Finansial

Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN)

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jan 2021

Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara (SUN) merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki beragam keuntungan sehingga disukai oleh banyak orang. Sekarang ini, semakin banyak orang yang tertarik dengan investasi karena bisa menjadi pilihan untuk mencapai financial freedom. Tentu kita harus memahaminya dengan baik sebelum memilih instrumen investasi. 

Setiap instrumen investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kita harus bisa mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilihnya. Bagi Anda yang ingin berinvestasi pada SUN, maka harus mencari informasi lebih lanjut mengenai investasi tersebut agar tidak salah dalam melangkah. 

Tanpa adanya informasi yang jelas, Anda mungkin masih ragu untuk berinvestasi pada instrumen ini. Itulah mengapa Anda harus mengetahui apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari Surat Utang Negara. Dengan begitu, Anda akan lebih yakin dalam memilih SUN sebagai instrumen investasi dan berikut keuntungannya.


Baca juga: Surat Utang Negara: Cara Mendapat Cuan dari Utang


Tingkat Risiko Rendah

Setiap investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda sehingga Anda harus mempertimbangkan risiko tersebut sebelum memilihnya. Bagi pemula, tentu lebih disarankan untuk memilih investasi dengan tingkat risiko yang rendah dan instrumen investasi yang bisa Anda pilih adalah Surat Utang Negara (SUN) karena tingkat risiko rendah.

SUN atau yang biasa kita kenal dengan istilah obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Itulah mengapa posisi investasi ini lebih stabil daripada surat utang yang dikeluarkan oleh pihak swasta atau perusahaan tertentu. Hal inilah yang menyebabkan SUN berisiko rendah. 

Nantinya, Anda akan mendapatkan keuntungan dan bunga setiap bulan dari uang yang Anda tanamkan dalam bentuk Obligasi Ritel Indonesia (ORI) atau sukuk. Keuntungan tersebut bisa terjadi saat negara dalam kondisi normal atau baik-baik saja. Oleh karena itu, investasi Surat Utang Negara dipengaruhi oleh kondisi negara.


Tidak Terkena Fluktuasi Pasar

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memiliki investasi dibanding hanya menyimpan uangnya di bank adalah adanya fluktuasi pasar. Fluktuasi pasar memengaruhi nilai dari mata uang sehingga uang Rp 100ribu sekarang ini mungkin nilainya tidak akan sama dengan lima tahun ke depan, nilainya akan menurun.

Surat Utang Negara (SUN) bisa menjadi instrumen investasi yang bisa dipilih karena tidak terkena fluktuasi pasar sehingga nilainya relatif sama dari tahun ke tahun. Bukan hanya itu, SUN memiliki dua sumber keuntungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu kupon dan capital gain. 

Baik kupon maupun capital gain dari Surat Utang Negara akan dibayarkan kepada investor dengan nilai yang relatif stabil karena tidak adanya pengaruh fluktuasi pasar. Dengan begitu, aset yang Anda miliki tidak akan berkurang karena nilainya tetap sama meskipun beberapa tahun ke depan. 


Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Surat Utang Negara (SUN)


Bisa Digadaikan saat Butuh

Meskipun sudah banyak orang yang tertarik dengan investasi sekarang ini, tapi masih jarang orang yang melirik SUN sebagai instrumen investasi menjanjikan. Salah satu alasan mengapa masih banyak orang yang meragukannya adalah karena likuiditas SUN, padahal keraguan tersebut tidak mendasar karena tidak sesuai fakta yang ada.

Beberapa orang ingin memiliki investasi yang bisa digadaikan kapan saja sehingga bisa menjadi solusi saat perekonomian sedang sulit. Siapa sangka jika Surat Utang Negara ini juga memiliki likuiditas yang terjamin sehingga Anda juga bisa menggadaikannya seperti instrumen investasi lainnya, seperti emas dan properti. 

Anda tinggal membawa bentuk fisik Surat Utang Negara ke kantor pegadaian terdekat. Selain kantor pegadaian, Anda juga bisa memilih tempat yang menjual kembali di pasar saham sekunder dengan membawa instrumen investasi tersebut beserta surat-surat yang diperlukan untuk menggadaikan SUN.


Bagi Hasil dan Bunga Kompetitif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa instrumen investasi ini memberikan keuntungan berupa kupon bunga dan sistem bagi hasilnya. Hasil yang akan Anda dapatkan selalu berada di atas imbal hasil deposito sehingga bisa dikatakan bahwa bunga Surat Utang Negara cukup kompetitif di antara instrumen investasi lainnya. 

Besaran kupon ORI selalu disesuaikan dengan suku bunga yang menjadi ketentuan dari Bank Indonesia saat ini, meskipun besarannya berbeda-beda untuk tiap serinya. Untuk itu, Anda harus mempelajari suku bunga Surat Utang Negara terlebih dahulu sebelum membelinya agar bisa diperhitungkan berapa keuntungan yang bisa didapatkan. 

Selama ini, tercatat pada tahun 2006 merupakan besaran kupon tertinggi, yaitu sebesar 12,05%, sedangkan kupon terendah sebesar 6,25% pada ORI009. Angka ini tentunya lebih besar dibanding bunga Deposito yang umumnya berada di angka 6%. Apalagi, kupon ORI dan bagi hasil sukuk dibagikan setiap bulan.


Baca juga: Investasi Surat Utang Negara? Ini Strateginya


Pajak Lebih Kecil dari Deposito

Salah satu pertimbangan yang tidak boleh dilewatkan adalah besaran pajak yang harus dibayarkan. Sukuk dan ORI Surat Utang Negara akan dikenakan pajak sebesar 15% saja, lebih kecil daripada pajak deposito yang bisa mencapai 20%. Dengan besaran pajak yang lebih kecil, tentu keuntungan yang didapatkan menjadi lebih besar. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki modal kecil dan masih pemula tentu harus memilih investasi dengan besaran pajak lebih ringan agar tidak membebankan. Namun, Anda harus mencari informasi mengenai pajak yang dikenakan dalam investasi tersebut agar bisa memperhitungkan berapa keuntungan yang didapatkan.

Besaran pajak yang dikenakan tiap seri mungkin berbeda, jadi Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membandingkan satu seri dengan lainnya agar bisa didapatkan SUN dengan seri paling tepat dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dalam berinvestasi.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dan bingung memilih instrumen apa yang paling tepat, maka bisa memilih Modal Rakyat sebagai mitra investasi terpercaya. Banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan berinvestasi bersama kami. Oleh karena itu, langsung saja hubungi kami untuk mengetahui Surat Utang Negara lebih lanjut.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru