Finansial

Istilah Investasi Saham yang Unik bagi Investor

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jul 2020

Istilah Investasi Saham yang Unik bagi Investor

Saham memang menarik untuk diperbincangkan bagi kalangan profesional maupun milenial. Bagi kalangan profesional, investasi tersebut terbilang instrumen penanaman modal yang menguntungkan. Sementara bagi kalangan muda layaknya generasi milenial, investasi tersebut terdengar keren untuk dipilih. Di balik investasi tersebut rupanya terdapat istilah menarik bagi para investor. 

Menjadi seorang investor tentu terdengar keren bagi banyak orang. Apalagi jika embel-embel investor tersebut disematkan pada kalangan muda. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu poin yang dibanggakan saat bertemu dengan orang. Inilah yang menjadi daya tarik bagi kaum milenial masa kini. 

Selain keuntungan berlimpah dengan menanamkan modal, investor muda mempunyai embel-embel yang keren. Bayangkan jika Anda sendiri menyandang sebagai investor muda berbakat dan sukses. Tentu hal tersebut bisa menjadi kebanggaan di hadapan teman-teman. Instrumen saham memang semakin memperlihatkan perkembangan di tiap tahunnya. 

Bahkan di banyak Negara, investasi tersebut menjadi primadona bagi semua kalangan. Saat Anda memulainya penting sekali untuk mencermati berbagai istilah. Hal ini dilakukan agar Anda tidak salah memaknai istilah yang diberlakukan. Seperti beragam istilah unik di bawah ini yang membawa Anda menjadi investor sukses. 


Baca juga: Perkembangan dan Kelebihan Investasi Saham di Indonesia


Pasar Saham 

Istilah pertama yang akan Anda temui saat pertama kali menanamkan modal investasi adalah pasar. Tentu saja istilah tersebut memang terdengar tidak asing bagi semua orang. Termasuk orang awam yang baru pertama kali bermain investasi ini. Bahkan pasar menjadi istilah yang sering Anda dengar di kehidupan sehari-hari. 

Hampir semua orang di dunia melakukan aktivitas jual beli pada suatu tempat yang disebut dengan pasar. Pada era modern ini, pasar sudah mengalami perkembangan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya mall yang menjadi tempat jual beli berbagai barang. Namun, tahukah Anda terdapat istilah pasar saham

Istilah tersebut tidak jauh berbeda dengan yang biasa Anda sebut saat berbelanja. Pasar dalam hal ini merupakan tempat aktivitas jual beli para investor. Sederhananya, semua investor akan bertemu dan saling berdagang di sebuah pasar. Apakah pasar tersebut memiliki bentuk fisik layaknya yang Anda lihat?

Tentu saja jawabannya adalah tidak karena pasar saham yang dimaksud berbentuk virtual. Artinya Anda menjual dan membeli dalam bentuk virtual atau online. Pasar tersebut juga menjadi tempat Anda melihat perkembangan terbaru di bidang penanaman modal. Biasanya pasar divirtualisasikan lewat aplikasi untuk para investor. 


Perusahaan Sekuritas 

Memulai menanamkan modal tanpa mencermati istilah-istilah yang sering digunakan sangatlah berbahaya. Pasalnya, setiap aktivitas jual beli terjadi dengan mengikutsertakan istilah. Apa jadinya jika Anda tidak mengenali istilah yang digunakan dalam investasi tersebut? Tentunya hal tersebut bisa berdampak pada salah ambil keputusan. 

Anda barangkali terjebak dengan istilah yang justru merugikan investasi saham. Jika ini terjadi pada saat awal memulainya tentu berdampak pada jangka panjang. Oleh sebab itu, Anda perlu mencermatinya agar tidak salah dalam mengambil tindakan penting. Salah satu istilah yang kerap kali didengar investor adalah sekuritas. 

Sebagai investor, Anda perlu mengenal istilah tersebut demi keberlangsungan investasi saham. Sekuritas memberikan peran dalam aktivitas investasi Anda terutama untuk jangka waktu panjang. Lantas apakah yang dimaksud dengan istilah sekuritas dalam bisnis investasi tersebut?  Para investor masa kini biasanya juga menyebutnya dengan kata broker. 

Broker merupakan salah satu pihak yang ikut andil dalam perdagangan saham. Singkatnya, broker adalah perantara investor di pasar modal. Biasanya broker diperlukan oleh investor pemula lantaran menjadi pembimbing dalam mengambil langkah. Broker juga menjadi perantara Anda dengan perusahaan besar di pasar modal. 


Indeks Harga 

Tahukah Anda bagi para investor ada istilah yang perannya terbilang vital. Istilah tersebut adalah indeks harga yang biasanya dapat dilihat pada pasar modal. Semua investor biasanya perlu mengenal makna dari indeks harga demi mendapatkan cuan tinggi. Termasuk Anda yang baru memulai bisnis investasi saat ini. 

Tanpa mencermati indeks di pasar saham, Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan cuan. Indeks selalu berkaitan dengan pasar modal dan akan selalu menjadi poin utama dalam bisnis dagang modal. Indeks diartikan sebagai bentuk statistik yang mewakili karakteristik dari berbagai komponen jual beli di pasar modal. 

Bila disederhanakan, indeks bisa dikategorikan sebagai indikator harga rata-rata dagang modal. Biasanya indeks diperlukan untuk mengetahui indikator kelompok jenis penanaman modal tertentu. Indeks tersebut juga masih erat kaitannya dengan istilah lain seperti likuiditas yang tinggi. Selain istilah tersebut indeks harga juga berkaitan dengan poin lainnya. 

Seperti misalnya hubungannya yang erat dengan kapitalisasi pasar investasi. Indeks pada saham juga terlihat pada bursa efek yang perlu dicermati sejak awal memulai investasi. Indeks tersebut juga menjadi instrumen gabungan. Terutama perihal harga rata-rata dominasi surat berharga yang diperdagangkan pada bursa efek. 


Cuan Investor 

Pernahkah Anda mendengar istilah yang unik pada saat membaca berita bertemakan finansial? Salah satunya yaitu istilah yang disebut dengan cuan bagi para investor. Sebutan cuan memang sepertinya sedang viral belakangan ini. Bahkan dalam banyak berita pasar saham istilah tersebut acap kali disebutkan beberapa kali. 

Sayang bukan, apabila Anda tidak mengetahui arti dari cuan tersebut? Sebenarnya isitlah cuan memang tidak asing bagi para investor masa kini. Arti dari cuan merupakan keuntungan yang didapat dari aktivitas investasi. Sehingga saat Anda bertransaksi jual beli di pasar modal erat kaitannya dengan istilah cuan.  

Dari semua istilah di dalam investasi di atas tentu Anda dapat belajar banyak. Salah satunya menghindari kesalahan mengambil keputusan yang sifatnya penting. Anda pun tidak akan mengalami kebingungan saat bermain di pasar modal. Jadi, pengetahuan Anda mengenai istilah pasar saham dapat menjadi bekal investasi. 


Baca juga: Manfaat Memilih Investasi Saham di Masa Pandemi Corona

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru