Finansial

Bisnis

Investasi Jangka Pendek Cerdas di Peer-to-Peer Lending

Paskalia-

25 Jul 2019

Investasi Jangka Pendek Cerdas di Peer-to-Peer Lending

Bagi para pelakon baru di bidang investasi, investasi jangka pendek bisa menjadi pilihan tepat untuk permulaan. Mayoritas para investor pemula berasal dari kaum milenial yang sudah menyadari betapa pentingnya melakukan investasi sejak dini. Metode ini sangat baik bagi pemula yang sedang dalam proses belajar untuk mengetahui lebih jauh investasi jangka pendek.

Investasi jangka pendek merupakan investasi yang memiliki rentang waktu pencairan keuntungan secara singkat, yakni dibawa satu tahun. Ada beberapa jenis instrumen dalam investasi jangka pendek yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Mengikuti perkembangan perekonomian kreatif di dunia, menyebabkan semakin bertambah jenis-jenis instrumen dalam investasi. Jenis-jenis investasi jangka pendek yang terpopuler antara lain deposito, saham dan valuta asing (forex) dan yang menjadi terobosan terbaru saat ini P2P atau peer-to-peer lending.


Baca juga: Cara Mudah Menghitung Keuntungan Investasi


Peer-to-peer lending adalah salah satu instrumen investasi jangka pendek dengan keuntungan yang menggiurkan. Modal yang ditanamkan bisa dimulai dari Rp. 100.000 saja. Itu adalah alasan utama kenapa investasi cocok untuk Anda yang menjadi pemain baru di dunia investasi. Investasi P2P Lending kini banyak dilirik para millennial. Sistem inovasi berbasis financial technology ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi peminjam, tapi investor pun ikut merasakan keuntungan dari investasi P2P Lending.

Kelebihan dari investasi model terbaru ini adalah tersedianya platform yang user friendly, yang bisa langsung dimengerti oleh milenial dalam sekali lihat. Selain itu, prosesnya termasuk cepat. Bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus mendatangi kantor jasa P2P Lending.

Platform P2P Lending memberikan cara bagaimana praktisnya proses pinjam meminjam tanpa Anda harus bertatap muka, serta bisa dilakukan dalam jarak jauh. Persentase bunga pun dapat ditentukan sendiri oleh Anda sebagai pemilik dana. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih situs simpan pinjam terkait yang mungkin bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan.

Mari kita bahas keuntungan dari peer-to-peer lending ini. Ada beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika memilih peer-to-peer lending sebagai investasi jangka pendek seperti berikut ini:


Jangka Waktu Pinjaman Pendek

Keuntungan pertama dari peer-to-peer lending ini adalah jangka waktu pinjaman yang pendek sehingga tidak akan terlalu membebani Anda sebagai peminjam. Jika Anda memilih menjadi investor, Anda bisa mendapatkan keuntungan di waktu singkat, yaitu dalam kurun waktu setahun saja. 

Namun, Anda bisa juga memberikan pinjaman dengan jangka waktu selama hampir 2 tahun. Bukan hanya itu saja, sebagai investor atau pemberi pinjaman, Anda berhak mengambil kembali dana investasi tersebut kapan saja jika memang Anda sedang membutuhkan untuk keperluan lainnya. 


Risiko Lebih Rendah Dibandingkan Investasi Lain

peer-to-peer lending bisa menjadi pilihan investasi jangka pendek dengan tingkat risiko yang terbilang rendah jika kita membandingkannya dengan investasi seperti saham. Kendati demikian, tentu ada pihak dari perusahaan P2P Lending yang bertugas memastikan agar meminimalisir terjadinya gagal dalam pelunasan pinjaman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir selama proses investasi uang akan hilang begitu saja karena ada proteksi dana.


Baca juga: Meminimalkan Risiko Investasi di P2P Lending


Pengembalian Seperti Gajian Bulanan

Sistem ini pasti Anda sukai, yaitu peminjam akan mengembalikan dana yang Anda pinjamkan padanya beserta bunga yang menjadi keuntungan Anda. Anda pun seolah-olah mendapatkan gajian yang biasa dibayar bulanan. Untuk Anda yang senang dengan pemasukan bulanan seperti ini, tidak ada salahnya memilih P2P Lending yang bisa membuat keinginan Anda jadi nyata. Anda jadi bisa mendapatkan hasil investasi dengan ritme yang teratur.


Nilai Pengembalian Bisa Lebih Tinggi

Pada peer-to-peer lending investasi jangka pendek, nilai pengembaliannya masih terbilang lebih tinggi. Suku bunga yang ditawarkan cukup menggiurkan, dan tentu kesempatan ini sangat sayang untuk Anda tidak manfaatkan. Terutama bagi Anda yang sedang punya keperluan untuk jangka pendek. 

Namun, kondisi ini juga bergantung pada platform pinjaman yang telah Anda pilih. Maka Anda disarankan memilih perusahaan yang tepat yang tentunya sudah terdaftar dan profesional untuk menginvestasikan dana Anda dalam investasi peer-to-peer lending berjangka pendek.

Selain memiliki banyak manfaat, investasi peer-to-peer lending jangka pendek ini terdapat beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui sebagai investor pemula. Beberapa kelemahannya yaitu:  

  • Kebanyakan instrumen investasi jangka pendek belum bisa diandalkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Selain dikarenakan stabilitasnya belum menentu, efek bunga secara berulang yang didapatkan juga tidak memiliki progress yang signifikan.
  • Margin keuntungan dari investasi berjangka pendek ini tidak terlalu besar dibandingkan investasi jangka menengah dan jangka panjang. 
  • Seiring berjalannya waktu, sistem ini kurang memiliki nilai atau value yang bertambah tinggi sehingga prospek investasi di masa depan pun kurang menjanjikan.
  • Platform P2P Lending akan lebih cocok untuk pinjaman dalam jumlah kecil. Selain mencegah tagihan yang tinggi, waktu pelunasan pinjaman kecil prosesnya lebih cepat dibandingkan pinjaman dalam jumlah besar.

Bila dibandingkan dengan pengajuan pinjaman ke bank, koperasi atau sektor swasta lainnya, proses mengajukan pinjaman pada platform P2P Lending terbilang sangat mudah. Syarat dan ketentuan yang diperlukan juga sederhana, seperti tujuan penggunaan dana dan laporan keuangan usaha. Meskipun sangat mudah, masih ada penolakan yang sering terjadi pada peer-to-peer lending ini. Ada banyak faktor yang menjadi alasannya seperti laporan keuangan usaha yang belum memenuhi syarat, atau pun kesalahan dalam mendeskripsikan usaha.


Semua investasi memang menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Namun, dibalik keuntungan tersebut, ada pula kerugian yang bisa terjadi dari investasi yang telah Anda pilih.

Oleh karena itu, ada baik bila Anda lebih mengenali kebutuhan Anda, pelajari informasi lebih banyak dari perusahaan yang Anda pilih serta Anda pahami instrumen investasi berjangka apa yang lebih menguntungkan untuk dipilih. Dengan pemikiran yang matang, Anda akan lebih mudah menentukan investasi dana Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari perusahaan yang tepat pula.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru