Bisnis

Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Mendapatkan Keuntungan

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Jun 2020

Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Mendapatkan Keuntungan

Seiring perkembangan zaman dan dunia teknologi, kini membuat kegiatan bisnis online berlangsung lebih efisien dibandingkan dengan metode lama. Setelah ditemukannya sebuah koneksi internet dan beberapa aplikasi e-commerce membuat pelaku bisnis secara online dapat menjalankan kegiatannya dengan lancar tanpa ada gangguan. Hal ini karena hanya butuh perangkat seperti smartphone dan internet.

Dengan sebuah perangkat android maupun IOS yang Anda gunakan tentu akan membuat kegiatan bisnis menjadi lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Memang semakin ke sini persaingan antara bisnis satu dengan lainnya akan semakin ketat dikarenakan muncul perusahaan lain yang akan menimbulkan persaingan baru.

Namun sebagai pelaku bisnis online, Anda tidak bisa menyalahkannya karena itu sudah menjadi suatu hal yang wajar. Jangan sampai menjadikannya sebagai beban berat saat memiliki usaha tersebut. Persaingan yang ada dalam dunia bisnis memang akan terus terjadi dan tidak bisa dihindari oleh siapapun.

Oleh karena itu, jangan sampai sebagai pemilik bisnis justru Anda membuat kesalahan dan membandingkan antara bisnis satu dengan lainnya. Apalagi sekarang banyak kemudahan dalam membuka bisnis secara online. Hal ini membuka peluang banyak orang menjadi saingan bisnis Anda semakin tinggi.

Sudah dipastikan sektor perekonomian dalam bisnis online akan terus berkembang dan memunculkan jenis usaha baru setiap harinya. Oleh karena itu, jika Anda tidak mau tergeser dalam dunia bisnis ini, diperlukan strategi yang tepat guna mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Salah satunya dengan menggunakan strategi pemasaran untuk menarik pelanggan.


Baca juga: Kelebihan dan Tantangan Promosi Melalui Endorsement


Promosi di Akun Media Sosial Artis

Kegiatan bisnis online bisa dibilang memiliki pasar yang tidak menentu. Bisa saja suatu ketika yang biasanya orang-orang secara antusias membeli produk tertentu, sekarang menjadi lebih tidak mementingkan hal tersebut. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik usaha online tersebut.

Sebagai upaya untuk pemasaran agar lebih tepat sasaran serta sampai pada orang yang membutuhkan, di sini Anda harus mencoba promosi di dalam akun artis terkenal. Dengan memanfaatkan popularitas dan pengikutnya di media sosial, seperti instagram, tentunya Anda bisa menggunakannya untuk promosi produk bisnis pribadi agar mampu memperoleh  banyak keuntungan.

Tentunya dalam melakukan promosi bisnis online menggunakan akun media sosial artis terkenal akan membutuhkan uang lebih besar. Namun, jangan cemas karena dengan memanfaatkan artis yang sudah dikenal luas oleh masyarakat dijamin akan ada manfaat kembali ketika sudah dipromosikan oleh artis tersebut.

Dalam melakukan promosi di media sosial tentunya Anda harus punya akun media sosial juga yang digunakan untuk menjalankan bisnis pribadi supaya orang mudah menemukan produk Anda. Tentunya Anda dapat membuat strategi terbaik, yaitu dengan membuat orang-orang tak dikenal akan merasa penasaran terhadap produk yang Anda tawarkan.

Apabila sudah bisa membuat orang tertarik, secara otomatis bisnis online yang Anda jalani akan menghasilkan keuntungan tinggi. Namun jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan sebuah kualitas yang ada dalam produk agar tidak memengaruhi pelanggan. Produk yang berkelas lambat laun akan mudah dikenal masyarakat.


Pemasaran Bisnis Online dengan Mengadakan Giveaway

Selanjutnya cara yang bisa dipakai untuk pemasaran dalam bisnis tertentu bisa mengadakan beragam giveaway. Bisa diartikan sebagai bagi-bagi hadiah secara gratis dan harus memenuhi beberapa syarat tertentu supaya bisa mendapatkannya. Sekarang ini dunia digital sudah maju secara pesat dan diharapkan Anda bisa mencoba mengadakan giveaway.

Dalam bisnis online di instagram misalnya, giveaway sangat bermanfaat bagi pemilik usaha, yaitu dapat menambah pengikut akun instagram bisnis tersebut. Karena sebagai syarat agar bisa mendapatkan orang-orang wajib menekan tombol ikuti dan apabila Anda mengadakan giveaway dengan hadiah yang menarik tentunya akan ada banyak pengikut baru.

Strategi pemasaran selanjutnya yang bisa digunakan ketika sedang menjalani bisnis yaitu dengan memanfaatkan keberadaan platform media online yang ada di internet. Misalnya ada e-commerce seperti aplikasi jual beli online. Ketika Anda bisa memanfaatkan secara baik hal tersebut, dijamin Anda akan memperoleh keuntungan besar dengan cepat.

Tak hanya memanfaatkan platform digital dalam pemasaran bisnis online, Anda juga bisa menggunakan media lama, yaitu dengan memanfaatkan koran atau majalah lainnya dalam pemasaran. Dikarenakan sebagian besar orang Indonesia masih suka membaca koran dan kesempatan mendapatkan pengikut juga akan lebih besar serta pendapatan akan meningkat.


Mempromosikan Secara Langsung

Cara yang kerap digunakan oleh pelaku bisnis online untuk mengembangkan usahanya agar laku di dalam masyarakat tentunya dapat mempromosikan secara langsung. Di sini Anda harus pandai menggunakan kata-kata terbaik agar orang awam yang menyimak perkataan secara langsung akan lebih percaya dan mau untuk menggunakan produk Anda.

Memang strategi promosi secara langsung masih menjadi cara yang paling efektif hingga saat ini karena customer akan bisa melihat produk tertentu secara langsung tanpa khawatir atau ragu ketika akan membelinya. Untuk itu, Anda bisa mendatangi berbagai tempat yang dituju sebagai target untuk mendapatkan pelanggan baru dari bisnis online Anda.

Tetapi di masa sekarang, mungkin hanya sedikit pebisnis yang menggunakan cara langsung ini karena dirasa merepotkan. Anda bisa saja menggunakan kesempatan ini untuk mengambil langkah yang tidak banyak dipilih pengusaha lainnya. Dengan begitu, kesempatan Anda menarik pelanggan jauh lebih tinggi.

Anda masih bisa menggunakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan dunia digital yang ada saat ini. Apalagi dengan adanya layanan peminjaman dana yang bisa membantu usaha Anda, misalnya Modal Rakyat. Tak perlu cemas, jika strategi pemasaran bisnis online Anda tepat, maka kekayaan akan datang secara cepat.


Baca juga: Cara-Cara Gratis Mengiklankan Situs Web Bisnis Anda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru