Finansial

Bisnis

Modal Usaha: Pinjaman Online vs Investasi

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jun 2020

Modal Usaha: Pinjaman Online vs Investasi

Dalam memulai sebuah bisnis, modal usaha sangat diperlukan. Namun, tidak semua pelaku bisnis atau UMKM memiliki modal yang cukup untuk usahanya. Karena itulah, banyak perusahaan P2P Lending yang hadir untuk memberikan alternatif pinjaman online untuk modal usaha bagi pemilik UMKM.

Istilah pinjaman online (pinjol) belakangan ini semakin sering terdengar di tengah masyarakat. Dibandingkan mengajukan utang pada instansi keuangan resmi, peminat pinjaman daring ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Ada beberapa alasan yang mendasari pilihan tersebut.


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Alasan Pinjaman Daring Lebih Diminati Masyarakat Modern

Apa saja faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat modern saat ini lebih memilih meminjam secara online dibandingkan instansi finansial konservatif? Berikut uraiannya.

Kemudahan Persyaratan

Ketika seseorang mengajukan pinjaman pada lembaga simpan pinjam non-daring, persyaratan yang ditentukan cukup banyak dan sulit. Selain identitas peminjam dan penjamin, harus disertakan banyak dokumen penunjang lain. Sedangkan untuk jenis kredit online, persyaratannya jauh lebih mudah. Bahkan hanya 25% dari pengajuan pada instansi perbankan – contohnya.

Kecepatan ACC dan Pencairan

Alasan lain masyarakat lebih memilih pinjaman online adalah kecepatan ACC dari pihak debitur serta proses pencairan tidak memakan waktu terlalu lama. Di instansi keuangan fisik proses ACC lebih lama, setelah itu juga harus menunggu lagi terkait pencairannya. Tentu tidak bisa diandalkan untuk kebutuhan dana yang mendesak.

Jumlah Kredit Lebih Variatif

Layanan pinjaman daring memberikan pilihan kredit yang lebih bervariasi. Mulai dari pilihan terendah hingga relatif besar – meskipun tidak setinggi perbankan. Jadi, peminjam dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan dana ketika melakukan pengajuan. Hal ini tentu juga lebih efektif terkait penggunaan karena tidak memiliki sisa dana yang memicu pemborosan.


Selain Mengandalkan Pinjaman Online, Pemilik UMKM juga Bisa Berinvestasi untuk Mengumpulkan Modal

Alasan orang untuk berutang tentu karena membutuhkan suntikan dana segar. Terlebih untuk kasus pinjaman daring, mereka memerlukannya dalam waktu yang mendesak.

Namun, bagaimana jika sebagai pengusaha, kamu ingin mencari jalan lain untuk mengumpulkan modal? Jawabannya adalah dengan berinvestasi. Berikut ulasan mengenai investasi.

  • Investasi terbagi menjadi kategori jangka pendek, menengah, dan panjang. Sehingga, profitnya dapat diandalkan sebagai dana darurat maupun tabungan masa depan.
  • Dibandingkan pinjaman online, investasi menambah materi yang kamu punya, bukan justru menguranginya.
  • Investasi terdiri dari banyak pilihan objek yang bisa disesuaikan dengan ketertarikan maupun keahlianmu sehingga kans melipatgandakan profit lebih besar.

Namun, merupakan hal yang wajar bila memilih objek investasi membuatmu bingung akibat begitu banyaknya opsi tersedia. Akan tetapi, satu objek yang tidak perlu diragukan baik dari segi profit, keamanan, maupun jangka waktunya adalah logam mulia emas. Kamu tentu juga tidak asing dengan objek investasi yang satu ini, ‘kan?


Investasi Emas

Tidak berlebihan jika menyebut emas merupakan solusi tanpa masalah jika dibandingkan dengan pinjaman daring. Hal ini didukung oleh keunggulan dari emas sebagai objek investasi:

  1. Nilai emas stabil, bahkan di saat perekonomian dunia sedang bermasalah. Jadi, risiko merugi dalam investasi ini lebih kecil.
  2. Emas merupakan objek yang selalu diburu untuk ditransaksikan tanpa memengaruhi nilainya, sehingga cocok menjadi dana darurat di kala mendesak.
  3. Objek investasi ini tidak memiliki masa kadaluwarsa. Sebab itu, disimpan sampai kapan pun juga tidak masalah.

Berkat kemajuan teknologi saat ini juga, investasi emas menjadi lebih mudah. Sebab, kini sudah bisa dilakukan secara daring. Bukan sekadar jual beli perhiasan atau emas murni saja, tetapi bentuknya sekarang sudah bertransformasi menjadi sistem menabung. Sebuah konsep yang menarik bukan di mana kamu dapat memiliki tabungan emas secara online?

Konsep unik itu bisa kamu dapatkan di IndoGold. Kamu dapat menyetorkan berapa pun dana yang dimiliki yang langsung diubah menjadi besaran gram emas sesuai harga berlaku detik itu. Dengan dana di bawah Rp10.000,- saja, kamu sudah bisa menabung emas.


Baca juga: 4 Alasan Angkatan 2020 adalah Angkatan yang Hebat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru