang dengan mudah. Aktivitas pinjam meminjam yang menjadi bagian dari layanan dan investasi Modal Rakyat resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Fungsinya memastikan tidak ada penyelewengan pinjaman sesuai peraturan OJK nomor 77/POJK.

Mengapa pinjam dana di Modal Rakyat bisa jadi solusi? Alasan pertama karena bunga pinjaman pada masing-masing peminjam disesuaikan dengan tingkatan risiko usaha. Bunganya juga cenderung kompetitif apabila dibandingkan dengan fintech lainnya. Alasan kedua yaitu proses persetujuan untuk pengajuan pinjaman yang sangat cepat. 

Pada pengajuan awal terdapat proses survei dan analisa dari pihak Modal Rakyat. Termasuk perihal penentuan tingkatan risiko yang menentukan suku bunga pinjaman. Pengajuan pinjaman yang dilakukan di Modal Rakyat berlangsung selama kurang lebih lima hari kerja. Alasan ketiga yaitu pengajuan pinjaman mudah. 

Tidak hanya perihal pinjaman saja yang bisa Anda lakukan di Modal Rakyat. Investasikan modal uang Anda dengan minimal modal awal Rp25.000. Keuntungan yang didapat bisa mencapai 25% setiap tahun. Jadi, tidak perlu risau berinvestasi karena fintech P2P Lending di Modal Rakyat cocok untuk Anda pertimbangkan. 


Baca juga: Milenial Berani Investasi? P2P Lending Bisa Menjadi Pilihan Terbaik

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru