Finansial

Kunci Sukses Menabung Agar Bisa Membeli Rumah

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Jun 2021

Kunci Sukses Menabung Agar Bisa Membeli Rumah

Kunci sukses dalam menabung sangat perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Tujuan menabung sendiri ada banyak, salah satunya yaitu membeli rumah. Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah sendiri.

Akan tetapi, terkadang itu tidak mudah diwujudkan mengingat harga rumah yang selangit. Maka dari itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya agar dapat memiliki rumah sendiri. Salah satunya tentu saja menabung dengan kiat-kiat berikut ini. 


Baca juga: Terapkan Cara Menabung untuk Liburan a la Mahasiswa Berikut


Catat Penghasilan dengan Cara Rutin

Kunci sukses pertama dalam menabung adalah melakukan pencatatan terhadap penghasilan Anda secara rutin. Penghasilan bukan hanya bersumber dari gaji, melainkan dapat bersumber dari tempat lain seperti usaha, piutang, dan lainnya. 

Jumlah penghasilan Anda mungkin tidak selalu sama setiap bulannya, oleh karena itu pencatatan secara rutin perlu dilakukan. Ini bertujuan agar Anda dapat memonitor berapa uang yang masuk ke kantong. 

Kemudian, tentukan berapa banyak uang yang ditabung setiap bulannya. Jumlah atau nominal tabungan setiap orang berbeda-beda. Anda dapat menggunakan metode persentase untuk menentukan berapa banyak anggaran tabungan tersebut.

Umumnya, jumlah anggaran yang dipakai untuk menabung minimal adalah 20% dari total pendapatan. Jumlah ini bisa saja lebih besar apabila Anda memiliki sumber pendapatan lebih banyak. Lakukan pencatatan secara rutin di awal bulan. 


Kunci Sukses Utama dengan Mengalokasikan Anggaran di Awal Bulan

Usai menerima gajian di awal bulan, seseorang sering kali merasa memiliki banyak uang. Sehingga kebanyakan dari mereka menggunakan uang gajian untuk membeli beragam barang, mulai dari keperluan penting hingga tidak penting. 

Sehingga tanpa sadar mereka akan kehabisan uang bahkan sebelum tanggalan mendekati akhir bulan. Hal ini harus Anda hindari jika ingin memperoleh cukup biaya guna membeli hunian idaman.

Kunci sukses agar terhindar dari permasalahan tersebut yaitu selalu mengalokasikan anggaran terlebih dahulu untuk ditempatkan pada tabungan. Hindari pemikiran Anda menabung dari sisa uang gajian setelah dihabiskan guna memenuhi kebutuhan lainnya.

Pemikiran seperti itu adalah anggapan salah kaprah karena kebanyakan uang Anda tidak bersisa. Agar dapat memiliki uang untuk membeli rumah, wajib mengalokasikan sekurang-kurangnya 20% dari total pendapatan Anda setiap bulannya.


Kunci Sukses Menabung dengan Membuat Rekening Khusus

Saat ini mayoritas orang menempatkan uang mereka baik dari gajian ataupun hasil usaha ke dalam akun rekening bank. Penempatan uang di rekening tentu mudah dicairkan menggunakan teknologi ATM.

Nah, agar Anda tidak tergiur untuk mengambil uang yang telah terkumpul, pastikan tidak mencampurkannya dalam satu rekening. Sebagai gantinya, buatlah satu rekening secara khusus dan dipakai untuk menyimpan dana tabungan guna membeli rumah.

Kiat kunci sukses ini perlu mendapat pertimbangan khusus agar Anda tidak kesulitan dalam mengatur keuangan sehingga alokasi dana kebutuhan dan tabungan tidak tercampur baur. Hindari juga penggunaan ATM pada akun rekening kedua tadi.

Tanpa adanya ATM, pencairan tentu saja lebih sulit dilakukan. Ini sebagai langkah antisipasi agar dana di rekening tersebut tidak diganggu sehingga dapat terkumpul secara rutin serta efektif.

Sedangkan akun rekening lainnya dapat Anda gunakan untuk menyimpan uang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya membayar tagihan listrik, air, pulsa, internet, makanan, minuman, transportasi, dan lain sebagainya.


Kunci Sukses Menabung dengan Menghindari Utang

Cara agar jumlah tabungan Anda dapat digunakan untuk membeli rumah salah satunya dengan menghindari utang. Membeli barang seperti kendaraan hingga barang mewah secara mencicil otomatis membuat pengeluaran bulanan seseorang meningkat.

Sebenarnya tidak ada salahnya berutang akan tetapi konsekuensinya adalah Anda tidak dapat mencapai target secara cepat. Membeli barang-barang mewah seperti tas atau sepatu branded sebaiknya juga ditunda.

Tidak ada salahnya jika ingin memenuhi gaya hidup, akan tetapi sebaiknya tidak mengganggu alokasi dana tabungan Anda. Karena pada dasarnya kunci sukses menabung adalah melakukannya secara konsisten serta disiplin.


Raih Tujuan dengan Melakukan Investasi

Investasi sebenarnya tidak sama dengan menabung karena dalam investasi terdapat risiko di baliknya. Meski begitu, di sisi lain investasi juga berpotensi mendatangkan keuntungan bagi Anda. Sehingga ini merupakan cara menghasilkan uang untuk membeli rumah.

Investasi merupakan kegiatan menanamkan sejumlah modal pada instrumen keuangan tertentu seperti emas, reksadana, dan lainnya dengan tujuan memperoleh keuntungan dari imbal hasil. Jika belum familiar dengan kegiatan ini, sebaiknya pilih instrumen minim risiko.

Kunci sukses investasi agar terhindar dari kerugian adalah memilih yang risikonya rendah dan relatif aman, terlebih jika Anda masih pemula. Ada beragam pilihan instrumen yang cocok dan relatif aman untuk investor pemula. 

Misalnya logam mulia emas atau reksadana pasar uang. Emas memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat sehingga banyak disukai oleh para investor pemula. Hal ini karena emas bersifat fisik dan dapat disimpan sendiri jadi lebih yakin.

Sementara jika menempatkan dana di reksadana pasar uang, Anda tidak akan dipusingkan dalam memilih instrumen pasar modal. Karena sudah terdapat Manajer Investasi yang mengelola dana investor secara profesional. 


Baca juga: 6 Pelajaran Hidup Sederhana dan Mandiri dari Cinta Laura


Disiplin dan Fokus pada Tujuan

Kunci sukses menabung agar dapat membeli rumah berikutnya yaitu fokus pada tujuan Anda. Rumah merupakan properti yang harganya tidak bisa dikatakan murah. Sehingga kemungkinan harus menabung bertahun-tahun. 

Fokus pada tujuan berarti Anda benar-benar serius mengalokasikan dana tersebut guna membeli rumah. Sebaiknya tunda dulu keinginan lain seperti membeli kendaraan atau Anda dapat menabung lagi secara khusus untuk kebutuhan lainnya.

Menabung secara fokus pada satu tujuan spesifik yakni membeli rumah akan membuat Anda semakin termotivasi. Ada baiknya menghindari juga kemungkinan yang mengundang godaan menggunakan uang tabungan tersebut. 

Menabung adalah kegiatan yang wajib dilakukan semua orang. Meski demikian nyatanya banyak yang belum bisa mencapai tujuan meskipun telah melakukannya. Hal tersebut besar kemungkinan terjadi karena tidak menerapkan kunci sukses menabung secara disiplin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru