Bisnis

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online bagi Milenial

Kabrina Rian Ferdiani-

05 Jan 2021

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online bagi Milenial

Tren mendirikan bisnis online di kalangan anak muda saat ini kian meningkat. Sesuai dengan namanya, jenis bisnis ini dilakukan secara online, yakni dengan mengandalkan teknologi gadget serta jaringan internet. Dengan dukungan kemajuan teknologi serta perkembangan internet yang kian canggih, siapapun kini bisa memiliki bisnis sendiri secara mudah.

Generasi millenial yang dikenal sangat familiar dengan teknologi mau tidak mau harus beradaptasi dengan perkembangan zaman jika tidak ingin ketinggalan kereta. Semakin banyak Anda menguasai teknologi, maka manfaat yang diperoleh juga akan semakin luas. Salah satunya dengan memaksimalkan kemampuan dalam berbisnis, manajemen, serta teknologi.

Baca juga: 7 Bisnis Online Tanpa Modal dan Bagaimana Cara Memulainya

Bisnis online menjadi hal positif yang sangat perlu dipertimbangkan bagi generasi Z. Jenis usaha yang mengandalkan teknologi ini tidak mengenal usia, jenis kelamin, status ekonomi, latar belakang pendidikan, dan sebagainya. Siapa saja yang mau berusaha dengan keras dan tidak menyerah untuk belajar pasti bisa meraih kesuksesan.

Namun untuk menjalankan sebuah usaha khususnya di era milenial, diperlukan banyak aspek agar tidak tertinggal dari pihak lain. Agar Anda semakin semangat menjalankan dan mengembangkan bisnis online yang sedang ditekuni, ketahui juga keuntungannya. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan memiliki online business bagi generasi millennial.


Memperoleh Profit Melimpah di Usia Muda

Salah satu tujuan utama dalam berbisnis tentu saja untuk memperoleh keuntungan finansial secara maksimal. Sama halnya jika menjalankan usaha secara online. Dengan penjualan yang banyak, Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Seiring dengan perkembangan bisnis, hasil penjualan bisa semakin meningkat.

Namun hal tersebut tidak bisa diwujudkan tanpa usaha keras dan serius. Cara agar dapat meningkatkan jumlah penjualan misalnya dengan mempelajari teknik pemasaran yang efektif dan efisien. Selain itu, kualitas produk juga harus diperhatikan karena inilah yang menjadi nilai utama dalam bisnis online.

Jika dilakukan dengan tekun, bukan tidak mungkin Anda berhasil mengumpulkan profit dalam jumlah besar sejak usia muda. Semakin cepat Anda memulai suatu usaha, maka semakin besar juga kesempatan mendapat keuntungan sedini mungkin. Meskipun harus melalui banyak tantangan, tetapi pengalaman menjalankan bisnis online akan membantu Anda mengembangkan usaha.


Baca juga: 7 Ide Bisnis Online ini Bisa Dikerjakan Sambil Skripsian


Bisa Dilakukan dengan Modal Kecil

Menjalankan bisnis secara online juga sangat disarankan bagi kaum millenial karena tidak membutuhkan modal besar. Salah satu ide usaha yang dapat dijalankan secara online dengan modal kecil adalah berjualan pulsa elektronik. Anda dapat mendaftarkan diri pada agen pulsa terdekat dan melakukan pengisian pulsa untuk selanjutnya dijual kembali.

Meskipun keuntungan yang diperoleh dari bisnis online kelihatannya sedikit, namun jika intensitas transaksinya tinggi maka keuntungannya juga banyak. Bahkan ada juga jenis usaha lain yang bisa dilakukan tanpa modal. Saat ini tren anak muda berjualan produk dengan menjadi reseller atau dropshipper semakin menjamur. 

Hal ini karena menjadi reseller dan dropshipper tidak membutuhkan modal berupa uang. Anda hanya perlu mempromosikan produk tertentu dan mendapat pelanggan. Selain murah, cara ini juga sangat mudah karena biasanya akan difasilitasi oleh supplier dalam hal packaging. Meskipun kelihatannya mudah, namun keuntungan yang diperoleh tidak bisa dianggap remeh.


Bisa Menjangkau Pasar Secara Luas

Keuntungan lain menjalankan bisnis online bagi milenial yaitu mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas. Berbeda dengan berjualan di toko fisik, produk yang ditawarkan melalui platform online bisa menjangkau kalangan tanpa batas. Tidak hanya di daerah tertentu saja, bahkan produk Anda bisa dikenal hingga mancanegara.

Tetapi untuk dapat menjangkau pasar yang luas diperlukan pengetahuan tentang teknik pemasaran digital. Untuk itu, setiap pelaku usaha yang mengandalkan platform online harus mau mengupgrade kemampuan khususnya di bidang marketing. Kalau tidak meningkatkan kemampuan tersebut, bisa-bisa produk Anda tertinggal jauh dari persaingan produk serupa.


Baca juga: Kiat-kiat Penting untuk Memasarkan Bisnis Anda


Proses Pengerjaan bisa Dilakukan di Mana Saja

Keuntungan menjalankan bisnis online bagi millenial berikutnya yaitu dapat dilakukan di mana saja. Anda tidak harus menyediakan tempat atau kantor khusus untuk menjalankan usaha. Bahkan aktivitas bisnis ini bisa dilakukan di dalam kamar sekalipun. Ini adalah solusi bagi siapa saja yang tidak mampu menyewa tempat usaha sendiri.

Dengan demikian, memiliki bisnis online berarti dapat mengurangi biaya atau modal usaha. Usaha yang dilakukan secara online memang tidak mengenal tempat. Bahkan jika Anda tinggal di daerah kecil serta jauh dari pusat kota tetap dapat mengerjakannya. Yang terpenting dalam memastikan ketersediaan jaringan internet serta gadget untuk menunjang kegiatan usaha.


Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Uang dari Internet


Memasarkan Produk bisa Dilakukan Secara Gratis

Menjalankan usaha secara online memang terbukti dapat menekan modal. Salah satu kegiatan penting dalam usaha yaitu marketing alias pemasaran. Tanpa pemasaran, produk Anda tidak akan dikenal oleh khalayak sehingga tidak bisa menghasilkan keuntungan. 

Menariknya, dalam bisnis yang dijalankan secara online Anda tidak diwajibkan mengeluarkan biaya untuk aktivitas marketing.

Zaman yang serba modern dan digital memungkinkan setiap pelaku usaha memanfaatkan platform atau saluran digital secara bebas dan bebas biaya. Misalnya menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga saluran perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya. Cara ini tentu saja sangat menguntungkan para pelaku bisnis online.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjual Produk di Instagram

Tetapi jika Anda menginginkan hasil penjualan lebih tinggi dan menyasar target market lebih luas, tidak ada salahnya menyisihkan biaya untuk memasang iklan. Iklan produk ini bisa dipasang dengan membuat akun sosial media, Google, dan membuat blog atau website bisnis secara khusus.

Menjalankan usaha berbasis online memang semakin menarik karena banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan. Kendati begitu, pelaku usaha juga harus mengasah potensi dan kemampuan agar memperoleh keuntungan maksimal. Dengan begitu, bisnis online yang dijalankan semakin berbuah manis.


Baca juga: 8 Pola Pikir Pengusaha Sukses yang Patut ditiru


Membuka Bisnis Online Memang Lebih Mudah Tetapi Persiapkan Hal Berikut ini sebelum Memulai

Untuk membangun sebuah usaha yang bisa terus berkembang diperlukan persiapan yang matang. Anda perlu menyusun rencana bisnis yang tepat untuk mengelola usaha ini. Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan.

1. Menjual produk atau menawarkan jasa yang dibutuhkan pasar. Temukan market fit Anda.

2. Amati kompetitor Anda, cari tahu kekurangan mereka.

3. Kenali target pasar Anda. Cari tahu usia, jenis kelamin, hingga masalah-masalah yang mereka hadapi.

4. Tentukan keunggulan dan manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

5. Merencanakan pemasaran yang strategis untuk menjual produk atau jasa Anda.

6. Kumpulkan modal

7. Buat proyeksi keuangan atau keuntungan dari bisnis Anda.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru