Bisnis

5 Cara Memanfaatkan Skill untuk Memulai Bisnis Sampingan

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Sep 2020

5 Cara Memanfaatkan Skill untuk Memulai Bisnis Sampingan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda dan memberi diri Anda dasar yang kokoh untuk tumbuh menjadi wirausaha di masa depan adalah dengan memulai bisnis sampingan Anda sendiri.

Jika Anda memilih peluang bisnis yang tepat, ada ruang bagi Anda untuk terus mengembangkan basis pelanggan Anda, sekaligus mempertahankan pekerjaan harian Anda. Dari sana, jika Anda mengambil langkah yang benar, Anda akan dapat membangun pendapatan sampingan Anda melebihi dari pekerjaan harian Anda dan meluncurkan ke dunia wirausaha.

Namun, sebelum Anda memulai, Anda harus terlebih dahulu memahami berbagai cara yang akan Anda lakukan untuk menemukan dan memvalidasi ide bisnis sampingan ideal Anda.


Baca juga: 6 Tips Marketing di Instagram untuk Bisnis Anda


Kesalahan yang Mungkin Dilakukan

Percakapan dengan calon wirausahawan telah mengungkapkan bahwa salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan berulang kali ketika orang mencari peluang bisnis sampingan yang benar adalah mereka mengabaikan sumber daya terbaik mereka sepenuhnya: keahlian yang ada.

Misalnya, seorang penulis dan pemasar berdasarkan perdagangan harus tahu bahwa mereka perlu melibatkan kekuatan inti mereka dalam membuat konten yang menarik, dan menampilkannya di depan audiens online yang besar jika mereka ingin memiliki kesempatan untuk sukses dan bersaing dengan orang lain. di ruang saya.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses dalam bidang Anda, Anda harus menggunakan kekuatan Anda. Apakah Anda masih ragu tentang keterampilan apa yang dapat Anda hasilkan dengan bisnis sampingan? Ambil Penilaian Keterampilan Pengusaha.


Cara Mengubah Skill Menjadi Bisnis Sampingan

Setelah Anda menentukan kekuatan mana yang akan Anda rencanakan untuk dimanfaatkan, berikut adalah lima cara untuk mengubah keterampilan itu menjadi bisnis sampingan.

1. Pekerja lepas

Jika Anda telah membangun seperangkat keterampilan yang dapat dipasarkan sepanjang karier Anda dan pada pekerjaan harian Anda, Anda harus mempertimbangkan gagasan untuk memulai bisnis sampingan. Ada permintaan yang berkembang pesat untuk bantuan freelance berbakat.

Jika keterampilan Anda meliputi menulis, merancang, mengembangkan, memasarkan, manajemen media sosial, atau keterampilan digital permintaan tinggi lainnya, maka Anda berada dalam posisi yang bagus untuk mulai mendatangkan klien lepas.

Mulailah dengan membangun situs web portofolio berkualitas tinggi untuk mencantumkan keahlian Anda, tunjukkan contoh pekerjaan terbaik Anda, dan tampilkan ulasan dari rekan kerja atau atasan sebelumnya saat Anda bangun dan berlari.

Buat gambaran yang jelas tentang siapa yang akan menjadi klien freelance target Anda, dan pastikan Anda menyesuaikan situs web Anda dan menjangkau pengalaman dengan apa yang diharapkan orang itu.

2. Blogging

Salah satu bisnis sampingan favorit saya, meskipun merupakan investasi jangka panjang untuk masa depan saya, adalah memulai sebuah blog dan membangun pembaca setia yang setia. 

Jika Anda merasa nyaman dengan potensi yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mulai mendapatkan penghasilan yang layak dari mendapatkan penghasilan dari blog, dan Anda memiliki bakat untuk membangun koneksi dengan orang-orang melalui tulisan Anda, maka ini mungkin cocok untuk Anda.

Pastikan untuk memulai dengan topik khusus yang akan memberi Anda kesempatan untuk menjadi dihormati dalam komunitas yang erat sebelum Anda mengarahkan pandangan Anda untuk memperluas ke pasar yang luas. Platform kredibilitas Anda akan menjadi sangat penting di masa depan.

3. Pelatihan Online

Jika Anda memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan yang ingin dimiliki atau menjadi lebih baik oleh orang lain, maka ada pasar untuk dibayar untuk melatih orang, satu lawan satu, menjadi pengalaman belajar yang dipercepat.

Munculnya situs web pelatihan online yang mudah digunakan seperti Savvy dan Clarity.fm telah memberi Anda komunitas bawaan orang-orang yang ingin bekerja pada berbagai jenis keterampilan. Hal yang paling menarik tentang memulai bisnis pembinaan online adalah bahwa setelah Anda menyempurnakan pengalaman mengajar Anda, Anda akan dapat dengan mudah mengemasnya ke dalam versi yang lebih dapat diskalakan seperti kursus online.

4. Kursus Online

Seperti halnya pembinaan online, ketika ada permintaan yang meningkat akan keterampilan yang Anda miliki, salah satu cara terbaik untuk memonetisasi kemampuan Anda itu, adalah dengan membuat kursus online yang benar-benar bermanfaat untuk dilalui orang lain di waktu luang mereka.

Meskipun waktu penyiapan dan investasi di muka sangat besar (menyangkut waktu Anda) dengan model bisnis ini, ini adalah salah satu bisnis online paling skalabel saat ini. Teachable telah menjadi salah satu sumber daya terbaik untuk mempelajari cara meluncurkan bisnis kursus online, serta menjadi platform kursus online utama untuk memberdayakan konten kursus Anda setelah Anda membuatnya.

5. Produk Fisik

Apakah Anda memiliki ide untuk penemuan baru ke dunia, putaran baru pada produk yang ada, atau tidak lebih dari menjual produk dengan cara baru atau ke pasar baru, ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan menjual secara fisik. produk di samping.

Jika Anda ingin menjadi kreatif, ada banyak cara yang hampir tidak terbatas untuk menggunakan keterampilan Anda dan memulai bisnis sampingan yang akan berpotensi meluncurkan Anda ke dalam karier wirausaha.


Baca juga: Milenial, Yuk Coba Bisnis Sampingan Melalui Media Sosial

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru