Finansial

Alasan Investasi Saham Penting untuk Anak Muda

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jul 2020

Alasan Investasi Saham Penting untuk Anak Muda

Saham merupakan instrumen investasi yang kini makin diminati kebanyakan orang. Termasuk salah satunya adalah kalangan anak muda milenial seperti saat ini. Investasi kini disebut memiliki peluang yang besar dalam mendatangkan keuntungan. Tidak heran jika banyak anak muda yang kemudian memilih mencoba berinvestasi.

Tidak hanya itu, istilah tersebut bisa juga diartikan sebagai produk dari pasar modal. Investor menyebutkan bahwa investasi yang satu ini cocok untuk jangka panjang. Tapi tahukah Anda mengapa kini banyak anak muda yang memilih investasi? Rupanya salah satu alasannya adalah karakteristik investasi tersebut yang praktis.

Memang saat ini generasi milenial selalu menginginkan banyak hal yang sifatnya praktis. Begitu pula dengan saham yang dinilai lebih praktis dijalankan. Meski ada beberapa skill yang harus dilatih dalam bermain investasi. Latihan menjadi poin penting dalam menjalankan bisnis ini agar bisa menghasilkan keuntungan besar. 

Bagi gerenasi milenial mendapatkan keuntungan besar di usia muda memang menggiurkan. Apalagi jika hal tersebut merupakan hasil kerja keras saat masih muda. Tidak hanya itu saja, ada banyak faktor yang menjadi alasan Anda bermain investasi saat ini. Seperti beberapa alasan di bawah ini.


Baca juga: 5 Alasan Kenapa Muda Tetap Butuh Asuransi Kesehatan


Saham Investasi Masa Depan

Salah satu alasan mengapa anak milenial sekarang perlu mempertimbangkan investasi adalah perihal masa depan. Bisa dibilang menginvestasikan sejumlah dana pada jenis instrumen yang tepat sama dengan menabung. Menabung untuk masa depan adalah hal yang penting dilakukan selagi masih berusia muda.

Sayang sekali jika tabungan yang Anda miliki dialokasikan hanya untuk perihal yang kurang bermanfaat saja. Padahal uang tersebut dapat Anda jadikan sebagai modal berbisnis saham. Bayangkan dalam kurun waktu tertentu uang tersebut bisa menghasilkan keuntungan besar. Apalagi investasi tersebut cocok dilakukan dalam waktu yang lama. 

Keuntungan dalam bermain instrumen ini didapat dari capital gain. Artinya laju kenaikan harga di pasar akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Tidak hanya keuntungan dari capital gain saja yang nantinya dapat Anda raih. Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan dalam bentuk dividen dari investasi yang dilakukan. 

Keuntungan dividen artinya Anda mendapatkan pembagian laba dari sebuah perjalanan perusahaan. Pada saat memiliki saham pada perusahaan tertentu Anda berhak mendapatkan pembagian laba. Tentunya laba didapat dari perjalanan perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan keuntungan ini sebelumnya Anda harus memiliki hal ini sehingga hasil baginya mengalir. 


Investasi dengan Modal Kecil 

Pada dasarnya investasi dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun, dari semua investasi yang dipilih tentunya investor ingin mendapatkan keuntungan. Termasuk para milenial yang mencoba peruntungan dengan bermain investasi. Bahkan saat ini instrumen investasi berkembang pesat sehingga Anda perlu memilah mana yang mendatangkan laba besar. 

Tidak hanya perihal keuntungan yang menjadi alasan meningkatnya peminat pemain saham di kalangan milenial. Alasan lainnya adalah karena investasi tersebut dilakukan dengan modal minim. Umumnya investor mempertimbangkan jenis instrumen investasi yang dapat dilakukan dengan modal minim. Salah satu di antaranya adalah investasi milenial. 

Tahukah Anda jika investasi ini dapat mendatangkan keuntungan meski hanya dengan modal yang sangat minim. Investasi tersebut bahkan memiliki persentase keuntungan yang tinggi dan menjanjikan. Bahkan di saat Anda hanya menggelontorkan modal yang minim lantaran masih pemula. Bisa dibilang modal tersebut relatif kecil untuk jenis investasi.

Investasi saham bukan rahasia umum lagi memerlukan modal kecil. Bayangkan, Anda bisa berinvestasi dengan menggelontorkan modal sebesar Rp100.000 saja. Hal tersebut lantaran harga lembaran surat berharga dimulai dari kisaran ratusan ribu saja. Menariknya lagi bahkan ada metode angsuran untuk pembelian lembarannya.


Waktu Investasi Fleksibel 

Salah satu hal yang perlu Anda garis bawahi saat memulai investasi adalah waktu. Tentunya saat masih muda kegiatan yang Anda lakukan tidak hanya berinvestasi saja. Banyak kegiatan yang perlu dikerjakan selagi masih muda. Misalnya seperti kuliah, berjualan, bisnis hingga bekerja untuk mencari pengalaman.

Lantas jika Anda melakukan segala aktivitas tersebut kapan waktu untuk berinvestasi? Bukankah Anda harus fokus dalam berdagang saham yang dipilih? Bahkan Anda perlu mencari trik agar berhasil mengumpulkan keuntungan dari investasi tersebut. Tentunya Anda memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk berlatih. 

Namun, ternyata hal tersebut tidaklah benar lantaran investasi saham yang satu ini sangat fleksibel. Sesuai dengan istilahnya investasi modern milenial ini praktis dilakukan. Artinya Anda bisa melakukannya tanpa perlu menyisihkan waktu yang lumayan banyak. Apakah Anda perlu meluangkan waktu setiap hari selama 24 jam untuk investasi?

Tentu saja jawabannya adalah tidak karena Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk melihat peluang keberhasilan. Anda hanya perlu menerapkan sejumlah trik agar peluang yang Anda dapatkan tidak lost. Tidak hanya itu Anda juga tidak memerlukan waktu banyak saat melihat perkembangan pasar saham


Investasi yang Aman Dijalankan 

Banyak kalangan menyebut berinvestasi memerlukan skill yang memadai. Tujuannya adalah agar tidak terjebak pada peruntungan sesesat yang berujung pada kerugian besar. Tahukah Anda jika bermain saham juga termasuk investasi yang aman dijalankan. Apalagi bagi kalangan milenial yang ingin menabung namun takut merugi. 

Hal ini karena investasi tersebut memiliki sisi transparansi yang lumayan kuat. Transaksi pada investasi memiliki basis satu payung saja. Sehingga semua orang dapat menjalankan investasi tanpa harus terbebani dengan risiko pailit. Terlebih untuk perihal sabotase atau penipuan yang mengatasnamakan investasi modal minim. 

Pada akhirnya kalangan anak muda adalah generasi yang tepat untuk memulai investasi. Lebih-lebih dalam hal menjalankan investasi digital seperti sekarang ini. Untuk jangka panjang tentunya investasi yang dipilih perlu mendapat perhatian. Salah satunya investasi saham yang cocok untuk tabungan di hari tua. 


Baca juga: Toxic Relationship Berpengaruh Pada Kesehatan Finansial? Yuk, Ketahui Faktanya!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru