Gaya Hidup

8 Mindset Orang Sukses yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Pretty Angelia Wuisan-

06 May 2021

8 Mindset Orang Sukses yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Menjadi sukses itu berawal dari pandangan Anda terhadap kesuksesan itu sendiri. Kalau Anda merasa dengan hanya bergantung pada orang lain Anda bisa meraih kesuksesan, tentu itu bukan termasuk mindset orang sukses yang sebenarnya.

Orang sukses mengawali kesuksesan dari dirinya sendiri. Setelah itu ia terus menggali potensinya hingga berusaha sampai mencapai sukses itu benar-benar diraihnya. Anda ingin juga jadi sukses? Anda perlu mengikuti 8 mindset atau pola pikir orang sukses yang bisa mengubah hidup Anda ini.


Baca juga: Rahasia 7 Kunci Sukses Menuju Hidup yang Lebih Bahagia


1. Memulainya dari niat yang kuat

Untuk mencapai kesuksesan, harus diawali dengan niat yang kuat. Niat yang kuat ini akan menjadi fondasi yang membuat Anda ingin terus berusaha meraih target-target Anda. 

Mindset orang sukses ini terlihat remeh, tapi sebenarnya memiliki dampak yang sangat besar. Bayangkan saja apabila Anda melakukan sesuatu tanpa ada niat. Hasilnya pun akan biasa-biasa saja atau malah tidak ada hasil sama sekali. 

Niat yang kuat ini sama dengan keyakinan bahwa Anda bisa sukses nantinya. Anda sudah membayangkan kesuksesan itu sendiri, tapi pada akhirnya Anda akan bekerja keras dari langkah di tangga yang paling dasar.

Ini yang akan tetap membuat Anda maju ke depan, walaupun sejuta rintangan sudah siap untuk menghalangi Anda. Ini yang membuat Anda berani terus mencoba karena niat itu sudah tertanam teguh di dasar hati Anda.

 

2. Paham bahwa kesuksesan tidak bisa diraih dalam semalam

Setelah mengumpulkan niat, cara berpikir orang sukses selanjutnya adalah paham bahwa kesuksesan itu tidak bisa diraih dalam semalam. Anda pasti setuju bahwa definisi sukses masing-masing orang itu berbeda. Untuk itu usaha yang dilakukan pun akan berbeda-beda.

Ada yang bisa mendapatkan kesuksesan dalam waktu beberapa tahun, ada yang sampai lebih dari sepuluh tahun. Namun, Anda tidak perlu memikirkan kapan waktunya Anda bisa sukses. Yang terpenting adalah Anda sudah berani mengawalinya dari langkah yang paling kecil. 

Orang-orang sukses di dunia juga mengawalinya dari perjalanan yang sangat berliku. Misalnya, hari ini mulai mengeksekusi ide bisnis, tidak mungkin besoknya langsung tiba-tiba mendapatkan keuntungan sampai seratus kali lipat. Itu adalah hal yang tidak masuk akal.

Anda perlu menghargai langkah-langkah kecil yang Anda terapkan. Hal itu lebih baik daripada tidak ada proses sama sekali. 

 

3. Bersedia belajar dari siapa saja

Mindset orang sukses selanjutnya adalah mereka merupakan sosok yang sangat senang belajar. Dari sinilah mereka akan bertumbuh menjadi sosok yang lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya. Setelah Anda lulus kuliah, bukan berarti proses belajar akan sampai di situ saja. Justru proses belajar itu akan lebih baik ketika Anda lakukan terus-menerus.

Tentunya yang Anda pelajari itu sesuai dengan target Anda ke depannya. Lalu, paling mudah adalah belajar sesuatu yang Anda sukai, Anda pasti akan lebih cepat menguasainya. 

Belajar pun bisa dari siapa saja. Anda perlu mencari mentor yang bisa mengarahkan Anda dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting. Anda pasti pernah kebingungan ketika ingin mengambil keputusan. Di sinilah peran mentor diperlukan.

Anda juga bisa belajar dari anak kecil yang begitu bersemangat belajar sesuatu yang baru yang menurutnya mengasyikkan. Anak kecil adalah sosok paling tulus di dunia yang tidak menyembunyikan perasaannya. Jadikan semangat dalam diri anak kecil itu motivasi agar Anda terus belajar dengan giat.

 

4. Mengalami kegagalan adalah sesuatu yang normal

Salah satu pola pikir orang sukses yang perlu Anda ikuti adalah mereka menganggap kegagalan adalah sesuatu yang normal. Semua orang pasti pernah gagal. Jika ada orang yang mengaku tidak pernah gagal, pasti dia adalah pembohong besar.

Kegagalan adalah hal yang menandakan bahwa Anda sudah mencoba, tapi hasilnya memang belum sesuai dengan harapan. Hanya saja pasti sudah banyak hal yang Anda dapatkan dari pengalaman kegagalan itu.

Kegagalan memang menyebalkan, apalagi jika Anda merasa sudah mempersiapkannya dengan matang. Anda boleh saja bersedih. Anda boleh saja menangis, tapi Anda perlu bangkit kembali. 

Dengan menganggap kegagalan adalah sesuatu yang normal, Anda pasti tahu ini bukanlah akhir dari tujuan Anda. Tujuan Anda masih harus diperjuangkan. Oleh karena itu, Anda perlu bangkit kembali untuk memulainya lagi.


5. Konsisten menggapai impiannya

Tadi sudah disebutkan bahwa mustahil kesuksesan bisa dijemput dalam semalam. Kesuksesan bisa dicapai karena Anda melakukan hal yang sama, tapi dalam waktu yang tidak terbatas. Misalnya, Anda ingin jadi penulis sukses, maka yang terus Anda lakukan adalah dengan terus menulis.

Mustahil Anda bisa menjadi penulis sukses jika Anda sendiri tidak rutin menulis. Anda dapat memoles kemampuan Anda dari hal-hal yang dilakukan konsisten secara terus-menerus. 

Anda perlu memiliki pola pikir ini. Untuk itulah Anda perlu melakukan hal-hal yang Anda sukai agar tidak kebosanan melakukan hal yang tampak sama setiap saat. Orang sukses tidak pernah merasakan kebosanan dalam melakukan segala kegiatannya. 

Mereka memegang teguh apa yang telah sudah direncanakan sejak lama. Pada akhirnya mereka pun bisa menjadi sosok yang ahli dalam bidang yang digelutinya, hingga mendapatkan kepercayaan dari orang lain untuk melakukan tugasnya.


Baca juga: 7 Kunci Sukses di Usia Muda


6. Menganggap kritikan sebagai wadah untuk belajar

Ada orang yang beranggapan bahwa kritikan adalah sebuah hinaan. Padahal hal itu tidak benar. Orang yang sukses biasanya sangat berterima kasih pada sosok yang memberikan kritikan karena artinya pemberi kritik itu memperhatikannya di saat orang sukses itu tidak sadar telah melakukan kesalahan.

Kritik bisa membuat Anda kembali pada jalan yang benar. Apalagi jika kritikan itu ditambah lagi dengan solusi, Anda harus berterima kasih sebesar-besarnya pada sosok itu karena dia sudah membantu Anda dalam memecahkan masalah yang mungkin belum bisa Anda pikirkan juga.

Cara untuk meresap kritikan dengan baik itu sangat mudah. Pertama, Anda harus mendengarkan hingga selesai. Kedua, jangan dulu menanggapinya, resapi dulu kritikan itu tanpa berkata apa-apa. Ketiga, Anda bisa langsung berdiskusi dengan pemberi kritik sehingga Anda akan mampu memahami isi dari kritikan itu secara jelas.

Diskusikan hal tersebut dengan kepala dingin. Pasti Anda akan mendapatkan sesuatu yang penting dari kritikan tersebut.


7. Menganggap istirahat sama pentingnya dengan bekerja secara keras

Orang sukses biasanya sangat menggebu-gebu dalam bekerja keras, tapi mereka juga tidak lupa menyediakan waktu beristirahat. Istirahat sama pentingnya dengan bekerja keras. Mustahil Anda hidup tanpa beristirahat. Anda perlu menyediakan waktu beristirahat yang cukup setiap harinya.

Dengan beristirahat, Anda bisa mengisi kembali kekuatan Anda untuk bekerja keras keesokan harinya. Istirahat adalah salah satu cara penting agar kesehatan Anda tetap stabil. Ketika Anda sehat, tentu Anda akan leluasa dalam melakukan hal apa saja.

Beda halnya ketika Anda jatuh sakit. Banyak sekali kegiatan Anda jadi tertunda. Jadi, meluangkan waktu untuk beristirahat adalah sebuah keharusan.


8. Bersedia berbagi dengan orang lain

Mindset orang sukses selanjutnya adalah bersedia berbagi dengan orang lain, terutama ilmu mereka. Mereka tidak akan menyimpan sendiri ilmunya. Ilmu yang disebar pada orang lain tentu akan sangat bermanfaat juga untuk pribadi yang menyebarkannya. Bisa menjadi amal yang tidak putus-putusnya.

Berbagi ilmu dengan orang lain juga menjadi salah satu cara Anda untuk menambah jaringan. Anda tidak tahu kejutan apa yang akan Anda dapatkan ketika bersedia memberi secara tulus pada orang yang membutuhkannya. Kejutannya bisa saja sangat ‘wah’. Untuk itulah kesuksesan yang Anda dapatkan jangan berhenti di Anda sendiri.


Kesuksesan Anda bisa dimulai bersama dengan Modal Rakyat

Selain berbagi ilmu, Anda juga bisa berbagi kesuksesan Anda dengan menjadi pendana untuk pelaku UMKM Indonesia melalui Modal Rakyat. Anda bisa mulai menjadi pendana dari modal minim senilai Rp25.000. Anda pun berpotensi meraih imbal hasil hingga 25% per tahun.

Jadi, Anda tidak hanya akan membantu pelaku UMKM, Anda juga bisa mendapatkan pengembalian yang sangat menghasilkan.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru