Finansial

Perusahaan Fintech dengan Budget Rp25 Ribu, Modal Rakyat Alternatifnya!

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Oct 2020

Perusahaan Fintech dengan Budget Rp25 Ribu, Modal Rakyat Alternatifnya!

Apakah Anda merasa tidak asing dengan sebutan fintech belakangan ini? Ya, memang istilah tersebut kerap digunakan dalam urusan pemodalan. Era digitalisasi memaksa setiap orang lebih cepat dan kreatif serta berpikir kritis. Tujuannya agar Anda tidak tergerus dengan perkembangan dan persaingan global. 

Satu di antaranya adalah beragam cara bertahan di tengah kebutuhan yang semakin banyak adalah dengan investasi. Hal tersebut dilakukan agar uang yang Anda miliki saat ini tidak habis seketika. Melainkan dapat mendatangkan pendapatan tambahan meski tidak melakukan aktivitas layaknya pekerjaan. Istilahnya disebut dengan pendapatan pasif.

Pendapatan tersebut didapat dari investasi masa kini yang Anda pilih lewat perusahaan fintech. Namun terkadang salah satu kendala yang dialami kebanyakan orang sebelum berinvestasi adalah modal. Apakah investasi membutuhkan modal yang lumayan besar? Jawabannya tentu tidak harus dengan modal Rp25 saja Anda bisa berinvestasi.

Memang setiap jenis investasi perlu didukung dengan adanya modal. Namun sebenarnya modal yang digunakan tidak selalu besar. Seperti yang ada pada Modal Rakyat calon investor bisa menanamkan modal dengan budget minim. Kenali lebih dekat agar Anda tidak salah pilih dalam menanamkan modal.


Baca juga: Ciri Khusus Fintech Legal yang Aman untuk Investasi Anda


Layanan Berbasis Fintech Modal Rakyat 

Modal Rakyat merupakan perusahaan yang menaungi layanan peminjaman dan pemodalan uang. Basisnya menggunakan teknologi informasi atau dikenal dengan istilah financial technologi landing. Layanan tersebut dibawah naungan dari PT Modal Rakyat Indonesia. Sebagai penyedia layanan untuk pinjaman modal tentunya sangat penting mengantongi izin resmi dari kantor Otoritas Jasa Keuangan. 

Begitu pula dengan layanan yang ada di Modal Rakyat. Layanan peminjaman dengan basis fintech landing ini sudah didaftarkan ke Otoritas Jasa Keuangan sejak tanggal 8 Juni 2018. Berkat tanda bukti pendaftaran tersebut Modal Rakyat diawasi ketat oleh pihak terkait. Seperti OJK yang bertindak sebagai pengawas.

Komitmen menjadi bagian penting dalam setiap layanan yang dihadirkan. Diharapkan setiap layanan Modal Rakyat dapat memberikan manfaat besar bagi konsumen. Layanan juga menjamin konsumen dari hal-hal yang sifatnya merugikan. Termasuk perencanaan finansial konsumen untuk jangka waktu panjang. Hal tersebut sesuai dengan komitmen yang diberikan.

Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech memiliki komitmen tinggi agar selalu memperhatikan perlindungan kepada konsumen. Langkahnya ditempuh dengan menjunjung tinggi nilai integritas dan rasa patuh terhadap setiap ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Selain itu menjaga kepentingan konsumen agar mendapatkan layanan menjadi prioritas.


Jenis Pendanaan Fintech Modal Rakyat 

Modal Rakyat sebagai penyelenggara sekaligus tempat Anda memberikan pendanaan. Oleh sebab itu layanan terbagi ke dalam beberapa kategori pendanaan. Pemilahan dimaksudkan agar Anda bisa mengalokasikan dana pada target peminjam yang tepat. Selain itu jenisnya dibedakan berdasarkan kebutuhan para peminjam yang sudah diseleksi.

Mencari peminjam dengan cepat dan bisa dipercaya tentu bukan perkara mudah. Pasalnya kebutuhan hidup sehari-hari membuat setiap orang rentang berhutang. Bahayanya adalah ketika aktivitas hutang tidak dibarengi dengan pendapatan yang stabil. Potensi hutang yang bermasalah juga mempengaruhi pemberi modal alias investor fintech.

Demi membantu Anda mendapatkan peminjam Modal Rakyat setidaknya membagi pembiayaan ke dalam tiga kategori. Siapa yang berperan sebagai pendana dalam aktivitas pembiayaan? Jawabannya adalah Anda sendiri yang meminjamkan uang sebagai modal usaha maupun kerja bagi sang peminjam lingkup bisnis dan umum. 

Kategori pembiayaan diantaranya piutang, nominal kecil dan modal usaha kelas kecil serta menengah. Pendanaan piutang bermanfaat bagi peminjam yang menggunakan jaminan faktur. Sementara jenis kedua diperuntukkan bagi setiap pelaku usaha mikro terpilih di perusahaan fintech. Ketiga pembiayaan untuk tambahan modal pengembangan usaha. 


Kelebihan Pembiayaan di Modal Rakyat

Berbagai macam kelebihan disajikan demi membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha. Tidak terkecuali bagi mereka yang mengalokasikan dana untuk para pengusaha UMKM. Sebagai tempat yang menyediakan layanan pinjaman dan pendanaan tentunya ada banyak keunggulan yang diberikan. Keunggulan tersebut mudah ditemukan pada setiap layanannya. 

Salah satu kelebihan dari Modal Rakyat adalah jaminan bahwa layanan aman. Layanan memungkinkan dana investasi Anda aman dialokasikan pada kalangan berdasarkan jenis kebutuhannya. Terbukti hal tersebut didukung dengan adanya pengawasan dari OJK. Semua kegiatan di dalamnya telah diawasi OJK agar patuh terhadap hukum.

Layanan fintech Modal Rakyat juga memberikan tawaran menarik dari segi imbal hasil. Artinya keuntungan yang didapat oleh investor termasuk besar. Jika dilihat persentase keuntungannya mencapai angka 25% per tahun. Angka tersebut cukup untuk merepresentasikan layanan bantuan modal dana bagi para pengusaha UMKM. 

Untuk menjadi investor pun tidak perlu budget yang besar. Investor dapat memulai investasi pembiayaan modal dengan dana Rp25.000 ribu. Dengan modal minim tersebut Anda sudah dapat membantu para pemilik UMKM berkembang. Durasi pinjaman dan pembiayaan modal investor mulai dari satu bulan hingga seterusnya.


Mengajukan Diri Sebagai Pendana Fintech 

Untuk menjadi bagian dari investor alias pendana di Modal Usaha tidak membutuhkan waktu lama. Pendaftaran hanya memerlukan waktu luang Anda. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk dapat menjadi investor dengan modal yang minim. Pertama tentu membuat akun pada halaman website Modal Usaha. 

Kedua Anda memiliki kesempatan untuk melihat berbagai UMKM di dalam website. UMKM di dalamnya merupakan hasil saringan dari pihak Modal Rakyat. Penyaringan dimaksudkan agar keamananan aliran modal Anda terjamin dan tepat sasaran. Ketiga yaitu proses penyaluran modal dana setelah terkumpul. 

Biasanya imbal hasil atau keuntungan akan didapat setelah proses pelunasan selesai. Modal Rakyat sederhananya merupakan tempat Anda berinvestasi P2P Lending. Keuntungan dari angka 15% sampai 25% per tahunnya.


Baca juga: Edukasi Finansial dari Drama Korea Populer

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru