Finansial

Gaya Hidup

Manfaat Fintech yang Membuatnya Populer dan Diminati

Paskalia-

02 Mar 2021

Manfaat Fintech yang Membuatnya Populer dan Diminati

Era kemajuan teknologi seperti sekarang berimbas pada munculnya fintech sebagai bagian tidak terpisahkan seiring berkembang pesatnya perusahaan startup.

Financial technology menjadi bagian dari perusahaan startup selain e-commerce yang begitu menggeliat serta populer di masyarakat hingga banyak sekali peminatnya lantaran hampir seluruh aktivitasnya dilakukan secara online. 

Apa saja manfaat fintech hingga begitu populer dan diminati masyarakat? Ini jawabannya.


Baca juga: Definisi, Cara Kerja, dan Kelebihan Invoice Financing


Efektif Membantu Masyarakat Terbebas dari Pinjaman Berbunga Tinggi 


Kehadiran fintech memang secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga membuatnya begitu populer. Salah satu manfaat nyata dirasakan adalah tatkala perusahaan tersebut mampu membantu masyarakat dalam urusan dana. Anda berkesempatan luas memperoleh dana dengan bunga rendah. Sehingga secara tidak langsung membuat masyarakat terbebas dari masalah finansial.  

Sudah bukan rahasia ketika meminjam di bank konvensional selain prosesnya lama bunga terbilang sangat tinggi. Akibatnya masyarakat yang awalnya terbantu menjadi sedikit terbebani ketika waktu pengembalian. Tidak jarang pengalaman buruk menimpa mereka hingga sulit mengembalikan pada waktu tepat. Kondisi seperti inilah yang patut mendapat perhatian khusus. 

Diketahui bunga berlaku di fintech berkisar antara 10% hingga 21% per tahunnya. Itu artinya apabila dibagi perbulan tentu cukup rendah. Masing-masing financial technology mempunyai kebijakan tersendiri mengenai besaran bunga sehingga cermatlah ketika memilih di mana Anda meminjam. Sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. 

Meski begitu, Anda cukup dibantu juga dengan layanan waktu pengembalian atau tenor cukup lama. Bahkan Anda dapat mengembalikan dengan metode pembayaran sekali bayar atau tanpa mencicil. Selain efektif, Anda mempunyai kesempatan mengumpulkan dana lebih lama. Sehingga pemanfaatan dana benar-benar maksimal sesuai kebutuhan. 


Terbukti Mampu Tingkatkan Perekonomian Hingga Taraf Hidup Masyarakat


Siapa bilang pinjaman hanya akan membebani hidup. Nyatanya banyak orang khususnya pelaku usaha terbantu dengan hadirnya financial technology. Sulit dipungkiri jika kini banyak orang tertarik membangun usaha meski skala kecil. Hal tersebut membuat mereka membutuhkan dana lumayan besar serta melalui pinjamanlah semua dapat terpenuhi. 

Financial technology terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan layanan diberikan. Terlepas dari hal tersebut secara umum manfaat perusahaan fintech telah dirasakan begitu nyata di tengah masyarakat. Tidak heran apabila seiring berjalannya waktu peran perusahaan sangatlah cepat selaras dengan tingginya transaksi melibatkan financial technology.

Umumnya pinjaman melalui fintech dapat dilakukan secara online lewat aplikasi. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui smartphone. Dengan begitu, Anda dapat melakukan transaksi peminjaman, transfer dana hingga pembayaran lewat aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat popularitas perusahaan meningkat lantaran kemudahannya. 

Selain bermanfaat guna membantu dalam hal pendanaan modal, perusahaan finansial tersebut juga tidak memberatkan terkait prosesnya. Mereka menyadari bahwa tidak semua orang meminjam dengan kondisi lapang. Ada juga yang meminjam dalam kondisi mendesak sehingga membutuhkan dana secara cepat. Akan cukup berisiko apabila dana tidak langsung cair. 

Terlepas dari itu, secara tidak langsung fintech diakui mampu membantu perekonomian masyarakat hingga nasional. Bahkan terbukti mampu tingkatkan taraf hidup menjadi lebih baik lewat pemodalan cepat bagi setiap pelaku usaha yang membutuhkan modal besar. Iklim perekonomian nasional juga ikut mendapat imbas cukup positif tiap tahunnya. 


Baca juga: Fintech Lending yang Terdaftar dan Berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Arus Inklusi Keuangan Nasional Lancar Serta Tepat Sasaran


Masih terkait dengan perekonomian nasional di mana membutuhkan peran banyak pihak guna meningkatkannya. Salah satunya peran perusahaan finansial fintech yang menjalankan misinya langsung menyentuh masyarakat. Suatu hal yang sulit dilakukan mengingat akses selama ini tidak terlalu efektif bahkan hampir pasti tidak tepat sasaran. 

Berbicara masalah inklusi keuangan maka berkaitan juga dengan bagaimana masyarakat mempunyai hak akses secara penuh terhadap layanan keuangan. Semua orang mempunyai kesempatan sama guna mengaksesnya secara cepat, terjangkau, nyaman, serta mudah. Munculnya fintech setidaknya membuat layanan keuangan tidak terpaku pada bank konvensional. 

Hal tersebut terlihat dari banyaknya transaksi keuangan yang sekarang tidak hanya dapat dilakukan di bank. Anda dapat melakukannya dengan efektif melalui perusahaan finansial tersebut. Sebuah inovasi baru guna meningkatkan arus inklusi keuangan serta UMKM skala kecil menengah juga kondisinya semakin membaik hingga taraf ekonomi meningkat. 

Sebenarnya fintech tidak hanya melayani kegiatan pinjam-meminjam saja melainkan ada bisnis seperti jual beli saham, transfer dana, investasi ritel, serta masih banyak lainnya. Hadirnya perusahaan bagian startup tersebut memungkinkan Anda guna melakukan transaksi secara efektif dan efisien. Serta dapat dilakukan di mana saja Anda berada. 


Baca juga: Keuntungan Peer-to-Peer (P2P) Lending bagi Pendana


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat


Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui P2P Lending Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru