Finansial

Investasi Properti untuk Mencapai Tujuan Keuangan Impian

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Mar 2021

Investasi Properti untuk Mencapai Tujuan Keuangan Impian

Investasi properti memang menjadi salah satu cara berinvestasi yang bisa menjadi pilihan. Terutama untuk investor yang memiliki dana atau modal cukup banyak. Jika memiliki dana terbatas namun ingin berinvestasi dalam bidang properti, maka masih ada cara yang bisa dilakukan seperti KPR atau kredit pemilikan rumah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi menjadi hal yang sangat diminati oleh banyak orang untuk mencapai tujuan keuangan baik jangka pendek maupun panjang. Jika Anda adalah investor pemula, tentu saja penting untuk membekali diri dengan pengetahuan mengenai jenis instrumen investasi, keuntungan maupun risikonya. Berikut tips dalam berinvestasi dalam bidang properti.


Baca juga: Investasi Properti vs Saham: Mana yang Lebih Baik?


Menyiapkan Dana untuk Investasi Properti

Langkah awal yang dapat dilakukan oleh investor untuk investasi properti adalah menyiapkan dana atau modal. Dana menjadi hal krusial dalam pembelian aset properti berupa rumah, apartemen, tanah maupun vila. Dana yang perlu disiapkan adalah mulai dari uang muka atau down payment, uang tanda jadi maupun cicilan.

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk memenuhi kewajiban pembayaran terhadap aset rumah yang baru saja dibeli. Mulai dari biaya akta notaris, pajak, akta jual beli hingga biaya peralihan hak atas tanah dan bangunan. Semua biaya tersebut merupakan kewajiban untuk calon pemilik aset rumah. Anda perlu memahami hal tersebut agar dapat mempersiapkannya dengan baik.

Jangan sampai hanya mempersiapkan dana untuk uang muka maupun cicilan setiap bulan. Namun tidak menyiapkan biaya lain yang menjadi kewajiban calon pemilik rumah. Untuk investasi properti, uang muka pembelian aset yang dilakukan melalui pengembang atau developer, pada umumnya sudah terdapat kesepakatan mengenai jumlahnya. 

Jika membeli aset melalui pasar sekunder, umumnya sudah ada ketentuan besaran persentase untuk uang muka. Pengetahuan tersebut perlu dipahami agar dapat menyediakan dana dengan baik sehingga siap berinvestasi menggunakan aset tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.


Memilih Developer Properti yang Terpercaya 

Memilih developer atau pengembang rumah terpercaya menjadi salah satu tips investasi properti. Hal ini sangat penting dilakukan agar mendapatkan aset rumah impian untuk berinvestasi dengan hasil terbaik. Oleh karena itu sangat penting mengetahui kiprah, track record maupun pengalaman developer dalam mewujudkan aset rumah impian.

Agar Anda juga tidak mudah tertipu dengan developer abal-abal atau tidak bertanggung jawab. Mengingat kasus pembelian rumah di developer yang tidak bertanggung jawab juga masih terjadi. Bahkan pembeli harus menanggung kerugian ratusan juta rupiah karena rumah yang dijanjikan oleh developer tidak kunjung terwujud. Tentu saja hal ini menjadi kerugian sangat besar.

Anda perlu mencari informasi lebih detail mengenai profil maupun portofolio developer terkait agar mendapatkan pengembang terbaik. Selain itu juga mencegah risiko developer yang melakukan penipuan.


Baca juga: Pilih Investasi Jangka Panjang Berupa Tanah atau Rumah


Survei Harga di Pasaran agar Calon Pembeli Tidak Tertipu

Survei harga menjadi hal penting dalam melakukan investasi properti. Hal ini diperlukan agar calon pembeli tidak tertipu dan justru membeli harga aset terlampau mahal. Oleh karena itu sangat penting untuk mengecek harga aset bangunan seperti rumah yang umum di pasaran. Anda dapat melakukannya dengan mencari informasi di internet mengenai referensi harga.

Anda juga dapat mengecek kondisi aset bangunan secara langsung untuk dapat memperkirakan harga umum yang berlaku di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada orang yang ahli atau memiliki pemahaman dalam bidang properti.


Memilih Lokasi Properti yang Strategis

Dalam melakukan investasi properti, sangat penting untuk memilih lokasi aset strategis. Hal ini dibutuhkan agar mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Terutama jika Anda menginginkan aset yang dapat menghasilkan passive income. Tentu pemilihan lokasi strategis menjadi daya tarik calon konsumen.

Lokasi strategis dapat menjadi nilai atau poin plus dalam berinvestasi. Hal ini tentu saja berpengaruh pada nilai jual aset. Jika lokasi aset di tempat yang mudah dijangkau serta berada di pusat keramaian, tentu saja akan berpotensi banyak dipilih oleh calon pelanggan. Sebelum Anda membeli properti, sangat penting untuk melihat lokasi secara langsung.


Baca juga: Pahami Risiko Investasi Properti untuk Dapat Mengatasinya


Fasilitas Properti Penting untuk Diperhatikan

Tips lain dalam melakukan investasi properti adalah fasilitas yang disediakan oleh pengembang atau developer. Fasilitas rumah seperti gerbang rumah, dapur, kolam renang, taman, ruang tamu dan lain-lain penting diperhatikan untuk meningkatkan penjualan atau penyewaan properti. Jika fasilitas memadai, tentu saja akan lebih mudah menarik calon pelanggan yang menyewa atau meningkatkan harga jual.

Fasilitas lain seperti sistem keamanan seperti CCTV maupun security juga membuat nilai jual aset meningkat. Di era yang semakin marak adanya kasus kriminalitas, sangat penting untuk melengkapi rumah dengan sistem keimanan memadai. Beberapa hal tersebut perlu Anda lakukan pengecekan dengan seksama untuk mendapatkan aset impian.


Mengajukan KPR sebagai Langkah Investasi Properti

Langkah investasi properti yang dapat dilakukan adalah mengajukan KPR atau kredit pemilikan rumah. Terutama untuk Anda yang ingin berinvestasi bidang properti namun memiliki kesulitan modal. Cara KPR bisa menjadi alternatif pilihan. Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu kepada beberapa bank untuk mendapatkan nilai angsuran dan buka sesuai kemampuan.

Jika mengajukan sistem KPR, hal tersebut bisa menjadi bentuk keseriusan Anda kepada agen properti maupun penjual rumah. Karena Anda sudah menjamin dapat melakukan pembayaran terhadap properti yang sudah dibeli. Anda dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki untuk mencegah kegagalan pembayaran.

Anda juga perlu menyiapkan dana tambahan sebelum akad KPR dilakukan dengan pihak bank. Hal itu memang menjadi kewajiban yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Tips untuk investasi dalam bidang properti memang diperlukan agar dapat mencapai tujuan keuangan impian. Selain itu membuat Anda siap terhadap risiko investasi properti yang mungkin akan terjadi ke depannya.


Baca juga: Investasi Emas vs Investasi Properti, Pilih yang Mana?


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungan.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru