Finansial

Kunci Sukses Investasi Emas bagi Investor Pemula

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Jun 2021

Kunci Sukses Investasi Emas bagi Investor Pemula

Jika ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi emas, maka ketahui kunci sukses meraihnya. Investasi adalah kegiatan di mana Anda menempatkan uang pada alat-alat investasi dengan tujuan mendapatkan imbal hasil. 

Satu di antara instrumen permodalan yang paling populer dan mendapat kepercayaan dari sebagian besar masyarakat adalah emas. Logam mulia ini adalah komoditas menarik yang mampu menghasilkan keuntungan jika Anda tahu bagaimana cara kerjanya.


Baca juga: Emas‌ ‌Putih‌ ‌vs‌ ‌Emas‌ ‌Kuning‌ ‌untuk‌ ‌Investasi,‌ ‌Untung‌ ‌Mana?‌


Kunci Sukses Investasi Emas, Tentukan Tujuannya

Hal pertama yang wajib dipahami investor adalah menentukan tujuan. Investasi tanpa tujuan justru membuat Anda tidak mampu menentukan strategi. Membeli komoditas berharga ini sebagai aset permodalan tanpa tujuan adalah suatu kesalahan.

Pastikan Anda tidak mengalokasikan dana untuk membeli emas dan tanpa mengetahui apa tujuannya. Tidak memiliki tujuan bukanlah daftar dalam kunci sukses, kemungkinan yang terjadi tanpa adanya tujuan Anda akan menjual komoditas tersebut sewaktu-waktu.

Lain halnya apabila investor yang mempunyai tujuan spesifik, contohnya untuk membeli rumah, dana pernikahan, dana pendidikan, pensiun, dan lain sebagainya. Jika mempunyai tujuan yang jelas, Anda dapat membuat perencanaan secara terukur. 


Menyesuaikan dengan Kemampuan Finansial Anda

Kunci sukses dalam investasi tersebut juga harus memperhatikan kondisi finansial Anda. Setiap orang memiliki keuangan yang berbeda-beda. Jadi, setiap investor mempunyai kemampuan tersendiri dalam membeli komoditas logam mulia tersebut.

Anda perlu mengetahui seberapa besar kemampuan dalam mengumpulkan gram demi gramnya. Investasi adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan ketika kondisi keuangan sudah aman. Artinya, uang untuk komoditas tersebut tidak mengganggu kebutuhan lain.

Sedangkan apabila masih memiliki kewajiban yang sifatnya lebih mendesak, sebaiknya tunda dulu investasi tersebut. Jika sudah mencapai posisi keuangan yang lebih stabil, Anda dapat mulai membeli emas sedikit demi sedikit.


Ketahui Saat Terbaik untuk Membeli Emas

Kunci sukses berikutnya dalam investasi logam ini adalah mempelajari kapan saat terbaik untuk membelinya. Idealnya, saat yang tepat adalah ketika harga komoditas ini sedang mengalami penurunan alias berada pada harga terendahnya. 

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mempelajari momen tren penurunan harga emas berdasarkan data historisnya. Sedangkan saat harganya mengalami kenaikan cukup tinggi, itulah waktu yang terbaik untuk menjualnya. 

Membeli di harga terendah dan menjualnya ketika harga sedang tinggi-tingginya adalah kunci sukses dalam memperoleh keuntungan investasi emas secara optimal. Namun bagi pemula, terkadang pola kenaikan dan penurunan harga komoditas ini masih sulit dibaca.

Jika Anda mengalami kesulitan tersebut, solusi terbaiknya adalah membelinya secara rutin. Menunggu harga turun terkadang justru membuat uang yang telah dialokasikan sebelumnya digunakan untuk membeli barang lain.

Jika ingin menghindari hal ini, Anda perlu membeli emas secara berkala. Jika memungkinkan, belilah emas setiap bulan dengan nominal yang disesuaikan kemampuan finansial Anda.


Membeli Jenis Emas dalam Bentuk Batangan

Kunci sukses investasi logam mulia ini berikutnya adalah membeli logam mulia ini dalam bentuk batangan. Masih banyak persepsi yang salah kaprah mengenai investasi emas. Sebagian orang masih mengira bahwa investasi logam mulia ini adalah berupa perhiasan.

Sehingga terkadang mereka lebih memilih membeli cincin, gelang, kalung, atau jenis perhiasan emas lainnya.

Padahal, pilihan logam mulia paling tepat untuk kunci sukses investasi adalah emas batangan. Karena jenis logam mulia ini memiliki nilai jual tinggi dan lebih mudah dijual (bersifat likuid). Lain halnya dengan emas perhiasan. 

Pada perhiasan, terkadang pembuatannya tidak murni menggunakan logam mulia tersebut tetapi ada juga yang diberi campuran logam lain. Di samping itu, perlu Anda ketahui juga bahwa harga sebuah perhiasan juga melibatkan proses pembuatannya.

Perhiasan menawarkan unsur keindahan, bukan hanya logam mulia semata. Sehingga bisa jadi perhiasan mengalami penurunan harga jual di masa mendatang. Maka dari itu, kunci sukses investasi logam mulia ini adalah memilih jenis batangan.


Baca juga: Peer-to-Peer Lending Indonesia: Investasi untuk Anak Muda


Tempat Penyimpanan

Emas adalah komoditas fisik yang dapat dilihat dan dipegang. Logam mulia ini memiliki nilai jual tinggi sehingga kerap menjadi incaran banyak orang. Maka tidak mengherankan jika terdapat banyak kasus kriminal berupa pencurian komoditas berharga tersebut.

Kunci sukses agar investasi emas Anda menghasilkan keuntungan maksimal adalah menyimpannya di tempat aman. Emas batangan ada beberapa jenis gramasinya, mulai dari 1 gram hingga mencapai berat kiloan. 

Logam dengan gramasi rendah tentu ukurannya kecil. Akan tetapi, sekecil apapun logam mulia tetap memiliki nilai jual tersendiri sehingga wajib disimpan secara hati-hati. Terlebih jika jumlah yang sudah Anda beli semakin banyak.

Setiap investasi pasti memiliki risiko, dan salah satu risiko menginvestasikan uang pada komoditas logam mulia ini adalah terjadinya kehilangan akibat pencurian dan sebagainya. Untuk melindungi aset ini, sebaiknya Anda menggunakan layanan safe deposit box. 

Kunci sukses menyimpan emas agar tidak hilang adalah menyimpannya di safe deposit box tersebut. Layanan ini biasanya disediakan oleh institusi bank. Bisa juga menyimpannya di Pegadaian yaitu lewat layanan Brankas PT Antam.


Lakukan Jangka Menengah hingga Panjang

Keuntungan dalam kegiatan bisnis tidak bisa diperoleh secara instan. Hal ini juga berlaku pada aktivitas investasi emas. Ketika Anda membeli komoditas berharga ini, jangan berekspektasi akan mendapat keuntungan dalam hitungan hari.

Agar mendapat keuntungan secara optimal, tentukan jangka waktu investasi. Rekomendasi yang disarankan bagi investor komoditas ini yaitu jangka menengah hingga panjang. Dengan durasi setidaknya 5 tahun.

Emas sejak dulu menjadi komoditas bernilai tinggi sehingga cocok dijadikan investasi. Logam mulia ini banyak menjadi pilihan utama khususnya bagi investor pemula. Anda dapat menerapkan kunci sukses di atas supaya mendapat imbal hasil maksimal.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru