Finansial

Obligasi dan Saham, Contoh Investasi Pensiun Suze Orman

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Apr 2021

Obligasi dan Saham, Contoh Investasi Pensiun Suze Orman

Contoh investasi untuk dana pensiun menurut Suze Orman, seorang penasihat keuangan asal Amerika adalah campuran instrumen obligasi dan saham. Hal ini dikarenakan kedua instrumen tersebut dapat saling melengkapi.

Memilih instrumen investasi untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Jika sembarangan, justru berpotensi Anda tidak mendapatkan keuntungan sesuai target.


Dana Pensiun Perlu Disiapkan dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa dana pensiun perlu disiapkan sejak masih bekerja. Hal ini dikarenakan jika tidak menyiapkan dana hari tua maka bisa memunculkan rantai sandwich generation.

Sandwich generation terjadi dikarenakan seseorang misalnya orang tua tidak mampu menyiapkan keuangan dengan baik untuk pensiun. Sehingga pada saat sudah tidak bekerja akan bergantung kepada orang lain. 


Baca juga: Mengenal Strategi Diversifikasi dan Cara Melakukannya


Pentingnya Memenuhi Dana Hari Tua

Campuran antara instrumen investasi obligasi dan saham menurut Suze Orman merupakan pilihan contoh investasi yang tepat serta bisa digunakan untuk dana pensiun. Sudah bukan rahasia umum bahwa keberadaan dana hari tua sangat penting.

Kita tentu saja tidak akan bekerja sampai dengan masa tua. Oleh karena itu ketika sudah tidak berdaya atau mampu untuk bekerja, tentu saja wajib memiliki tabungan atau simpanan untuk kebutuhan sehari-hari.

Menyiapkan dana pensiun adalah sebuah langkah yang bisa dilakukan agar Anda tidak bekerja hingga usia tua. Jika tidak memiliki simpanan atau tabungan, sangat berpotensi Anda merasa bingung dan bahkan harus tetap mencari nafkah hingga fisik sudah tidak mendukung.

Anda dapat menghubungi perencana keuangan dalam memilih contoh investasi untuk menyiapkan dana pensiun. Hal ini dikarenakan perencana keuangan dapat memberikan masukan secara tepat kepada Anda. 


Waktu Terbaik Menyiapkan Dana Pensiun

Waktu terbaik untuk menyiapkan dana pensiun tentu saja sedini mungkin. Saat masih bekerja, dana pensiun dapat disiapkan sedikit demi sedikit agar terkumpul dalam jumlah besar saat dibutuhkan.

Jika masih bingung memilih apa contoh investasi yang tepat untuk dana pensiun, bisa mengandalkan jasa financial planner. Namun Anda perlu menyiapkan dana khusus untuk menggunakan jasa finansial planner tersebut.


Melakukan Diversifikasi

Diversifikasi atau pemisahan penting untuk memaksimalkan keuntungan finansial yang didapat serta meminimalkan risiko. Anda dapat menginvestasikan modal dalam beragam bentuk instrumen dikarenakan setiap instrumen mempunyai potensi risiko.

Ketika diversifikasi diabaikan, maka potensi rugi sangat besar. Misalnya seluruh dana diinvestasikan dalam bentuk saham, saat nilai saham turun tentu berakibat fatal.


Obligasi dan Saham Bisa Menjadi Contoh Investasi untuk Dana Pensiun

Contoh investasi untuk pemenuhan tabungan hari tua menurut Suze Orman obligasi serta saham. Kedua instrumen tersebut memiliki karakteristik saling melengkapi.

Saham memang dapat memberikan keuntungan dalam jumlah besar, tapi risiko yang potensi didapatkan investor juga besar. Lain karakteristik dengan obligasi, instrumen tersebut dapat menjadi penyeimbang saham.

Surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah, potensi gagal bayar sangat kecil atau risikonya juga rendah. Hal ini sangat masuk akal bisa menjadi pelengkap instrumen saham, yang cenderung berisiko tinggi. 

Seperti halnya prinsip diversifikasi, Anda bisa memilih contoh investasi saham maupun obligasi dalam rangka pemisahan. Ketika diversifikasi tidak dilakukan, potensi kerugian tentu besar. 

Misalnya seluruh modal atau dana diinvestasikan dalam bentuk obligasi, maka jumlah keuntungan yang didapatkan untuk tujuan keuangan bisa saja lama. Lain halnya dengan saham yang mampu memberikan laba tinggi.

Anda juga bisa menentukan berapa persentase dana yang digunakan untuk berinvestasi obligasi maupun saham. Besaran persentase tentu juga tergantung dengan profil risiko investor.

Artinya, jika Anda berkarakter konvensional atau sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang, maka bisa memilih contoh investasi obligasi. Sebaliknya jika profil investor adalah agresif, maka bisa memilih instrumen saham.

Seseorang yang berkarakter agresif cenderung berani dan siap mengambil instrumen investasi dengan risiko tinggi. Hal ini bisa dikarenakan adanya pemahaman yang dimiliki, seperti uang bisa dicari lagi sehingga tidak takut mengeluarkan bahkan kehilangan uang.

Keinginan untuk mendapatkan keuntungan besar juga menjadi pemicu seseorang tidak menyayangkan uangnya digunakan berinvestasi. Mempelajari karakter investor memang sangat penting untuk bisa memilih jenis investasi.


Baca juga: Ini Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan


Beragam Pertimbangan Menentukan Jumlah Dana Pensiun 

Bentuk instrumen yang bisa menjadi contoh investasi untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun adalah saham dan obligasi. Setelah mengetahui instrumen yang tepat, Anda juga perlu menentukan jumlah dana pensiun.

Dalam menentukan jumlah pensiun, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan. Seperti besar jumlah kebutuhan hidup sehari-hari serta jika memiliki cicilan yang masih harus terselesaikan.

Anda harus memperkirakan apa saja kebutuhan rutin yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Mulai dari makan, minum, kebutuhan rumah tangga seperti listrik, air dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah memiliki rumah sendiri, tentu saja sangat menguntungkan. Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa setiap bulan maupun tahun, sehingga jumlah kebutuhan rutin juga dapat diminimalkan. 

Saat Anda pensiun, ada biaya yang juga berkurang, misalnya saja transportasi. Saat bekerja tentu saja Anda membutuhkan biaya, baik untuk membeli bensin maupun mengendarai kendaraan umum, namun saat sudah pensiun, biaya tersebut dapat dikurangi.

Saat sudah memasuki masa pensiun, tentu saja sebaiknya sudah tidak melaksanakan kewajiban seperti membayar cicilan tertentu. Namun jika saat masih bekerja, kewajiban tersebut belum bisa diselesaikan, Anda tetap harus memikirkan solusi.

Anda bisa menghitung secara tepat berapa besaran cicilan yang harus dilunasi. Dengan begitu semakin memudahkan dan terlihat jumlah pemasukan yang harus dimiliki untuk membayar cicilan tersebut.

Dana pensiun memang anggaran yang krusial dan harus disiapkan sejak dini. Hal itu terlihat dari nilai penting keberadaan dana pensiun, Anda juga bisa mendiskusikan contoh investasi sesuai untuk memenuhi kebutuhan dana di hari tua.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru