Finansial

Ini Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Jan 2021

Ini Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Investasi jangka pendek memang sangat cocok untuk generasi milenial yang ingin punya penghasilan lebih. Kebutuhan semakin meningkat sering kali tidak sepadan dengan penghasilan. Alhasil Anda dituntut untuk mencari tambahan dana untuk kebutuhan salah satu caranya dengan investasi. 

Bagi seorang pemula memasuki dunia ini memang tidaklah mudah. Ada banyak risiko yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum akhirnya benar-benar terjun ke dunia tersebut. Hal ini karena risiko rugi banyak juga mengintai, sehingga perlu hati-hati terlebih ketika ingin mengambil keputusan. 


Baca juga: Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Tepat untuk Hari Tua


Gambaran Jelas Investasi Jangka Pendek Paling Aman untuk Pemula

Instrumen investasi memang sangat banyak bahkan bisa jadi lebih beragam seiring perkembangan di masa mendatang. Anda dengan tidak mengenal latar belakang pekerjaan perlu mengetahui betapa menguntungkannya investasi. Bukan hanya sebagai cadangan dana namun, juga bisa dimanfaatkan ketika ada kebutuhan darurat. 

Ada empat jenis penanaman modal versi jangka pendek yang aman antara lain tabungan, deposito, obligasi, dan paling favorit sekarang reksa dana pasar uang. Untuk tabungan tentu sudah tidak asing. Jenis ini cukup familiar dan hampir semua orang menggunakannya. Selain mudah, dana bisa dicarikan kapan saja sesuai keinginan. 

Deposito adalah investasi jangka pendek yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank kepada setiap nasabahnya. Dalam deposito ada dana minimal jumlahnya sesuai kebijakan bank. Sementara waktu pencairan bisa sebulan hingga setahun. Kelebihannya suku bunga deposito jauh lebih tinggi dibandingkan tabungan sekitar 4%. 

Obligasi menjadi jenis investasi jangka pendek yang juga aman bagi pemula. Obligasi merupakan instrumen investasi yang sering dikenal dengan surat pernyataan utang

Instrumen lain cukup populer dan banyak peminatnya sekarang adalah reksa dana. Kebanyakan pemuda lebih suka dengan ini karena modal yang ditanam relatif kecil. Berapa banyak keuntungan dipengaruhi oleh nilai serta kecakapan Manager Investasi ketika mengelola. Hanya dengan dana minimal 100 ribu Anda sudah bisa ikut reksa dana. 


Haruskan Investasi Jangka Pendek dari Sekarang? 

Pertanyaan tersebut sering muncul dari seorang pemula yang sebenarnya ingin investasi namun, masih ragu. Memulai terjun di dunia baru pada hakekatnya memang tidak mudah namun, ketika Anda tahu banyak hal di dalamnya tentu menjadi mudah. Selagi muda, Anda perlu untuk memikirkan bagaimana kondisi keuangan di masa depan. 

Hanya saja selain risiko tinggi yang ditakutkan masyarakat adalah mengenai modal investasi. Seiring perkembangannya, proses investasi semakin merakyat sehingga bisa menyentuh semua orang tanpa mengenal lapisan. Seberapa besar modal yang dimiliki bisa langsung ditanam bahkan uang 100 ribu. 

Jiwa muda notabene pemula biasanya cenderung menginginkan hasil instan atau cepat. Maka dari itu, investasi jangka pendek bisa menjadi pilihan jika memang ingin pencairan dana atau proses return dilakukan kapan saja. Selain itu, ada banyak keuntungan lain tentunya tidak kalah menggiurkan. 

Meski terbilang mudah dalam proses return, nyatanya agar aman dibutuhkan proteksi. Salah satu proteksi awal yang diperlukan adalah memahami detail investasi. Termasuk instrumen apa beserta risiko yang akan dipilih. Juga beberapa kemungkinan lain tidak terduga yang akan terjadi ketika sudah berinvestasi. 

Dan akan lebih aman jika Anda menanamkan modal Anda di tempat yang tepat. Setidaknya ini menjadi gerbang utama dan awal sebagai penentu tidaknya keberhasilan Anda. Jadi bukan lagi alasan untuk tidak melakukan investasi jangka pendek dari sekarang. Karena akan ada banyak profit yang diperoleh. 


Persiapan Matang Sebelum Menanam Modal 

Layaknya ingin bepergian, Anda diwajibkan melakukan persiapan sebelum melakukan investasi baik jangka pendek atau panjang. Salah satu paling penting adalah memastikan finansial dalam kondisi sehat. Bayangkan ketika penghasilan pas-pasan tapi memaksakan investasi, tentu hanya akan membuat kehidupan semakin sulit. Apalagi jika memiliki tagihan hutang banyak. 

Persiapan lainnya tentukan apa saja yang ingin dicapai ketika terjun investasi jangka pendek. Tanpa tujuan maka besar kemungkinan investasi hanya akan membuang sia-sia uang. Belum lagi ini menjadi indikator Anda tidak serius ketika menanamkan modal. Termasuk berpengaruh pada segala keputusan yang akan diambil.

Kenali seluk beluk investasi beserta instrumennya menjadi tidak boleh disepelekan. Cara mudah cari referensi hingga konsultasi pada rekan yang telah terjun terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana cara investasi aman hingga berapa keuntungan yang bisa didapat ketika sudah berhasil. Cari tahu sedetail dan selengkap mungkin. 

Memang dana investasi bisa dialokasikan untuk kondisi darurat. Namun, bukan berarti menjadikannya sebagai prioritas utama. Cara terbaik adalah dengan mempersiapkan dana darurat tersendiri di luar modal investasi. Dengan begitu uang tidak mudah hilang hingga tidak bisa disimpan dalam jangka panjang, karena itu kelihaian mengelola arus kas diutamakan.  

Investasi jangka pendek untuk modal UMKM dengan keuntungan 15 hingga 25 persen setahun kini bukanlah angan-angan. Di Modal Rakyat Anda bisa melakukannya dengan mudah serta cepat. Cukup bermodal awal 25 ribu, Anda sudah bisa ikut membantu pendanaan di Peer-to-peer Lending Modal Rakyat.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru