Finansial

Bisnis

Cara Cerdas Kelola Modal Usaha Berasal dari Pinjaman

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Feb 2021

Cara Cerdas Kelola Modal Usaha Berasal dari Pinjaman

Modal usaha menjadi faktor penting tidak boleh disepelekan tatkala ingin memulai bisnis meski terkadang cara pengelolaan salah menjadikannya sia-sia.

Keterbatasan modal seringkali menjadi hambatan bagi seorang pengusaha padahal asalkan dikelola dengan baik tentu minimnya dana dapat teratasi dengan baik sehingga tidak perlu menunggu terkumpul. 

Ketika menunggu akibatnya niatan memulai bisnis seringkali menurun seiring berjalannya waktu. Beberapa pengusaha sukses bahkan menuturkan jika keterbatasan modal usaha bukanlah hal besar.

Justru memulai usaha di tengah keterbatasan seharusnya menjadi tantangan tersendiri guna meraih kesuksesan. Terbukti banyak pengusaha sukses memulainya dari yang ada.


Baca juga: Pentingnya Invoice Financing untuk Kegiatan Berbisnis


Pilih Jenis Pinjaman Tepat Sebagai Modal 

Bisnis apa saja skala besar atau kecil tentu membutuhkan namanya modal. Modal sejatinya adalah alat wajib dipersiapkan guna dimanfaatkan agar usaha semakin lancar berkembang. Berbagai cara dilakukan guna mengumpulkan modal agar nantinya dapat menunjang kebutuhan operasional. Namun, sayangnya menunggu modal terkumpul sangat lama. 

Alternatif tatkala modal usaha terbatas adalah dengan mengajukan pinjaman. Memilih jenis pinjaman sebagai modal tentu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal perlu diperhatikan guna memanfaatkan dana tersebut secara optimal. Di antaranya pastikan terlebih dahulu jenis pinjaman yang dipilih. Ada baiknya pilih pinjaman dengan risiko rendah. 

Setiap pinjaman pasti mempunyai risiko sebagai konsekuensinya. Ketika Anda memang sudah benar-benar yakin akan mengajukan pinjaman maka pilihlah dengan risiko rendah. Jenis pinjaman tersebut tentu berpengaruh pada bagaimana nantinya dikelola. Tentu pengelolaan menjadi lebih mudah sehingga keuangan tidak akan terbebani. 

Setidaknya ada dua pinjaman yakni jangka panjang serta pendek. Bagi seorang pebisnis pinjaman jangka panjang menjadi pilihan utama sebagai modal usaha. Selain waktu pengembalian relatif lama, Anda bahkan dapat fokus terlebih dahulu meningkatkan angka penjualan tanpa pusing memikirkan waktu pengembalian. 

Selain itu, pastikan juga memilih di mana Anda mengajukan pinjaman dengan tepat. Ketentuannya pastikan tempat meminjam benar-benar terpercaya dengan proses mudah. Pastikan juga berapa besar bunga ditetapkan, jika memang ragu sebaiknya bandingkan beberapa penyedia guna tentukan mana yang menguntungkan. Jangan gegabah agar tidak salah mengambil keputusan. 

Kecermatan Anda memilih jenis pinjaman tersebut sangatlah menentukan. Usaha skala besar atau kecil tetap berpeluang memberi kesuksesan tatkala mampu mengelola modal usaha meski berasal dari pinjaman. Bukan tidak mungkin hasil profit dari penjualan tersebut dapat dijadikan dana yang nantinya dikembalikan.


Baca juga: Jenis-Jenis Asuransi Bisnis untuk Melindungi Usaha Anda


Disiplinlah dalam Membayar Cicilan Sesuai Kemampuan

Modal usaha meski berasal dari pinjaman tidak akan jadi masalah ketika Anda mampu membayarnya tepat waktu. Selain membayar juga dapat dimanfaatkan gun menambah aset perusahaan. Dengan begitu, keuangan perusahaan tetap pada kondisi sehat serta angka penjualan dapat meningkat pesat dalam waktu cepat. 

Pada umumnya orang yang terpaksa meminjam mempunyai ketakutan apakah nantinya bisa membayar cicilan atau tidak. Padahal dana pinjaman tidak semenakutkan seperti dibayangkan. Selama Anda fokus mengalokasikannya sebagai modal dan bersungguh-sungguh mengembangkannya maka tidaklah masalah. Sedikit menyisihkan uang setiap bulannya tentu menjadi hal ringan dilakukan. 

Permasalahannya adalah ketika Anda tidak bisa membayar cicilan tepat waktu. Cara paling tepat guna mensiasatinya adalah dengan memilih jenis pinjaman ringan dengan persyaratan mudah. Paling penting pilih jenis pinjaman dengan pengembalian jangka panjang atau lama. Apalagi kini semakin mudah dengan hadirnya tenor sekali bayar. 

Kini telah hadir jenis pinjaman sebagai modal usaha yang diperoleh secara online. Melalui satu aplikasi semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah serta cepat. Umumnya juga memberi pilihan waktu pengembalian seusai kemampuan. Jika memungkinkan sebaiknya pilih dengan waktu pengembalian lama serta bunga rendah. 

Seperti halnya Modal Rakyat sebagai salah satu fintech pilihan. Selain sebagai penolong Anda dalam hal penambahan modal usaha, fintech tersebut juga menjadi solusi ketika dilanda kebutuhan mendesak. Dalam waktu cepat, dana dapat dicairkan selama persyaratan yang diajukan termasuk dokumen sudah terpenuhi secara lengkap.


Baca juga: Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha di Peer-to-peer Lending


Pastikan Rasio Keuangan Kondisi Sehat 

Dalam mengajukan pinjaman ada beberapa hal perlu diperhatikan di antaranya rasio keuangan sehat. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor pengelolaan modal berjalan baik. Sebuah pinjaman akan langsung disetujui apabila rasio keuangan cukup baik. Persentasenya sekitar 30 persen dari total penghasilan perusahaan tersebut. 

Apabila memang ternyata rasio keuangan perusahaan Anda melebihi persentase tersebut sebaiknya urungkan niat meminjam. Dikarenakan kemungkinan besar nantinya Anda akan kesulitan mengembalikan dana. Tahan serta sebaiknya cari alternatif lain selain meminjam meski jumlahnya kecil. Karena semakin banyak pinjaman sebagai modal usaha maka kian menyulitkan Anda. 

Rasio keuangan sebenarnya menjadi tolak ukur seberapa sehat finansial perusahaan. Jangan sampai tergiur modal besar serta keinginan kuat mengembangkan usaha membuat Anda gelap mata. Cermatlah memperhitungkan agar tidak menjadi bumerang hingga berujung munculnya kerugian. Alangkah lebih tepat ketika Anda mengembangkan usaha dalam kondisi finansial sehat. 

Tidak dapat dipungkiri jika memang dana pinjaman sebagai modal usaha sangatlah menggiurkan. Bagaikan angin segar ketika Anda diterpa kesulitan besar. Namun, hal tersebut justru akan mempersulit keuangan perusahaan ketika hutang sudah sangat besar. Cara paling tepat tentu dengan lebih bijaksana memanfaatkan modal yang ada. 

Syarat utamanya hanya bagaimana Anda mengelola modal terbatas tersebut serta membuatnya tetap cukup. Mulai dengan menekan biaya produksi serta lainnya dan mengalihkannya ke berbagai kebutuhan lebih penting. Kecerdasan Anda dalam mengelola menjadi mutlak diperlukan dalam kondisi tersebut. Maka dari itu, asahlah skill pengelolaan tersebut agar efektif. 

Maksimalkan juga modal yang ada guna kebutuhan perusahaan sembari mencari investor. Apabila memang terpaksa meminjam sebaiknya pilih fintech terpercaya yang memberikan keleluasaan Anda saat mencicil. Dengan begitu, perusahaan tetap berjalan meski harus sementara ditopang modal usaha dari pinjaman. 


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru