Finansial

Gaya Hidup

KPR BNI: Jenis, Syarat, dan Keunggulannya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Jun 2021

KPR BNI: Jenis, Syarat, dan Keunggulannya

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sudah lama menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan rumah tinggal mereka. Seperti yang kita tahu, harga rumah itu termasuk mahal.

Kebanyakan masyarakat tidak sanggup membayar pembelian rumah dengan sekali lunas. Kehadiran KPR yang membantu mereka. Salah satunya adalah KPR BNI.

BNI menawarkan berbagai jenis KPR yang menjadi opsi berdasarkan kebutuhan Anda. KPR BNI juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Untuk itulah di sini akan dibahas mengenai KPR BNI mulai dari jenis, syarat pengajuan, dan keunggulannya.

 

Baca juga: Berikut ini 4 Keuntungan Investasi Properti

 

Jenis KPR BNI

PT Bank Negara Indonesia sebagai bank plat merah Indonesia sudah berpengalaman dalam menyediakan KPR yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tidak mengherankan jika KPR milik BNI ini merupakan salah satu program pemilikan rumah yang diandalkan di Indonesia. Untuk itulah Anda perlu mengetahui jenis KPR BNI lebih jauh.

Di bawah ini adalah jenis KPR BNI yang bisa Anda pilih.

1. KPR BNI Griya

Merupakan jenis KPR yang paling umum di BNI. Dengan KPR ini Anda bisa membeli rumah, apartemen, rukan, ruko, vila, kondominium, dan tanah yang menjadi pilihan Anda. Besar pinjaman yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Tidak hanya membeli, Anda juga bisa mengajukan KPR jenis ini untuk merenovasi bangunan, refinancing, top up, hingga mengambil alih kredit (over kredit) yang sudah berjalan sebelumnya. 

2. KPR BNI Griya Multiguna

Merupakan jenis KPR lain yang ada di BNI. KPR jenis ini mengharuskan Anda memberikan agunan kepada BNI berupa properti yang siap untuk ditinggali yang di dokumennya tertulis atas nama Anda atau pasangan Anda.

Plafon yang ditawarkan di KPR ini lebih rendah ketimbang KPR Griya biasa. KPR Griya Multiguna lebih cocok diajukan untuk perbaikan atau renovasi bangunan dan untuk tujuan kredit lainnya di luar pembelian rumah.

 

Syarat dan Dokumen untuk Pengajuan KPR BNI Griya dan Griya Multiguna

Uniknya, setiap jenis KPR di BNI punya syarat pengajuan yang sama, begitu juga dengan dokumennya. Seperti inilah syarat dan dokumen yang perlu Anda persiapkan dengan baik.

1. Syarat KPR

  • Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP.
  • Pemohon berumur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun untuk karyawan yang masuk ke masa pensiun. Atau maksimal 65 tahun untuk pemohon yang merupakan pekerja profesional atau wirausahawan.
  • Mengisi formulir yang disediakan oleh BNI.
  • Menyiapkan dokumen yang lengkap.

2. Dokumen Pengajuan KPR

  • Fotokopi KTP pribadi atau pasangan (suami-istri).
  • Fotokopi Surat Nikah untuk pemohon yang telah menikah.
  • Fotokopi rekening gaji selama 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi NPWP dan bukti SPT Tahunan.
  • Fotokopi rekening koran selama 6 bulan terakhir.
  • Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan, beserta slip gaji.
  • Untuk pekerja profesional, wajib melampirkan fotokopi surat izin praktik atau SK (Surat Kepengurusan).
  • Untuk wirausahawan, wajib melampirkan fotokopi TDP/SIUP/NIB, laporan keuangan dalam 2 tahun belakangan, serta fotokopi Akte Pendirian.
  • Pas foto pemohon pribadi atau pasangan (suami dan istri) berukuran 3x4.
  • Fotokopi dokumen rumah yang akan dibeli berupa sertifikat, IMB, dan PBB.

 

Keunggulan KPR BNI

Masing-masing KPR BNI memiliki keunggulan yang akan membantu Anda. Seperti ini keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilihnya.

1. KPR Griya

  • Plafon pinjaman yang ditawarkan cukup besar. Maksimal kredit yang ditawarkan mencapai Rp20 miliar.
  • Jangka waktu kredit KPR BNI juga cukup panjang, yaitu mencapai 30 tahun.
  • Pengajuan kredit saat ini bisa dilakukan secara online melalui e-formulir BNI Griya yang dapat Anda temukan di situs web resmi milik BNI dan mobile banking BNI.
  • Anda bisa mengajukan properti di mana saja, sesuai dengan pilihan Anda.
  • Suku bunga KPR BNI 2021 untuk KPR Griya mulai dari 4,74% hingga 7,25%, dengan sistem bunga fixed selama 1 tahun pertama cicilan. Suku bunga mengalami penurunan karena insentif yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi berlangsung.
  • Untuk harga rumah di bawah Rp2 miliar, DP KPR BNI yang ditawarkan adalah 0%.

2. KPR Griya Multiguna

  • Plafon pinjaman yang ditawarkan maksimal adalah Rp2,5 miliar, 80% dari harga rumah.
  • Jangka waktu cicilan yang ditawarkan di KPR jenis ini maksimal adalah 10 tahun.
  • Pengajuan kredit saat ini bisa dilakukan secara online melalui e-formulir BNI Griya yang dapat Anda temukan di situs web resmi milik BNI dan mobile banking BNI. Prosesnya mudah dan cepat.
  • Pinjaman dana tidak hanya untuk renovasi rumah, tapi bisa juga digunakan untuk keperluan konsumtif yang disesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Bunga yang ditawarkan untuk KPR Griya Multiguna adalah 12% per tahun.

 

Baca juga: Investasi Properti atau Pasar Saham? Ini Pembahasannya

 

KPR BNI Simulasi

Sebelum melakukan pengajuan KPR BNI, Anda perlu melakukan simulasi KPR terlebih dahulu, Simulasi kredit ini akan membantu Anda untuk mengetahui kira-kira berapa cicilan rumah yang harus Anda bayar yang menyesuaikan dengan harga rumah dan suku bunga yang berlaku untuk saat ini.

Simulasinya tidak perlu Anda cari jauh-jauh karena BNI sudah menyediakan simulasi canggih di situs web resminya. Anda dapat menyesuaikannya dengan program KPR yang dipilih. Anda bisa mengunjungi situs untuk simulasi KPR BNI di halaman berikut ini.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang sedang berencana mengambil KPR dan semoga Anda bisa memiliki hunian yang sudah Anda impikan sejak lama.

 

Dapatkan Penghasilan Tambahan untuk Beli Rumah dengan Berinvestasi di Modal Rakyat

Untuk Anda yang sedang mengincar penghasilan tambahan untuk membeli rumah idaman, Anda bisa mendaftar sebagai investor di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan kepada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun sekalian membantu para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi imbal hasil yang Anda raih mencapai 25% per tahun. Berinvestasi di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai investor di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru