Finansial

Manfaat Memilih Investasi Saham di Masa Pandemi Corona

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jul 2020

Manfaat Memilih Investasi Saham di Masa Pandemi Corona

Bagi banyak orang, saham terdengar sebagai investasi pilihan era milenial. Tentu hal tersebut terlihat dari eksistensi instrumen investasi ini yang menarik. Tidak hanya bagi mereka yang disebut dengan kalangan profesional semata. Investasi ini kini menjadi sasaran bagi kalangan milenial di masa pandemi corona. 

Investasi bagi sebagian orang menjadi ladang penghasilan utama. Namun, apakah investasi tidak dapat dijalankan saat masa pandemi corona? Jawabannya tentu tidak lantaran sebenarnya semua instrumen dapat dijalankan dengan trik tertentu. Termasuk saat Anda memilih investasi di pasar modal seperti sekarang ini.

Memang banyak orang ragu menjalankan investasi di masa pandemi corona. Apalagi hampir semua negara di dunia terkena dampak dari adanya virus tersebut. Pada sektor investasi saham pun sudah pasti terkena sedikit banyak imbas dari wabah corona. Namun, hal tersebut bisa menjadi perhatian bagi para investor. 

Apakah aktivitas di pasar modal terhenti akibat pandemi tersebut? Jangan khawatir karena aktivitas investasi tetap berjalan. Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati agar aktivitas pasar modal berjalan dengan lancar. Anda yang memilih berinvestasi di pasar modal masih akan mendapatkan manfaat seperti di bawah ini. 


Baca juga: 8 Film Terbaik tentang Entrepreneur Tahun 2020


Modal Saham Bisa Menyesuaikan 

Saat semua orang dilanda dengan krisis akibat pandemi coron, Anda barangkali bertanya perihal investasi apa yang cocok. Jawabannya tentu beragam lantaran memang terdapat beberapa jenis instrumen investasi yang cocok dijalankan saat pandemi. Tahukah Anda salah satu investasi yang cocok dijalankan saat ini adalah pasar modal. 

Siapa bilang di masa pandemi Anda tidak dapat memulai investasi? Buktinya Anda masih dapat mendulang cuan dengan bisnis investasi yang satu ini. Bahkan saat finansial Anda sedang berada di bawah sekalipun tetap dapat memulainya. Apa yang mendasari bisnis saham tersebut?

Barangkali selama ini Anda berpikiran bahwa bisnis pasar modal hanya diperuntukkan bagi kalangan yang memiliki modal besar. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang kalangan yang mempunyai modal besar dapat berinvestasi pada pasar modal. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat memulai investasi pada sektor tersebut. 

Hal ini didasari pada minimum pembelian lembaran saham. Hanya dengan modal sebesar Rp100.000, Anda dapat membeli satu lembar investasi tersebut. Tentunya besaran modal tersebut tidak terlalu besar pada masa pandemi saat ini. Artinya meski Anda sedang sulit mengumpulkan tabungan namun masih bisa berinvestasi.


Istilah Investasi Mudah Dipahami 

Salah satu manfaat dari adanya pilihan investasi pasar modal adalah mudahnya dalam memahami istilah. Dalam menjalankan sebuah investasi saham biasanya terdapat banyak sekali istilah yang harus dipahami. Sayangnya, setiap istilah memiliki makna yang penting terhadap kesuksesan Anda sebagai investor. Bahkan, kesuksesan Anda dipengaruhi oleh pengetahuan tersebut. 

Bayangkan Anda bisa saja salah dalam mengambil sebuah keputusan akhir. Hal ini barangkali terjadi saat Anda harus memahami makna istilah investasi. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan saat Anda memilih investasi saham saat di pandemi corona. Pasalnya, kebanyakan istilah pada investasi ini lebih mudah dipahami. 

Secara umum, investasi yang satu ini juga memiliki beragam istilah. Mulai dari awal transaksi Anda akan menemukan istilah broker. Istilah yang satu ini dikenal sebagai perantara yang menguntungkan Anda nantinya. Lewat broker para investor dan perusahaan saling bertemu. Tidak hanya istilah broker yang mudah dimengerti. 

Istilah cuan juga erat kaitannya dengan pasar saham. Semua orang yang menjadi investor biasanya ingin mendapatkan cuan besar. Artinya mereka menginginkan keuntungan dari adanya selisih harga di pasar modal. Tidak hanya itu, beberapa istilah layaknya likuiditas dan capital loss juga mudah dipahami oleh investor pemula.


Investasi Resmi di Indonesia

Bagi banyak orang terdapat salah satu poin penting dalam memilih jenis investasi saham. Misalnya saja adalah jenis investasi yang aman dilaksanakan. Hal ini akan menjadi pertimbangan utama bagi Anda yang ingin menginvestasikan sejumlah uang untuk jangka waktu lama. Sederhananya semua orang akan menghindari investasi abal-abal.

Investasi tersebut biasanya hanya mendatangkan keuntungan pada awal penanaman modal saja. Tidak hanya itu, investasi bodong juga umumnya tidak mempunyai nilai transparansi yang tinggi. Artinya ada kemungkinan di kemudian hari terjadi penyelewengan dana investasi. Biasanya dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Namun hal tersebut kemungkinan kecil terjadi pada sektor investasi saham. Pasalnya instrumen investasi tersebut dijalankan secara resmi di banyak negara. Termasuk salah satunya perdagangan pasar modal yang dilakukan dengan pengawasan ketat di dalam negeri. Sehingga potensi penyalagunaan modal yang Anda gelontorkan sangat minim terjadi. 

Bahkan bisa dibilang investasi yang dikenal dengan trading dilakukan dengan mempertimbangkan jalan satu payung. Artinya aktivitas dilakukan pada bursa efek sehingga transparansinya terjamin. Semua investor pun dapat melihat setiap pergerakan di pasar modal per harinya. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan adanya penipuan investasi.


Keuntungan Investasi Terjamin

Satu lagi manfaat memilih investasi dengan instrumen saham yaitu jaminan keuntungan yang besar. Saat ini di dunia sudah banyak investor yang mendapatkan keuntungan besar dari bermain bisnis tersebut. Hal ini menandakan instrumen tersebut memang layak untuk diperhitungkan bagi generasi milenial saat ini. 

Tidak tanggung-tanggung keuntungan yang didapatkan dengan investasi saham tersebut bisa mencapai miliaran. Tentunya hal tersebut bisa dicapai dengan banyak skill dan trik. Terkadang hal tersebut juga didahului dengan fase kegagalan bagi para investornya. Meski demikian, proses yang berliku biasanya mendatangkan cuan besar bagi investor. 

Pada akhirnya, setiap orang bebas menentukan investasi. Anda pun dapat memilih sendiri jenis instrumen investasi yang sesuai dengan analisis. Terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini memilih investasi yang tepat sangat diperlukan. Analisis pemilihan manfaat yang diberikan bisa menjadi pertimbangan saat memilih saham nantinya. 


Baca juga: Mengenal Investasi Emas, Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru