Bisnis

Finansial

Kenali Keuntungan Anjak Piutang untuk Pengembangan Bisnis

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Apr 2021

Kenali Keuntungan Anjak Piutang untuk Pengembangan Bisnis

Anjak piutang atau factoring merupakan salah satu program atau fasilitas pembiayaan yang tentu saja sangat menguntungkan pebisnis. Fasilitas pembiayaan tersebut prosesnya adalah melakukan pembelian terhadap piutang sebuah perusahaan.

Investor atau pemberi pinjaman akan memberikan dana dengan jumlah tertentu, sejumlah piutang kepada peminjam. Fasilitas pinjaman dana tersebut tentu saja sangat menguntungkan perusahaan peminjam dana, berikut di antaranya keuntungan lain dalam proses factoring.


Cash Flow Perusahaan Semakin Lancar Karena Fasilitas Anjak Piutang

Keuntungan yang akan didapatkan oleh peminjam dana dalam fasilitas anjak piutang adalah cash flow perusahaan semakin lancar. Latar belakang terjadinya fasilitas factoring adalah perusahaan membutuhkan dana untuk operasional, namun sumber daya tersebut tidak dimiliki hingga akhirnya mencari pembiayaan.

Dalam fasilitas pembiayaan hutang piutang, tentu saja membutuhkan jaminan agar proses pengajuan dapat diproses. Seperti halnya fasilitas factoring, bentuk jaminan pembiayaan adalah piutang Anda. 

Pada umumnya investor memberikan dana dengan jumlah tertentu dalam arti bukan keseluruhan total invoice atau piutang, lalu melanjutkan proses penagihan kepada nasabah atau customer Anda. Hal inilah yang menjadikan proses hutang piutang berjalan.

Ketika pengajuan fasilitas anjak piutang disetujui, tentu saja peminjam dana akan mendapatkan cash flow untuk mengembangkan bisnis. Dana tersebut bisa digunakan untuk membuat operasional perusahaan semakin lancar.

Baca juga: 3 Ide Usaha Kecil Menguntungkan Tanpa Perlu Banyak Modal

Di sisi lain, keuntungan yang dapat dinikmati perusahaan pemberi pinjaman atau factor adalah mendapatkan fee dari proses melakukan layanan penagihan. Kedua pihak yang melakukan transaksi hutang piutang sama-sama mendapatkan keuntungan finansial.

Pada proses anjak piutang, pihak factor atau pemberi pinjaman memberikan pembiayaan dengan berbagai macam jenis. Mulai dari pembiayaan dalam bentuk keuangan secara penuh, maupun layanan seperti administrasi penagihan.

Teknis penagihan seperti pemberitahuan kepada customer atau nasabah saat jatuh tempo juga termasuk dalam pilihan fasilitas factoring. Anda dan perusahaan bisa memilih jenis pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial untuk melakukan pelunasan pembiayaan.

Anda sebaiknya menghitung kemampuan finansial untuk melakukan pelunasan pembiayaan atau fee penagihan. Hal ini dilakukan agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan pinjaman dana secara tepat dikarenakan dalam proses pembiayaan juga membutuhkan pembayaran fee untuk layanan penagihan.


Proses Pencairan Dana Pinjaman Cepat

Dalam proses pengajuan anjak piutang, salah satu keuntungan yang didapatkan oleh peminjam adalah mendapatkan pinjaman dana dalam secara cepat. Artinya Anda tidak perlu menunggu waktu beberapa lama agar pengajuan dapat disetujui.

Anda bisa mencari perusahaan yang menawarkan fasilitas peminjaman dana secara cepat. Sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu lama proses pencairan berjalan cepat sehingga dana yang cair bisa langsung dimanfaatkan untuk operasional perusahaan.

Berbeda halnya dengan pembiayaan yang dilakukan oleh instansi seperti perbankan. Anda harus menunggu proses verifikasi dan pengecekan berkas dalam kisaran waktu satu hingga dua minggu hingga dananya cair. Proses tersebut tentu saja tidak sebentar.

Berbeda halnya dengan perusahaan anjak piutang yang menawarkan proses verifikasi hingga pembiayaan dalam waktu tidak lama. Namun Anda harus membawa dokumen pribadi, baik data diri peminjam maupun perusahaan.

Data pribadi peminjam dana yang harus disiapkan adalah KTP, buku nikah, maupun NPWP pribadi, dan lain-lain. Sementara untuk dokumen yang menjadi jaminan seperti invoice atau tagihan sangat penting dilampirkan.

Anda juga bisa melampirkan dokumen perusahaan sebagai persyaratan anjak piutang. Seperti surat izin usaha, tanda daftar perusahaan, NPWP perusahaan, surat keterangan domisili.

Segala dokumen perusahaan yang dibutuhkan untuk proses pembiayaan piutang hendaknya disiapkan jauh-jauh hari. Hal ini agar Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama dikarenakan segala berkas sudah terpenuhi.


Baca juga: Peer-to-Peer Lending Syariah Alternatif Pembiayaan Anda


Peminjam Dana Tidak Perlu Melakukan Proses Penagihan

Ketika fasilitas anjak piutang disetujui, perusahaan peminjam dana tidak perlu melakukan proses penagihan kepada nasabah maupun pihak yang berhutang secara langsung. Artinya seluruh proses penagihan piutang yang belum terbayar menjadi tanggung jawab perusahaan pemilik dana.

Pada umumnya, perusahaan peminjam dana mengambil fasilitas pembiayaan piutang dikarenakan SDM yang dimiliki terbatas untuk melakukan penagihan. Selain itu waktu yang dimiliki untuk proses penagihan juga terbatas, oleh karena itu membutuhkan jasa pihak ketiga.

Proses penagihan memang terkadang membutuhkan waktu dan strategi khusus agar pihak yang berhutang segera melaksanakan kewajibannya. Jika dibutuhkan, Anda juga harus intens melakukan follow up atau penagihan agar customer segera melaksanakan kewajibannya. 

Maka dari itu, adanya bantuan atau jasa dari pihak ketiga yang menagih hutang, tentu saja akan menghemat waktu. Anda bisa fokus mengerjakan pekerjaan lainnya serta tidak perlu melakukan strategi khusus.

Di sisi lain keuntungan bagi perusahaan peminjam dana mengambil fasilitas anjak piutang anjak piutang adalah Anda tidak perlu repot dengan proses penagihan. Nasabah maupun customer Anda juga merasa bahwa proses penagihan hutang terkesan lebih serius dikarenakan dilakukan dengan bantuan pihak ketiga.

Di sisi lain, memang pihak perusahaan pemberi pinjaman akan repot dengan proses penagihan yang berpotensi sulit. Namun perusahaan juga akan diuntungkan dengan adanya fee dari pemberi pinjaman terkait penggunaan layanan penagihan tersebut.

Anda harus mengkomunikasikan bersama dengan perusahaan pemberi pinjaman mengenai besaran fee yang harus ditanggung. Hal ini untuk menghindari adanya biaya tidak terduga yang muncul di kemudian hari.

Proses pembiayaan hutang atau factoring merupakan layanan yang memiliki banyak keuntungan. Baik dari sisi peminjam dana maupun perusahaan pemberi pinjaman, sehingga tidak mengherankan jika pebisnis memilih fasilitas tersebut untuk memperlancar cash flow.

Anda perlu memilih perusahaan pemberi pinjaman yang terpercaya, syaratnya mudah serta proses pencairan dana tidak membutuhkan waktu lama. Agar fasilitas anjak piutang dapat memberikan banyak manfaat untuk mengembangkan bisnis.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru