Finansial

4 Karakter Investasi Online P2P Lending

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Sep 2020

4 Karakter Investasi Online P2P Lending

Peer to peer (P2P) Lending merupakan salah satu investasi online yang memiliki karakteristik unik dalam dunia finansial milenial saat ini. Selain skema investasi berbeda, P2P Lending juga berbasis fintek yang sangat dekat dengan anak muda. Tidak heran jika investasi ini banyak digemari investor muda di Indonesia.

P2P Lending tidak hanya menawarkan keuntungan memuaskan, namun diimbangi dengan keamanan yang baik. Investasi ini sudah mendapatkan izin dan legalitas dari OJK pada tahun 2016. P2P Lending bisa menjadi solusi terbaik untuk modal usaha UMKM yang berbasis masyarakat secara luas.

Setiap investasi online memiliki karakter berbeda-beda, terutama P2P Lending. Untuk mencoba investasi tersebut, Anda harus memilih platform finansial teknologi. Sebelum terjun dalam dunia investasi, ada beberapa hal harus Anda ketahui. Hal ini menjadi edukasi penting yang bermanfaat di kemudian hari.

 

Baca juga: Modal Rp100 Ribu Bisa Investasi Online? Ini Tipsnya!

 

Kemudahan dalam Akses dan Transaksi

Sebagai fintech terbaru, P2P Lending memberikan kemudahan dalam akses dan transaksinya. Layanan pinjaman uang yang tawarkan menggunakan teknologi modern dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat. Sistem informasi sangat jelas dan mudah dipahami oleh semua calon investor.

Sebagai investasi online, P2P Lending lebih hemat dan fleksibel. Media yang digunakan hanya gadget dan internet, sehingga aksesnya lebih mudah dan cepat. Anda bisa melakukan investasi dimana saja dan kapan saja, bahkan sambil santai di rumah. Hal ini tidak lepas dari kehadiran teknologi smartphone yang semakin canggih.

Kemajuan teknologi tentu memicu reaksi negatif bagi kalangan tertentu, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih fintek. Pilihlah platform legal dan terdaftar dalam OJK secara resmi. Dalam OJK sendiri sudah terdapat peraturan mengenai investasi berbasis online, termasuk P2P Lending.

Melalui sarana internet, transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Data yang masuk akan tersimpan dengan aman setelah diverifikasi. Untuk bisa menikmati investasi online ini, Anda harus memverifikasi data secara valid. Tujuannya agar data yang masuk tidak hilang dan tersimpan secara aman.

 

Sistem Permodalan Berbasis Masyarakat

Selain akses mudah, P2P Lending juga memiliki karakteristik unik yaitu modal dihimpun langsung dari masyarakat. Karena berbasis masyarakat, Anda bisa menentukan sendiri modal yang akan ditanamkan. Tidak ada minimum modal yang harus dikeluarkan dalam investasi satu ini.

Investasi online ini menggunakan sistem permodalan yang sangat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan imbalan atau return yang tinggi hingga 20% lebih. Keuntungan tersebut menjadi daya tarik dan minat calon investor untuk menyimpan dananya kepada para UMKM di Indonesia.

Selain memberikan keuntungan, P2P Lending juga bermanfaat bagi para pelaku UKM dan pengusaha kecil lain. Mereka bisa mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnisnya. Secara tidak langsung, Anda membantu perekonomian masyarakat dengan jaminan keamanan yang baik.

Keamanan akan berinvestasi adalah poin penting yang harus diutamakan. Investasi yang aman bisa dilihat dari pengelolaan dan pengawasan yang diberikan oleh OJK. Jika platform sudah mendapatkan izin legal, maka Anda bisa memilih platform tersebut. 

 

Pengembangan Usaha Menjadi Tujuan Investasi

Berbeda dengan investasi online lainya, P2P Lending memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha atau UKM. Usaha kecil bisa mendapatkan modal yang layak untuk menjembatani bisnisnya. Investasi tersebut sangat produktif dan bermanfaat bagi kalangan pengusaha, khususnya yang membutuhkan modal usaha.

Setiap pengusaha bisa mendapatkan pinjaman dana sebagai modal dari investor. Sebagai investor, Anda juga bisa memilih sendiri UMKM yang diinginkan. P2P Lending menjadi alternatif paling cocok untuk menjamin kerja sama yang saling menguntungkan melalui platform finansial teknologi Lending.

Investasi online ini dapat menguatkan dana atau modal usaha ketika bisnis sedang menurun. Peminjam bisa mengembalikan dana tersebut sesuai waktu yang telah ditentukan bersama. Dana tersebut menjadi proteksi untuk tetap mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Disisi lain, Anda bisa mendapatkan return lebih besar setiap tahunya.

Transaksi pinjaman dilakukan secara online melalui platform yang Anda pilih. Besarnya investasi sesuai keinginan Anda sebagai calon investor, sehingga transaksi berjalan dengan cepat dan mudah. Melalui kemajuan teknologi modern, kedua pihak bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

 

Memberikan Perlindungan Maksimal 

Karakteristik lain dimiliki oleh investasi online P2P Lending adalah jaminan keamanan yang tinggi. Lembaga OJK memberikan pengawasan dan perlindungan kepada masyarakat dalam kegiatan investasi tersebut. OJK berhak menentukan kelayakan operasi investasi dari platform yang Anda pilih.

Dalam finansial teknologi, jaminan keamanan investasi memiliki manajemen risiko yang teratur. Manajemen tersebut harus memiliki aturan untuk mendisiplinkan para debitur maupun investor, serta semua pihak yang terkait. Setiap platform yang menyediakan investasi online harus memiliki diversifikasi keamanan.

Jaminan perlindungan P2P Lending terhadap investor berupa dana proteksi. Investor muda yang ingin terjun di dunia investasi bisa memilih instrumen tersebut sebagai awal perjalanan berinvestasi. Investor juga harus bertanggung jawab atas risiko investasi sebagai tempat mengembangkan aset dan finansial Anda.

Adanya diversifikasi tersebut akan menjamin kelayakan pengelolaan investasi online yang Anda pilih. Pengelolaan dana aman dan bijak bisa menjamin investasi dan terjalin hubungan yang baik bagi kedua pihak. Melalui perlindungan yang aman, keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar dalam jangka pendek maupun panjang.

Sebagai generasi milenial, Anda harus mencoba investasi P2P Lending dari Modal Rakyat. Finansial teknologi ini menjadi alternatif paling tepat untuk calon investor yang ingin mendalami dunia investasi. Keuntungan investasi online P2P Lending bisa mencapai 15% sampai dengan 25% setiap tahun.

 

Baca juga: Cara Menabung Efektif untuk Karyawan dengan Gaji Kecil

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru