Finansial

Keuntungan Investasi Deposito yang Harus Diketahui Pemula

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Oct 2020

Keuntungan Investasi Deposito yang Harus Diketahui Pemula

Investasi deposito atau deposito berjangka merupakan salah satu produk suatu keuangan perbankan yang memiliki suatu peminat semakin meningkat. Ini bukan suatu tren baru di kalangan masyarakat yang melek finansial karena terbukti dapat menjadi investasi menguntungkan untuk masa depan. Seperti kita ketahui, investasi adalah kegiatan yang amat penting untuk menjaga kondisi finansial.

Aktivitas ini telah menjadi solusi bagi siapa saja yang tidak ingin berada dalam kesulitan keuangan dalam rangka memenuhi kebutuhan apapun. Kegiatan investasi mungkin lebih banyak dikaitkan dengan orang berpenghasilan besar. Padahal seseorang yang penghasilannya pas-pasan pun bisa berinvestasi selama ia memiliki tekad kuat untuk melakukannya.

Nah, jika Anda merasa peduli dengan keuangan, tidak ada salahnya untuk mulai menanamkan sejumlah dana ke salah satu instrumen, yakni deposito. Instrumen yang satu ini dapat memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Cara menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu pun sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan pemilihan produk yang tepat agar sebuah keuntungannya bisa menjadi maksimal.


Baca juga: Mengenal Tujuan Investasi Jangka Pendek dan Jenisnya Lebih Jauh


Ada Jaminan Keamanan oleh Lembaga Penjamin Simpanan

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh investor ketika memilih produk perbankan ini adalah adanya jaminan keamanan oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Banyak orang yang beranggapan bahwa menginvestasikan uang di instrumen tertentu dapat membahayakan harta mereka. Padahal jika dilakukan dengan hati-hati hal tersebut bisa dihindari.

Tak perlu khawatir jika Anda memilih menempatkan uang di rekening deposito. Karena Lembaga Penjamin Simpanan hadir memberikan proteksi pada harta yang Anda simpan di rekening tersebut. Kekhawatiran akan mengalami kerugian sangat wajar terjadi. Akan tetapi dengan memilih simpanan berjangka ini uang Anda tetap terproteksi dengan baik.

Misalnya jika bank di mana Anda menjadi nasabahnya mengalami permasalahan seperti bangkrut. Maka Anda bisa tetap tenang karena uang yang disimpan dalam rekening simpanan berjangka tersebut tidak akan hilang. Melainkan terdapat peran LPS yang akan menjamin simpanan tersebut. Tetapi jumlah yang dijamin LPS tidak lebih dari 2 milyar.


Profil Risiko yang Tergolong Rendah

Keuntungan kedua yang bisa dirasakan oleh pemilik rekening deposito adalah profil risiko rendah. Simpanan ini sangat cocok dijadikan instrumen investasi baik dalam jangka pendek maupun panjang karena risiko yang ada terbilang kecil, bahkan bisa dibilang hampir nol persen. Sehingga, ini bisa menjadi pilihan investasi yang baik bagi para pemula. 

Berbeda halnya dengan investasi saham yang memiliki risiko besar. Ada ancaman yang mengintai kapan saja jika Anda memilih saham sebagai instrumen penanaman modal. Namun perlu juga untuk diingat bahwa suatu prinsip pada investasi adalah prinsip high risk high return. Artinya, semakin tinggi profil risikonya maka tingkat pengembaliannya pun semakin besar.

Jadi, perlu diperhatikan bahwa jenis investasi ini memiliki tingkat pengembalian yang tidak sebesar instrumen lain. Meski demikian, Anda tetap dapat memperoleh keuntungan yang cukup menggiurkan. Dibanding jika memilih menabung di tabungan biasa. Karena deposito memberikan return dengan suku bunga cukup menarik. 

Lembaga perbankan memiliki produk deposito ini dengan besaran bunga yang cukup variatif. Bahkan, bunga yang bisa Anda peroleh bisa mencapai lebih dari 7%. Dengan risiko kecil serta adanya jaminan dari LPS, maka ini menjadi pilihan yang sangat masuk akal untuk mendatangkan keuntungan finansial. Jadi, tidak ada salahnya memulainya sekarang.


Adanya Fleksibilitas dalam Menentukan Tenor

Keuntungan berikutnya jika Anda memilih menempatkan uang di rekening deposito yaitu adanya fleksibilitas dalam menentukan tenor. Berbeda dari rekening tabungan biasa, ketika Anda memiliki rekening simpanan berjangka ini maka tidak bisa melakukan penarikan sewaktu-waktu. Ada jangka waktu atau tenor tertentu jika ingin mengambil uang di rekening ini.

Uang yang tersimpan, baik pokok maupun bunga hanya bisa diambil jika sudah memenuhi tenor yang telah disepakati. Ada beberapa besaran jumlah pada pilihan sebuah tenor misalnya dalam jumlah waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga jumlah waktu 12 bulan lamanya. Anda juga dapat menentukan jumlah sebuah tenor yang sesuai dengan sebuah tujuan yang sedang diinginkan. Jika sudah memenuhi jangka waktu tersebut, hasilnya bisa diambil. 

Dengan tingkat bunga yang telah ditentukan oleh bank, Anda bisa memperoleh pendapatan tetap setiap tenornya. Tentunya ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Semakin besar jumlah uang yang Anda setorkan, maka jumlah pengembaliannya pun semakin tinggi. Menabung di deposito juga mengajarkan Anda untuk tidak terburu-buru dalam mengambil uang.

Berbeda jika Anda hanya mengandalkan tabungan biasa di mana jumlah saldo di dalamnya bisa diambil kapan saja. Maka terdapat kecenderungan untuk menarik uang saat ingin membeli sesuatu. Hal ini sudah bisa menjadi suatu kebiasaan yang bersifat kurang baik dan tidak efektif untuk aktivitas menabung. Maka, simpanan berjangka dengan tenor ini menjadi solusi agar tidak boros.


Mempunyai Jumlah Pendapatan yang Reguler saat Melakukan Deposito

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menyimpan uang dengan periode tertentu memiliki keuntungan yang bisa diperoleh setiap nasabah pemilik rekening tersebut setiap jangka waktu yang disepakati. Besarnya keuntungan menyesuaikan dengan jumlah bunga yang diberikan bank. Semakin banyak setoran Anda, pendapatannya pun semakin besar.

Deposito terbukti dapat memberikan imbal hasil lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Setiap bank memiliki kebijakan memberikan jumlah setoran minimal untuk setiap pembukaan rekening simpanan berjangka tersebut. Akan tetapi ini sebanding dengan hasil pendapatan yang akan Anda peroleh di setiap tenor.

Anda dapat menarik suatu hasil dari pendapatan tersebut baik dalam jangka waktu selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, ataupun dalam waktu 12 bulan. Nasabah berhak menentukan apakah hendak mengambil bunganya saja tanpa harus mengurangi jumlah saldo yang diinvestasikan. Selanjutnya, apabila sudah mencapai tenor maka nasabah bisa memperpanjangnya. 

Aspek finansial adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Oleh sebab itu, Anda wajib membuka pikiran untuk mengatur keuangan sedemikian rupa agar tidak mengalami kesulitan di kemudian hari. Salah satu cara menginvestasikan harta dengan aman bagi pemula yaitu memilih deposito.


Baca juga: Keuntungan Investasi yang Akan Anda Dapatkan Saat Pandemi Covid-19


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru