Finansial

Inilah Risiko Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Kabrina Rian Ferdiani-

24 Jul 2020

Inilah Risiko Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis pilihan investasi yang dapat dijalankan, salah satunya yaitu investasi emas. Investasi yang satu ini tentunya dapat memberikan Anda keuntungan di masa mendatang khususnya secara finansial. Dengan melakukan investasi secara tepat dan konsisten, Anda dapat mencapai target tujuan hingga beberapa tahun ke depan.

Meski demikian, perlu Anda pahami bahwa di balik aktivitas investasi tak hanya terdapat keuntungan saja. Ada berbagai risiko dalam setiap investasi yang perlu Anda ketahui. Hal ini juga berlaku jika Anda memilih komoditas emas sebagai sumber investasi. 

Baca juga: Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kaum Milenial?

Karena tak ada satu pun investasi di dunia ini yang tanpa risiko. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak menjadikan risiko investasi sebagai hambatan atau halangan dalam melakukannya. Meskipun dikenal sebagai investasi aman, namun nyatanya tetap ada risiko yang perlu dihadapi investor.

Saat memilih menggelontorkan dana untuk membeli emas, investor wajib memahami beberapa risiko yang akan dihadapi agar mampu menghindari kerugiannya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa risiko investasi emas yang perlu Anda ketahui.


Memerlukan Ruang Penyimpanan Khusus

Sudah umum diketahui bahwa emas merupakan komoditas logam mulia yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan tempat khusus untuk menyimpan logam mulia tersebut. Tentunya hal ini menjadikan Anda sebagai investor dalam investasi emas perlu memutar otak untuk menemukan tempat penyimpanan yang aman.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari berbagai gangguan. Di samping itu, jika memutuskan memilih emas sebagai instrumen investasi, tentunya Anda akan membeli emas lagi dan lagi dalam jumlah berbeda-beda sesuai budget yang ada. 

Di satu sisi, penambahan emas ini tentunya sangat memuaskan bagi Anda. Namun, di sisi lain tentunya jumlah yang semakin banyak akan membutuhkan tempat ekstra. Apalagi jika emas tersebut berupa emas batangan yang secara umum memiliki bentuk dan ukuran lebih besar jika dibandingkan emas perhiasan. 

Tak hanya tempat penyimpanan yang lebih besar, Anda juga memerlukan pengamanan ekstra seiring semakin tingginya nilai investasi emas yang Anda miliki saat ini. Untuk itu, Anda wajib memiliki tempat khusus untuk menyimpan semua emas tersebut. 

Pilihlah brankas khusus dengan kombinasi kode rahasia yang hanya Anda ketahui agar penyimpanan tetap aman. Jika tak ingin ambil risiko, tak ada salahnya Anda memanfaatkan layanan safe deposit box yang ditawarkan bank demi keamanan aset emas Anda.


Bahaya Risiko Kehilangan Jika Tidak Bijak

Apabila Anda tidak mampu memenuhi keamanan penyimpanan, maka risiko berikutnya yang dapat Anda alami dalam investasi emas adalah kehilangan emas tersebut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa emas adalah logam mulia yang harganya menggiurkan. Maka, logam yang satu ini kerap mengundang aksi pencurian atau bahkan perampokan. 

Bahkan pencurian emas pun dapat terjadi meskipun penyimpanannya sudah di dalam brankas yang aksesnya sangat terbatas. Apalagi jika jenis investasi emas yang Anda miliki berupa emas perhiasan, risiko kehilangannya biasanya juga besar. Perhiasan berbahan emas biasanya dipakai sebagai aksesoris yang mempercantik penampilan.

Pemakaian perhiasan emas yang berlebihan tentunya dapat mengundang niat buruk orang jahat untuk melakukan pencurian atau penjambretan. Jika Anda ingin mengenakan perhiasan emas yang dimiliki, hendaknya tidak memakainya secara berlebihan. Selain itu, perhatikan pula tempat yang akan Anda kunjungi.

Langkah paling aman adalah mengenakan perhiasan emas di acara-acara penting saja. Kalaupun perhiasan tersebut telah menjadi identitas Anda, sebaiknya tetap berhati-hati. Intinya, apapun bentuknya, emas tetap memiliki risiko hilang baik akibat dicuri ataupun ceroboh saat menyimpannya. Untuk itu, Anda perlu tetap waspada dan hati-hati. 


Waspadai Investasi Emas Bodong

Di era yang serba digital ini ada banyak pihak yang menawarkan kerja sama investasi dengan berbagai promosi menarik dan meyakinkan, namun justru cenderung tak masuk akal. Penawaran investasi dengan keuntungan selangit tanpa memberikan informasi secara detail adalah indikasi investasi bodong yang harus Anda waspadai. 

Meskipun zaman kian modern, ternyata praktik investasi bodong masih saja ditemukan. Dan ada pula masyarakat yang termakan tawaran tersebut sehingga mengalami banyak kerugian. Investasi emas juga merupakan salah satu incaran para perusahaan abal-abal dengan memberikan janji palsu kepada calon investor.

Anda patut mengetahui bahwa praktik seperti ini masih saja bisa terjadi. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu berhati-hati dan cermat sebelum menerima sebuah tawaran investasi. Cari tahu sebanyak-banyaknya profil dan rekam jejak pemberi penawaran investasi tersebut. Karena menyuntikkan modal ke instansi abal-abal hanya akan berbuah kerugian.


Bersifat Jangka Panjang

Investasi emas ini merupakan pilihan yang dianjurkan untuk jangka panjang. Jadi, bagi Anda yang hendak berinvestasi namun menginginkan keuntungan dalam jangka pendek, investasi ini dinilai kurang cocok. Artinya, untuk memilih investasi ini Anda perlu memiliki tujuan jangka panjang.

Misalnya seperti naik haji, membeli rumah, atau menyiapkan biaya pendidikan anak. Emas memang dikenal sebagai instrumen investasi yang lebih likuid. Anda dapat menjualnya dan mendapatkan uang tunai kapan saja. 

Namun, hasil keuntungan investasi emas ini jika dijalankan dalam waktu singkat tidak bisa memberikan nilai yang besar. Lain halnya jika Anda mulai mengumpulkan emas selama beberapa tahun. Selisih harga emas dari tahun ke tahun inilah yang akan memberi keuntungan tersendiri bagi investor. 

Akan tetapi, jika Anda memiliki tujuan investasi emas dalam jangka waktu beberapa bulan saja, hasil yang diperoleh kemungkinan tidak terlalu signifikan. Sebaiknya simpan emas Anda dalam beberapa tahun lalu menjualnya kembali di saat yang tepat.

Setiap investasi memang selalu memiliki risiko. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak menjadikan risiko tersebut sebagai batu ganjalan yang menggagalkan rencana investasi untuk beberapa tahun ke depan. Jadikan risiko tersebut sebagai tantangan tersendiri yang dapat memotivasi Anda untuk membuat perencanaan dan strategi investasi emas lebih baik.


Baca juga: Keuntungan Investasi Emas yang Jarang Disadari Kebanyakan Orang

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru