Finansial

Jenis-jenis Investasi Menguntungkan dan Risikonya

Aniisa Steffi-

19 Dec 2018

Jenis-jenis Investasi Menguntungkan dan Risikonya

Jenis-jenis Investasi Menguntungkan dan Risikonya


Saat ini investasi memang sudah banyak dilakukan oleh setiap orang. Prinsip “High Risk, High Return” tentu sudah sangat akrab di kalangan mereka yang sudah terlebih dahulu bermain di dalam dunia investasi. Tentu saja mereka berani melakukan langkah “berinvestasi” karena ingin mencapai tahap financial freedom untuk masa depan.


Jika saat ini Anda mempunyai dana lebih dan berniat untuk melakukan investasi, sangat bijak jika menelusuri terlebih dahulu jenis-jenis investasi yang menguntungkan dan apa risiko yang akan dihadapi.


Memang, penting sejak dini untuk mulai berinvestasi, namun jauh lebih penting jika Anda melakukannya dengan bijak. Berikut jenis-jenis investasi yang bisa dijadikan referensi untuk memulai dan merencanakan keuangan Anda.


1. Deposito Berjangka


Sebenarnya beda tipis dengan tabungan bank. Namun, deposito berjangka memiliki tingkat bunga yang tinggi dan tanggal jatuh tempo yang jelas. Semakin lama waktu yang dipilih untuk mendepositokan dana Anda maka semakin besar pula bunga yang akan Anda dapat.


Bagaimana jika ingin menarik dana deposito berjangka sebelum jatuh tempo? Tentu saja pihak bank akan memberlakukan pinalti sesuai dengan kebijakan peraturannya.


Risiko


Karena deposito berjangka memiliki jatuh tempo yang jelas dan harus dipatuhi, maka selama berjalannya kurun waktu jatuh tempo tersebut Anda tidak diperbolehkan mengambil dan menggunakan dana yang sudah didepositokan. Pastikan Anda menyiapkan dana darurat.


Dari segi keamanan deposito berjangka terbilang cukup aman dan berisiko rendah. Hanya saja, bunga dari deposito berjangka terbilang cukup rendah dan terkadang peningkatan inflasi yang terjadi tidak sebanding.


2. Emas dan Logam Mulia


Jenis investasi ini sudah dilakukan sejak dahulu oleh orang tua kita. Bahkan investasi pada emas dan logam mulia sangat populer dilakukan sampai saat ini. Seperti yang sudah kita ketahui, harga emas dan logam mulia lainnya kerap mengalami kenaikan nilai atau harga. Hal tersebut wajar sebagai respon dari kejadian-kejadian tertentu seperti kenaikan atau penurunan nilai mata uang suatu negara, saham dan obligasi dan lain sebagainya.


Uniknya, emas mungkin saja harganya dapat naik-turun dalam jangka pendek maupun panjang, namun nilainya tetap terjaga.


Risiko


Karena emas dan logam mulia lainnya bisa Anda simpan sendiri fisiknya, Anda harus menyiapkan suatu tempat khusus karena investasi jenis ini rawan akan berpindah tangan tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Baca Artikel Lainnya: 7 Tips Investasi Untuk Pemula


3. Properti


Setiap tahun, harga tanah dan rumah selalu mengalami kenaikan. Bahkan, banyak pasangan-pasangan muda yang baru menikah dan keuangannya sudah terencana berniat untuk membeli rumah. Hal tersebut menjadikan investasi di bidang properti juga banyak dilakukan oleh orang-orang dan dilihat sebagai jenis investasi yang menguntungkan.


Dari segi keamanan, mungkin Anda harus mempunyai dana yang sangat besar karena investasi properti tidak semudah yang Anda duga.


Anda harus memperhitungkan biaya perawatan properti tersebut. Jika properti Anda belum terjual, maka Anda harus memikirkan rencana cadangan agar dana Anda tetap berputar serta bisa mendatangkan hasil. Misalnya, dengan menyewakan properti.


Risiko


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya perawatan investasi di bidang properti sangat tinggi. Karena hal tesebutlah maka sebenarnya kerugian berinvestasi di bidang ini juga terbilang berisiko tinggi.


4. Saham


Ingin punya pendapatan dari perusahaan lain tanpa bekerja sebagai pegawainya? Saham merupakan jawaban tepat sebagai pilihan jenis investasi yang menguntungkan. Saham dikenal sebagai bentuk kepemilikan perusahaan lain dalam bentuk investasi. Jika Anda melakukan investasi saham di perusahaan A, maka secara otomatis Anda berhak mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan A tersebut.


Risiko


Sifat saham yang paling dikenal adalah “High Risk, High Return”. Bisa saja cepat naik namun di suatu waktu bisa saja turun drastis dan bahkan anjlok.


5. Peer to Peer Lending


Investasi jenis ini (disebut juga P2P Lending) berbeda dengan investasi-investasi yang sudah disebutkan. Biasanya, platform P2P Lending meminjamkan dana kepada UKM dari investor. Keuntungan yang diperoleh berupa suku bunga efektif yang kompetitif.


Anda sebagai investor juga bisa memilih tingkatan risiko yang akan ditempuh. Investasi jenis ini cocok untuk Anda sebagai pemula.


Baca selengkapnya mengenai apa itu P2P Lending di sini.


Sudah diputuskan jenis investasi menguntungkan yang cocok untuk Anda?



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru