Finansial

Bisnis

Keuntungan Memilih Pinjaman Online Bunga Kecil untuk Bisnis

Kabrina Rian Ferdiani-

10 May 2021

Keuntungan Memilih Pinjaman Online Bunga Kecil untuk Bisnis

Pinjaman online bunga kecil tentu menjadi pilihan menarik bagi Anda yang tengah membutuhkan sumber dana tambahan, misalnya untuk bisnis. Saat ini kegiatan meminjam atau kredit sudah jamak dilakukan oleh banyak kalangan.

Dengan dukungan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, kini aktivitas di sektor keuangan juga turut memanfaatkan kecanggihannya yaitu berupa pinjaman online. Nah, berikut ini beberapa keuntungan mengajukan pinjol untuk bisnis Anda. 


Proses Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Mudah

Salah satu keuntungan mengajukan kredit secara online adalah prosesnya terbilang mudah. Sesuai dengan namanya, pengajuan kredit ini tidak mengharuskan Anda untuk mendatangi kantor penyedia kredit melainkan secara daring. 

Dengan adanya teknologi komputer dan internet, kini Anda bisa mengajukan kredit kapan saja dimana saja. Tidak perlu khawatir dengan jarak yang jauh terbentang maupun waktu karena Anda dapat melakukannya kapanpun setiap saat.

Berbeda dengan kredit bank konvensional, pinjaman online bunga kecil prosesnya relatif lebih cepat dan mudah. Tidak seperti pinjaman bank dimana Anda terlebih dahulu harus mendatangi kantor bank tersebut. 

Ini tentunya dapat menyita waktu, tenaga, dan biaya tersendiri terlebih jika lokasi kantor bank terdekat berada jauh dari alamat tempat tinggal Anda. Namun dengan hadirnya fintech yang menyediakan pinjol, hal tersebut dapat teratasi. 

Untuk mengajukan pinjaman online bunga kecil, Anda hanya perlu mengakses website penyedia kredit. Bisa juga melalui aplikasi khusus yang telah mereka kembangkan sehingga prosesnya lebih praktis. 


Baca juga: Perhatikan Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal



Mendapatkan Dana dalam Waktu Cepat

Untuk menjalankan bisnis khususnya dalam kegiatan produksi, tentu ketersediaan dana menjadi hal krusial. Setiap pengusaha memerlukan biaya tersendiri agar produknya dapat diproduksi dengan lancar tanpa hambatan.

Namun apabila kondisi finansial usaha Anda tidak stabil, tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan oleh berbagai platform fintech. Memilih pinjaman online bunga kecil memberikan keuntungan tersendiri bagi pebisnis. 

Hal ini karena proses pencairannya yang cepat, bahkan berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan pengajuan kredit bank. Untuk mencairkan dana kredit di bank, biasanya Anda memerlukan waktu satu bahkan hingga dua minggu.

Lain halnya jika Anda memilih pinjol dengan bunga kecil, karena proses sampai disetujui bisa dalam jangka waktu 24 jam. Ini tentu sangat membantu ketika Anda membutuhkan dana mendesak untuk kepentingan bisnis. 

Dengan jangka waktu persetujuan yang singkat, tentu jumlah uang pinjaman kemungkinan tidak sebanyak kredit bank. Biar bagaimanapun, ini cocok bagi Anda yang sedang merintis usaha dengan modal minim.


Berbagai Persyaratan Pengajuan yang Mudah

Sebelum mendapatkan pinjaman online bunga kecil, peminjam tentu harus memenuhi beberapa persyaratan yang diberikan oleh pemberi pinjaman. Tidak seperti kredit bank, meminjam uang lewat fintech secara online lebih praktis. 

Jika saat mengajukan kredit bank Anda harus menyiapkan berbagai berkas dokumen, lain halnya dengan pengajuan pinjol. Umumnya persyaratan yang diajukan oleh perusahaan penyedia pinjaman online tidaklah rumit. 

Dokumen yang biasanya perlu disiapkan adalah KTP dan rekening bank. Meski demikian, pada dasarnya terkadang ada juga yang memberikan persyaratan lebih banyak seperti catatan penghasilan atau lain sebagainya.

Selain itu, pinjaman online bunga kecil biasanya juga hadir lewat platform aplikasi smartphone. Platform ini terkadang meminta nasabahnya agar mengunggah foto selfie mereka secara jelas dan terang. 

Ini merupakan langkah untuk memverifikasi keaslian identitas orang yang mengajukan pinjaman menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Jika semua syarat sudah dipenuhi, Anda tinggal menunggu proses persetujuannya. 


Plafon Kecil Cocok untuk Usaha Kecil

Terkadang Anda membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Sementara kredit bank biasanya menyediakan fasilitas pinjaman dengan minimal nominal tertentu yang melebihi kebutuhan Anda.

Untuk mengatasinya, pinjaman online bunga kecil adalah solusi yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Hal tersebut karena jenis kredit ini menyediakan pilihan plafon dengan nominal tidak terlalu besar. 

Jenis kredit online ini tersedia mulai dari Rp500 ribu, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memerlukan dana kecil guna menambah modal usaha. Jumlah pinjaman dengan plafond kecil tentu membayar cicilannya juga lebih ringan.


Baca juga: Tips Memilih P2P Lending untuk Dapatkan Pinjaman Usaha


Diberi Pilihan untuk Masa Tenor Lebih Pendek

Keuntungan lain memilih pinjaman online bunga kecil adalah Anda diberi pilihan untuk tenor lebih pendek. Kredit online yang disediakan oleh perusahaan maupun fintech umumnya memberikan masa jatuh tempo relatif singkat.

Tenor untuk jenis pinjaman ini mulai dari 30 hari sehingga dirasa lebih ringan bagi para pegawai yang masih mengandalkan gaji bulanan. Ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang masih berjuang membangun bisnis dari nol.

Coba bandingkan dengan kredit bank dimana masa jatuh temponya paling singkat adalah 6 bulan, tentu ini dapat memberikan beban tersendiri ketika harus membayar angsuran setiap bulannya. 

Dengan tenor pendek, Anda dapat merencanakan pembayaran angsuran secara teratur dan singkat. Di sisi lain, kondisi finansial bisnis juga tetap lancar dan bahkan memberikan efek positif jika proses produksi dapat berjalan lancar. 


Tidak Memerlukan Jaminan atau Agunan Apapun

Pinjaman online bunga kecil selain mudah pengajuannya juga tidak memerlukan jaminan atau agunan apapun. Terkadang salah satu persyaratan dalam mengajukan pinjaman adalah peminjam perlu menyerahkan jaminan tertentu. 

Namun dengan pinjol legal, Anda tidak memiliki kewajiban menjaminkan sesuatu kepada pemberi pinjaman. Dengan demikian, jenis kredit ini sangat ramah kepada semua golongan karena dapat diakses siapa saja. 

Pinjaman tanpa jaminan membuat kepemilikan aset usaha Anda tetap utuh dan tidak perlu khawatir akan diambil alih oleh pemberi kredit. 

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa diambil dari fasilitas kredit online, Anda dapat mengembangkan bisnis secara perlahan namun pasti. Pinjaman online bunga kecil semakin mudah dan bisa diakses siapa saja.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru