Gaya Hidup

Yuk, Simak 10+ Kunci Sukses Membangun Karier Berikut

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Sep 2020

Yuk, Simak 10+ Kunci Sukses Membangun Karier Berikut

Meraih kesuksesan tentu menjadi impian banyak orang. Dalam dunia profesional, secara umum, seseorang ingin terus mengembangkan kariernya.

Jika kamu ingin menggapai kesuksesan dalam pekerjaan, yuk simak beberapa kunci sukses untuk memulai dan membangun karier berikut ini.


Baca juga: Definisi Sukses Menurut Orang-Orang Sukses


1. Milikilah Sikap Positif

Salah satu penilaian terhadap seseorang dilihat dari bagaimana caranya bersikap. Kamu perlu membangun sikap positif sebagai kebiasaan permanen dalam hidup.

Sebagai seorang manusia, kamu perlu mengetahui bagaimana kamu akan bersikap ketika dihadapkan pada kondisi-kondisi tertentu. Kamu harus bisa mengendalikan sikap yang akan kamu ambil.


2. Percaya pada Dirimu Sendiri

Pahami sifat potensi manusia melalui proses sederhana untuk mengidentifikasi bakat dan kemampuan pribadimu. Kembangkan kekuatan akademis dan minat pribadi untuk menciptakan pemenuhan pribadi dan peluang ekonomi untuk masa depan kamu.


3. Bangun Kebiasaan Positif

Pahami proses bagaimana kebiasaan diciptakan. Belajar untuk mengidentifikasi dan menghilangkan kebiasaan yang merugikan diri sendiri.

Sebaliknya, bentuk kebiasaan yang akan membuat semua aspek kehidupan kamu lebih mudah dan lebih sukses.


4. Mengambil Inisiatif

Persyaratan karier saat ini sangat berkembang dan membutuhkan lebih dari seseorang yang tidak mau mengambil risiko.

Dalam lanskap karier yang kompetitif saat ini, pemberi kerja mencari individu yang dapat membawa ide-ide segar ke meja, mengambil inisiatif, memulai proyek baru, memberikan solusi baru, dan menciptakan peluang baru untuk bisnis.


5. Jadilah Penilai bagi Dirimu Sendiri

Salah satu kunci sukses untuk mencapai karier yang gemilang adalah dengan terus menilai kinerja diri sendiri. Jangan menunggu penilaian tahunan kamu - lakukan sendiri.

Cara ideal untuk melakukan ini adalah dengan mengidentifikasi tujuan yang dapat diukur dan menetapkan garis waktu untuk mencapainya.

Mulailah dengan menetapkan tujuan jangka pendek saat kamu baru dalam suatu pekerjaan. Buat rencana terperinci untuk mencapai tujuan ini. Bagi tugas menjadi tugas mingguan atau bahkan harian dan isi formulir kecil di akhir minggu untuk menilai tujuan dan menentukan apakah perlu mengubah strategi.


6. Bersiaplah untuk Belajar

Untuk unggul dalam karier, kamu harus mau belajar. Tidak peduli dari universitas mana kamu lulus atau nilai apa yang kamu miliki, kehidupan profesional akan sangat berbeda dari perguruan tinggi.

Bersiaplah untuk memiliki jutaan pertanyaan yang muncul setiap hari tentang apa yang kamu lakukan. Mungkin perlu waktu berhari-hari untuk memahami tugas-tugas di pekerjaan barumu.

Jadi tunjukkan kepada manajemen bahwa kamu bisa dilatih, memberi perhatian, dan selalu mau mempelajari hal-hal baru.


7. Antisipasi Kebutuhan

Untuk berhasil dalam pekerjaan baru dan mencapai kesuksesan karier, kamu harus sangat menyadari apa yang dibutuhkan manajermu. Tetap selangkah lebih maju dari bos kamu dengan bertanya pada diri sendiri, "Jika saya adalah bos saya, apa yang ingin saya lakukan selanjutnya?"

Dengan memastikan kamu menyelesaikan sesuatu secara efisien, tepat waktu, dan mengambil inisiatif untuk melakukannya sendiri, kamu akan menunjukkan sikap positif dan giat kepada manajemen yang lebih tinggi.


8. Buat Pilihan yang Bijak

Pelajari hubungan dramatis antara keadaan saat ini dalam hidupmu dan pilihan yang menciptakan keadaan tersebut. Kembangkan rencana proaktif pribadi untuk hasil yang diinginkan melalui pilihan yang sadar dan bijaksana.


9. Tetapkan dan Raih Tujuan

Kenali perbedaan antara keinginan dan tujuan. Buat komitmen, rencanakan, ambil tindakan, dan akui penyelesaian.

Ingat, kamu tidak dibayar untuk 'bekerja keras' atau 'tetap sibuk'. Pada akhirnya, yang penting bagi atasan adalah bagaimana kamu berkontribusi untuk memenuhi tujuan dan misi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa kamu dibayar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan jelas yang secara signifikan memengaruhi kinerja perusahaan serta keseluruhan misi dan visi.

Pola pikir yang berorientasi pada tujuan ini akan membantu kamu mencapai kesuksesan karier, di mana pun kamu berada di tangga perusahaan.


10. Tunjukkan, Jangan Katakan

Nilai tindakan jauh lebih besar dari sekedar kata-kata. Gunakan ini sebagai prinsip dalam berbagai urusan di kantor.

Alih-alih membual tentang semua hal yang dapat kamu lakukan dan kemudian tidak pernah benar-benar memberikan hasil,  kamu harus menunjukkan kepada manajemen apa yang mampu kamu kerjakan.


11. Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi adalah kunci kesuksesan karyawan dan organisasi. Jika manajer harus meminta laporan status, kamu tidak melakukan semua yang bisa dilakukan.

Idenya adalah untuk berkomunikasi secara proaktif dan memberi tahu mereka ketika tugas selesai dan melanjutkan ke apa yang perlu dilakukan selanjutnya.


12. Dapatkan Kepercayaan

Ini adalah salah satu tip terpenting untuk sukses yang kamu butuhkan untuk memastikan kesuksesan saat memulai pekerjaan baru. Anggap saja seperti ini: semakin cepat kamu mendapatkan kepercayaan bos atau atasan, semakin cepat mereka tidak perlu terlalu khawatir dan karenanya lebih banyak waktu luang untuk memusatkan perhatian mereka pada hal-hal mendesak lainnya.

Jika atasan menganggap kamu dapat dipercaya, mereka akan mendelegasikan tugas kepadamu. Pastikan kamu memenuhi tenggat waktu dan menepati janji. Sangat penting, terutama di awal hubungan kamu dengan atasan, bahwa kamu memenuhi setiap komitmen yang kamu buat, tidak peduli betapa sulitnya kelihatannya.


13. Bersikaplah Gigih

Lacak kemajuan, kembangkan fokus dan tekad yang dibutuhkan untuk sukses, ciptakan sikap syukur sebagai akses untuk mewujudkan impian.

Teruslah gigih untuk mengemban tanggung jawab yang dipercayakan kepadamu. Dengan begitu, kamu sedang menapaki jalan untuk meraih kesuksesan dalam berkarier.


Baca juga: Kerja Sampingan: Tips, 10 Ide, dan Hal Penting Sebelum Mulai

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru