Finansial

Bisnis

Investasi Emas VS Investasi P2P, Mana yang Lebih Baik?

Paskalia-

24 Jul 2019

Investasi Emas VS Investasi P2P, Mana yang Lebih Baik?

Sampai saat ini, berinvestasi memang sudah seperti menjadi sebuah keharusan. Salah satu investasi yang diminati sejak dulu adalah investasi dalam bentuk emas. Namun, bukan berarti investasi lain tidak bagus dan menguntungkan, contohnya adalah investasi P2P. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai Investasi Emas vs Investasi P2P dari kelebihan dan kekurangan masing–masing.


Apa itu Investasi Emas VS Investasi P2P?

Seperti yang Anda ketahui, investasi adalah kegiatan penanaman aset modal oleh perorangan atau perusahaan pada sebuah perusahaan lain untuk memperoleh keuntungan dalam periode waktu tertentu. Lalu, bagaimana dengan Investasi Emas vs Investasi P2P itu sendiri? 


Baca juga: Investasi Peer to Peer Lending Untuk Milenial


Investasi Emas

Investasi emas adalah salah satu alternatif investasi dengan mengumpulkan logam mulia. Banyak sekali orang yang sudah menginvestasikan uangnya ke dalam emas untuk masa depan hidupnya. Investasi emas sendiri merupakan investasi yang lebih aman jika dibandingkan dengan investasi yang lainnya termasuk juga investasi dalam tabungan. Alasannya adalah karena memang kendali investasi ada di tangan Anda sendiri, meskipun tidak terpengaruhi pasar agar tetap dikatakan sebagai aset. Emas merupakan aset nyata, sama halnya dengan uang itu sendiri.


Investasi Peer to Peer (P2P)

Investasi Peer to Peer (P2P) adalah platform digital yang mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dengan pendana yang mengharapkan adanya keuntungan yang tinggi. Pihak yang mengajukan pinjaman biasanya adalah para pelaku UMKM. Sedangkan si pemberi pinjaman bisa siapa saja, termasuk Anda dan orang-orang di sekeliling Anda sebagai investor individu.

Dalam berinvestasi antara Investasi Emas vs Investasi P2P ada kelebihan serta kekurangannya masing–masing yang mana kedua investasi ini akan menguntungkan Anda juga.


Keuntungan Berinvestasi Emas

Agar lebih tahu perbedaan antara Investasi Emas vs Investasi P2P, kita akan membahas dari keuntungannya dulu. Semua pasti akan setuju investasi emas termasuk investasi yang sangat menarik. Emas atau logam mulia sejak dulu menjadi benda yang likuid alias mudah dicairkan dalam bentuk uang. Investasi ini tidak pernah surut ketenarannya sejak dulu karena punya fondasi yang begitu kuat. Yang lebih menguntungkan adalah emas dapat ditukar di mana saja, mau Anda bawa ke luar negeri pun tetap bisa ditukar menjadi uang. Hal itu karena emas diakui oleh dunia menjadi salah satu alat tukar yang berlaku sampai hari ini.


1. Bebas pajak

Emas merupakan salah instrumen investasi yang dikenai pajak juga. Namun, pajaknya cenderung murah. Anda akan dibebankan pajak ketika membeli emas secara langsung. Anda tidak menyadarinya karena harga emasnya sudah sekalian untuk membayar pajak, jadi seolah-olah Anda bebas dari pajak yang dibebankan terhadap Anda. Dengan begini Anda pun tidak perlu khawatir lagi soal pembayaran dan pelaporan pajak emas. Aturannya di Indonesia rata-rata berlaku seperti itu.


Baca juga: Investasi Reksadana VS Investasi P2P, Mana yang Lebih Untung?


2. Melindungi nilai kekayaan

Harga emas yang cenderung stabil membuat emas digemari oleh banyak orang sejak lama. Fungsinya yang utama adalah dapat melindungi nilai kekayaan Anda ketika diperlukan. Ketika ekonomi dunia mengalami kemerosotan tajam, di saat investasi lain mengalami penurunan, emas yang biasanya akan melejit sendiri. Harga emas bisa saja turun, tapi penurunannya tidak akan terlalu jauh dari harga awal, jadi Anda tidak akan merasa merugi ketika menjualnya.

Namun, tentu saja emas akan menguntungkan saat Anda menjualnya di harganya yang sedang tinggi. Oleh karena itu logam mulia ini sangat cocok menjadi sumber dana darurat Anda.

Untuk memiliki logam mulia ini Anda tidak perlu repot-repot mengumpulkan uang yang banyak dulu karena beberapa lembaga keuangan menyediakan tabungan emas. Di produk itu Anda bisa mencicil untuk memiliki emas yang Anda inginkan. Hal ini berbeda dengan perhiasan emas yang biasanya harus Anda bayar secara tunai. Ini adalah salah satu keuntungan berinvestasi emas yang bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya.


Kekurangan Berinvestasi Emas

Meski begitu, setiap jenis investasi tidaklah sempurna karena berinvestasi emas sendiri juga terdapat kekurangannya, dan berikut ini adalah kelemahan investasi emas.


1. Harga yang cenderung berubah-ubah

Meski harga emas cenderung mengalami peningkatan, hal itu tidak terjadi setiap waktu. Ada kalanya harga emas mengalami penurunan sesuai dengan keadaan perekonomian di satu waktu itu. Untuk itu Anda perlu memperhatikan harga pasaran emas ketika ingin membeli atau menjualnya agar tidak mengalami kerugian.

2. Risiko kehilangan yang cukup tinggi

Logam mulia harus disimpan di tempat yang aman karena Anda berisiko mengalami pencurian. Akan sangat baik jika Anda punya tempat khusus untuk menyimpannya yang tidak diketahui oleh siapapun. Atau Anda bisa menyimpannya dengan menyewa brankas di bank atau lembaga keuangan terpercaya, tapi tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk hal itu. 


Keuntungan Investasi P2P

Sebagai perbandingan antara Investasi Emas vs Investasi P2P, sekarang kita akan membahas tentang investasi P2P yang semakin banyak peminatnya ini. Anda pun akan lebih mengetahui perbedaan antara Investasi Emas vs Investasi P2P. Dimulai dari keuntungan yang akan Anda dapatkan di investasi ini.


1. Akses pinjaman yang lebih mudah

Keuntungan P2P yang pertama adalah memudahkan untuk akses terhadap peminjaman. Semua proses peminjaman dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor P2P Lending-nya terlebih dahulu. Prosesnya pun cepat dan verifikasi juga dilakukan sangat mudah. Anda tidak perlu menunggu lama pengajuan Anda diterima atau tidak. 

2. Diversifikasi Investasi

Pembiayaan P2P Lending saat ini menjadi salah satu instrumen yang cocok dilakukan bersamaan dengan instrumen lainnya, contohnya saja investasi emas atau investasi lainnya yang Anda minati. Hal ini membuat Anda melakukan diversifikasi investasi yang sangat disarankan oleh para ahlinya untuk mengontrol risiko yang menghantui Anda.

Risiko akan selalu mengintai di investasi apa saja, untuk itulah diperlukan diversifikasi investasi. Termasuk di Investasi Emas vs Investasi P2P.  Ketika salah satu instrumen investasi untung, sedangkan yang lain mengalami kerugian, modal Anda tetap bisa terselamatkan karena Anda tidak sepenuhnya mengalami kerugian. Ketika seluruh instrumen investasi Anda mendapatkan keuntungan, tentu akan menjadi momen menyenangkan bagi Anda.


Itulah beberapa poin mengenai Investasi Emas vs Investasi P2P yang dapat Anda jadikan referensi dalam menginvestasikan uang Anda. Semoga bermanfaat.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru