Finansial

Investasi Ini Dapat Membantu Kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro

Kabrina Rian Ferdiani-

20 Jul 2020

Investasi Ini Dapat Membantu Kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro

Investasi atau penanaman modal ini menjadi bahan perbincangan di semua kalangan karena sering kali dianggap sebagai solusi untuk mengatur keuangan dengan baik dan untung. Mungkin Anda salah satu orang yang tertarik dengan sistem penanaman modal yang menguntungkan ini. 

Penanaman modal sering kali dikaitkan dengan keuntungan investor yang cukup menjanjikan, tergantung dengan jenis penanaman modal yang dilakukan. Untuk itu, Anda harus bisa memilih penanaman modal seperti apa yang akan dipilih. Pelajari kelebihan dan kekurangan dari penanaman modal tersebut dan apa keuntungan yang akan didapat. 

Salah satu investasi yang banyak memberikan keuntungan adalah P2P Lending, bahkan jenis ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi investor, tapi juga bagi yang menerima dana tersebut. Penanaman modal P2P Lending ini biasanya diikuti oleh para pelaku usaha mikro sebagai penerima dana yang akan dapatkan keuntungan.


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Akses Peminjaman Dana yang Mudah

Dalam dunia UMKM, investasi merupakan hal baru yang bisa memberikan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM. Meskipun hal baru, tapi banyak keuntungan yang bisa diberikan dari penanaman modal yang dilakukan oleh investor. Salah satunya adalah akses peminjaman dana yang mudah, khususnya di era digital seperti sekarang. 

Pada umumnya, untuk mendapatkan pinjaman dana maka peminjam harus memberikan jaminan tertentu. Jaminan inilah yang akan memudahkan mereka mendapatkan pinjaman dana sesuai yang dibutuhkan. Namun, sekarang ini sudah banyak program yang tidak menyertakan jaminan sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman dana dari investor.

Seperti yang kita tahu, masih banyak pelaku UMKM yang berada dalam kondisi sulit sehingga untuk mendapatkan jaminan saja sulit bagi mereka. Padahal usaha yang dijalankan memiliki prospek dan potensi yang bagus. Untuk itu, investasi P2P Lending bisa menjadi pilihan untuk mengakses pinjaman dana dengan mudah.


Mendapatkan Tempat untuk Memperkenalkan Produk Usahanya

Sebagai pelaku UMKM yang sedang merintis, tentu sangat penting bagi mereka untuk memperkenalkan produk usahanya. Meskipun banyak media yang bisa digunakan untuk memperkenalkan produk tersebut, seperti media sosial, media cetak, dan lainnya. Akan tetapi, tidak mudah untuk bisa mendapatkan investasi P2P Lending dari para investor.

Kebanyakan investor pasti akan memilih perusahaan atau bisnis yang sudah memiliki produk yang terkenal atau booming agar keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. Sangat jarang ada orang yang dengan sengaja mencari UMKM yang belum memiliki banyak pelanggan atau produk usaha sebagai penerima dana investor.

Namun, adanya investasi P2P Lending secara online memudahkan para pelaku UMKM untuk mendaftarkan diri sebagai penerima dana dari para investor tersebut. Dalam hal ini, mereka memiliki akun yang memperkenalkan usaha dan produknya kepada calon investor agar menarik minat mereka untuk memilihnya sebagai penerima dana.


Pendanaan Cair dengan Cepat

Tidak mudah bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman dana demi perkembangan usahanya. Banyak syarat dan tahapan yang harus dilalui oleh pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman dana. Setelah mendapatkan persetujuan peminjaman dana, belum tentu para pelaku UMKM langsung bisa mendapatkan dana tersebut. 

Terkadang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menggunakan dana tersebut demi kelangsungan bisnis UMKM. Berbeda dengan investasi P2P Lending yang memang diperuntukkan agar pelaku bisnis mendapatkan modal dengan mudah dan cepat. Apalagi jika penanaman modal tersebut dilakukan secara online maka prosesnya akan lebih cepat. 

Anda tidak perlu melakukan pengajuan dengan berbagai macam syarat dan proses yang lama karena apabila Anda sudah mendaftarkan diri sebagai penerima dana, maka investor yang akan mencari penerima dana dengan tepat. Apabila usaha Anda memenuhi kualifikasinya, maka ia akan memberikan dana investasi kepada usaha Anda.


Bisnis Jadi Lebih Berkembang dengan Suntikan Modal

Dalam menjalankan bisnis, bukan hanya bagian awal yang membutuhkan modal, tapi juga selama keberlangsungan bisnis itu pun juga masih membutuhkan modal agar bisnis terus mengalami peningkatan. Sayangnya, tidak mudah untuk mendapatkan suntikan modal yang cukup, apalagi untuk bisnis yang masih berkembang atau UMKM.

Pengajuan pinjaman dana sering kali ditolak karena UMKM yang dipandang sebelah mata sebagai penerima dana pinjaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi sejak ada investasi P2P Lending yang memudahkan pelaku UMKM untuk mendapatkan suntikan modal. Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk mengembangkan bisnis. 

Pencairan dana yang cepat dan mudah juga menjadi alasan mengapa investasi ini bisa memberikan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM. Kini, pelaku UMKM tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan. Bahkan, dengan modal ini, usaha yang dijalankannya bisa menjadi lebih maju dan berkembang.


Mendapatkan Semangat untuk Berusaha Lebih

Mendapatkan pinjaman dana ternyata bukan hanya memberikan modal untuk investasi dan mengembangkan usaha yang dimilikinya, tetapi juga memberikan dukungan bagi pelaku UMKM secara psikis. Tidak mudah menjalankan usaha mikro di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Jika tidak ada semangat sebagai pelaku bisnis, bisa saja mereka menyerah.

Keinginan investor untuk memberikan modal kepada pelaku UMKM turut memberikan semangat dan dukungan kepada mereka agar bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih maju dan menguntungkan. Dengan semangat inilah para pelaku UMKM akan lebih berusaha keras untuk memberikan keuntungan bagi para investor yang menanamkan uangnya pada mereka. 

Jadi, kedua pihak yaitu investor dan pelaku UMKM yang mendapatkan dana juga akan merasakan keuntungan dari investasi P2P Lending. Untuk itu, Anda harus bisa memilih tempat menanam modal dengan tepat agar bisa membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Masih banyak keuntungan lain yang akan didapatkan pelaku UMKM atas suntikan dana yang diberikan oleh investor. Apakah Anda ingin jadi investor yang mampu memberikan kesejahteraan bagi pelaku UMKM sekaligus mendapatkan untung? Percayakan saja pada Modal Rakyat karena kami siap menjadi wadah bagi Anda untuk melakukan investasi.


Baca juga: 10 Karakter yang Dimiliki Pemilik Usaha Kecil yang Sukses

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru