Bisnis

Manfaatkan IPTEK Melalui Bisnis Online, Tanpa Modal Untung Menjanjikan

Kabrina Rian Ferdiani-

12 Nov 2020

Manfaatkan IPTEK Melalui Bisnis Online, Tanpa Modal Untung Menjanjikan

Teknologi yang semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial melalui bisnis online. Di era milenial sekarang semua aktivitas tidak lepas dari internet maupun gadget, mulai dari belajar, bekerja, dan sebagainya. Terutama di tengah guncangan pandemi yang mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara daring.

Sebagai pengguna teknologi, Anda bisa mendapatkan timbal balik yang menguntungkan. Internet bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis ataupun membangun usaha dari awal. Ada berbagai peluang bisnis bisa Anda bangun sesuai minat tanpa modal besar, salah satunya sebagai freelancer

Freelancer merupakan bisnis online sangat populer dan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Anda bisa membuat blog sendiri atau melalui platform jasa penulisan. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan besar dengan memanfaatkan skill dan hobi. Banyak kesempatan bisnis yang terbuka lebar sesuai keinginan pelaku usaha masing-masing.

 

Baca juga: Be Creative, Menghasilkan Uang Bukan Cuma Soal Ijazah!

 

Penulis Artikel SEO dan Placement Review

Artikel SEO merupakan konten paling bagus untuk meningkatkan traffic rating. SEO menjadi kunci sukses bagi blog maupun website dengan rating tinggi di mesin pencarian. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi penulis konten artikel SEO. Artikel tidak hanya enak dibaca, namun harus mematuhi kaidah SEO agar bisa terdeteksi di halaman awal Google.

Bisnis online sangat cocok untuk kalangan pelajar, karyawan maupun untuk ibu rumah tangga yang sedang mencari tambahan uang. Selain mudah dan fleksibel, penulis konten SEO tidak membutuhkan modal apapun. Cukup dengan internet dan laptop saja, Anda bisa mengembangkan skill menulis sekaligus menghasilkan pundi rupiah.

Bisnis freelance lain yang bisa memanfaatkan IPTEK adalah Artikel Placement Review. Review Artikel sangat penting untuk mendongkrak kualitas website. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan artikel placement review terhadap jasa atau produk yang ada dalam website.

Berbeda dengan penulis SEO, Anda hanya perlu melakukan promosi kepada pengunjung website terkait jasa atau produk yang dijual. Selain mereview produk, Anda harus mendapatkan link untuk kepentingan SEO Google. Sebelum memulai bisnis online ini, pastikan Anda sudah memahami aturan placement agar tidak terkena pinalty dari pihak Google.

 

Kunci Sukses Menjadi Penulis Artikel SEO

Sebagai bisnis menguntungkan, penulis harus mengetahui ketentuan dan kaidah penulisan SEO. Artikel tersebut tidak sama seperti artikel lainnya, baik dari isi, format maupun gaya bahasa yang digunakan. SEO memiliki ketentuan terkait jumlah kata dalam artikel maupun paragrafnya, serta mengandung kata kunci atau keyword.

Keyword merupakan jantung bagi artikel SEO agar bisa terbaca online mesin pencari. Penguasaan materi penulisan tersebut menjadi syarat utama  untuk menjadi penulis artikel SEO. Jika Anda sudah menguasai aturan tersebut, peluang ini menjadi bisnis online menjanjikan dengan reputasi baik.

Ada beberapa niche yang bisa Anda pilih sesuai minat dan kemampuan. Hal ini akan mempengaruhi hasil tulisan Anda. Artikel akan semakin dalam dan berkualitas, jika lebih spesifik. Artikel SEO banyak dicari kalangan blogger maupun website dengan harga cukup memuaskan. 

Bisnis online sebagai penulis harus memperhatikan deadline yang sudah ditentukan. Jika pekerjaan Anda tepat waktu, tentu akan membuat klien senang dan puas. Jangan lupa untuk mengecek plagiarisme tulisan agar artikel benar-benar asli dan berkualitas. Artikel SEO yang baik mampu bersaing untuk mendapatkan traffic tinggi di halaman pencarian.

 

Peluang Penulis Artikel SEO Ditengah Teknologi

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, peluang bisnis makin terbuka lebar. Ada banyak website dan blog yang membutuhkan asupan konten untuk setiap harinya. Situs-situs besar harus mempublikasikan artikel secara rutin, sehingga mereka membutuhkan penulis untuk mengisi websitenya.

Kondisi ini tentu memberikan kesempatan emas bagi Anda yang ingin menjual skill menulis. Beberapa situs yang menawarkan peluang konten artikel SEO adalah Project.co.i, situs Sribulancer, situs Fiverr, dan masih banyak lagi. Dalam situs tersebut, Anda bisa menentukan sendiri project yang akan dikerjakan dengan fee sesuai keinginan.

Peluang bisnis online ini juga melebar ke berbagai website besar perusahaan atau internet marketing. Anda bisa menawarkan jasa penulisan di Forum SEO yang merupakan pasar berpotensial bagi para internet marketers. Harga artikel tergantung dari kualitasnya, Anda bisa mendapatkan harga fantastik sebagai konten yang menarik.

Masih banyak website yang menawarkan jasa penulisan artikel, baik itu blog maupun website freelancer. Penulis artikel SEO termasuk bisnis online yang sangat menjanjikan, terutama di tengah pandemi sekarang. Semua kegiatan bisnis dilakukan via daring, sehingga banyak perusahaan yang melakukan promosi dan marketing melalui konten website.

 

Keuntungan Penulis Artikel SEO

Sebenarnya tidak ada standar pasti dalam menentukan harga artikel SEO yang Anda buat. Harga tersebut tergantung pada jumlah kata yang ditulis dalam satu artikel. Anda bisa menentukan tarif per kata dalam tulisan, sehingga semakin banyak kata yang ditulis, harga artikel semakin mahal. 

Bisnis online ini bisa mendatangkan keuntungan hanya dengan satu artikel. Jika topik yang ditulis lebih spesifik, harga yang ditawarkan tentu semakin mahal. Selain itu, kualitas tulisan juga harus diperhatikan. Penulisan yang baik memiliki gaya tulisan menarik, enak dibaca, dan dapat menembus Google Search.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan sebagai penulis artikel SEO adalah menambah pengetahuan dan wawasan. Penulis pasti harus membaca informasi dan referensi sebelum menulis, sehingga secara tidak langsung pengetahuan Anda akan bertambah. Bisnis online ini tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi memberi kesempatan diri untuk berkembang.

 

Baca juga: Edukasi Finansial dari Drama Korea Populer

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru